Dosen UAD Berikan Pelatihan Literasi Digital pada Pemuda Karang Taruna Sriharjo

Dosen UAD Berikan Pelatihan Literasi Digital pada Pemuda Karang Taruna Sriharjo

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Di era serba digital seperti sekarang ini, perkembangan media digital dan teknologi informasi memberikan tantangan bagi pengguna dalam mengakses, memilih, dan memanfaatkan informasi. Literasi media digital menjadi kunci penting dalam menghadapi berbagai fenomena teknologi informasi yang ada sekarang. Literasi digital memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekarang ini.

Menurut Brian Wright dalam karya infografisnya yang berjudul Top 10 Benefits of Digital Literacy: Why You Should Care About Technology yang berisi sepuluh manfaat dari adanya literasi digital ini. Sepuluh manfaat tersebut adalah menghemat waktu, belajar lebih cepat, menghemat uang, membuat lebih aman, pemerolehan informasi terkini, selalu terhubung, membuat keputusan yang lebih baik, dapat membuatmu mau bekerja, menjadi lebih bahagia, dan dapat memengaruhi dunia.

Berlatar kondisi tersebut, maka Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD menyelenggarakan Pelatihan Literasi Digital Karang Taruna Kalurahan Sriharjo. Agenda ini dilaksanakan pada hari Minggu, 06 November 2022 bertempat di Pondok Sompok Desa Sriharjo.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian masyarakat dengan luaran pelatihan menghasilkan karya literasi digital mengenai potensi Desa Sriharjo. Selain mahasiswa dan karang taruna peatihan ini juga melibatkan Dosen MPMat UAD dan Lurah Desa Sriharjo.

Pelatihan yang berlangsung selama 2,5 jam ini dimoderatori oleh Ika Nurvitasari mahasiswa MPMat UAD dengan Dr. Andriyani, M. Si., sebagai pemateri yang merupakan dosen MPMat UAD. Beliau menyampaikan pentingnya literasi digital bagi pemuda karang taruna untuk mengeksplore sumber daya yang ada di Desa Sriharjo. Pelatihan ini juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan literasi digital karang taruna dan eksistensi Desa Sriharjo.

Pelatihan ini berjalan sesuai yang diharapkan, meskipun terjadi beberapa kendala seperti peserta datang di lokasi kurang tepat waktu sehingga membuat acara mengalami keterlambatan selain itu kendala lainnya adalah koneksi jaringan yang kurang stabil.

Exit mobile version