Gowes Susur Sungai Code, Semarakkan Muktamar

Gowes Susur Sungai Code, Semarakkan Muktamar

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyemarakan perhelatan akbar lima tahunan Muktamar, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) bersama Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Jetis Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan gowes bersama (sepeda gembira), Minggu (6/11). Kegiatan tersebut diikuti oleh warga persyarikatan yang ada di Wilayah Jetis dan sekitarnya.

Setidaknya 60 lebih warga persyarikatan mengikuti kegiatan tersebut. Meskipun tak terlalu banyak, tetapi vibrasi dari eksistensi menyeramakan Muktamar begitu terasa. Kegiatan ini dilaksanakan di Kompleks Masjid Al-Amien SMK Negeri 7 Yogyakarta sebagai startnya. Kemudian dilanjutkan berjalan menelusuri Jalan Gowongan, Kleringan, lalu masuk di bantaran Sungai Code.

Gowes kali ini cukup dibilang unik dan langka. Sebab, biasanya Gowes dilaksanakan memutari penuh jalan raya, tetapi untuk Gowes kali ini tidak hanya dilakukan di jalan raya, tetapi dengan susur sungai Code. Para peserta Gowes sangat antusias ketika susur Sungai Code. Mereka tidak sekadar Gowes semata, tetapi mengamati dinamika kehidupan yang ada di sekitar sungai. Bercengkrama dengan warga sekitar, makin merekatkan kebersamaan di tengah keberagaman.

Kegiatan Gowes ini dilanjutkan melewati Tugu Pal Putih sebagai ikon khas Kota Yogyakarta.Di sini, para peserta Gowes saling berfoto dengan background Tugu. Tidak hanya dari peserta Gowes, banyak wisatawan lain maupun warga masyarakat menikmati olahraga sembari foto bersama dengan gambar utama tugu itu.

Kemudian diteruskan ke Jalan AM Sangaji melewati SMP Negeri 6 Yogyakarta lalu memasuki Jalan Magelang dan berbelok ke Jalan Pakuningratan dan di akhiri di Masjid Noor Pakuningratan.

Setelah berkelana menikmati udara sejuk dengan Gowes, lalu dilanjutkan dengan makan soto bersama. Kemudian dilakukan dengan pembagian doorprize antara lain payung Muktamar produksi Suara Muhammadiyah, gelas, cangkir, setrika, lampu led, kipas angin, payung, sarung, jilbab, kemeja putih, kemeja batik, kaos, beras 2,5 Kg, dan TV Flat sebagai hadiah utamanya.

Kegiatan Gowes ini dihadiri oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang sekaligus pemerhati PCM di wilayah Jetis, H Aris Madani, SPdI, Ketua PCM Jetis, Syatri Aulia Yakub, Sekretaris PCM Jetis, Imam Bayu Nugroho, Ketua Panitia sekaligus merangkap sebagai Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Jetis, Viko Saputra, dan jajaran PCA Jetis.

Menurut Aris, pihaknya sangat mengapresiasi PCM dan PCA Jetis dapat bersinergi dengan menyelenggarakan kegiatan Gowes dalam menyemarakkan syiar Muktamar ke 48. “Alhamdulillah kegiatannya sangat semarak, meskipun yang hadir tidak begitu banyak, tetapi Alhamdulillah semarak dengan kegiatan Gowes dan pembagian doorprize,” tuturnya saat di wawancarai jurnalis Suara Muhammadiyah.

Aris terus memberikan dorongan, dukungan, dan motivasi untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan-kegiatan lain yang ada di lingkungan PCM dan PCA Jetis. Menurutnya, sejak awal, pendiri Muhammadiyah yakni Kiai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis (nama masa kecilnya), selalu menyampaikan bahwa persyarikatan Muhammadiyah tidak mengutamakan kuantitas, tetapi lebih kepada kualitas.

“Sedikit, di PCM dan PCA Jetis tidak apa-apa, tetapi yang terpenting kualitasnya harus kita tingkatkan dan kita utamakan. Insyaallah ke depan bisa lebih besar untuk kemanfaatannya PCM dan PCA Jetis kepada umat dan masyarakat kita,” tukasnya.

Pihaknya berharap agar PCM dan PCA Jetis selalu bersemangat dalam berkhidmat di Persyarikatan Muhammadiyah dalam rangka beribadah kepada Allah Swt.

“Mudah-mudahan Allah Swt meridai dan memberikan kita kemuliaan di dunia dan akhirat,” katanya.

Selanjutnya, Syatri selaku Ketua PCM Jetis mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Gowes. Dirinya berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan. Dan bukan hanya itu saja, kegiatan lain yang lebih mendongkrak roda perekonomian umat, sehingga mampu dirasakan kebermanfaatan dan kemaslahatannya bagi umat semesta.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-ibu dan kawan-kawan semua peserta Gowes yang telah turut mengikuti kegiatan pada kali ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam menyemarakan perhelatan Muktamar. Harapan kami, semoga dengan adanya kegiatan Gowes, dapat memupuk semangat bapak-ibu dan kawan-kawan semua untuk bersama-sama berkhidmat di persyarikatan. Dan kita berharap semoga Muktamar nanti yang berlangsung di Surakarta dapat berjalan dan sukses,” ujarnya. (Cris)

Exit mobile version