UNISA Berikan Penyuluhan Kesehatan Warga Senior

UNISA Berikan Penyuluhan Kesehatan Warga Senior

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta bekerjasama dengan Social Club Indonesia bagian dari Yayasana Madani Senior Indonesia memberikan penyuluhan kesehatan serta pemeriksaan kesehatan kepada warga senior (usia lanjut/lansia) di Ruang Belajar Senior (RBS) dengan tema materi , “Kesehatan Geriatri : Gangguan Tidur Pada Usia Lanjut.” Kegiatan ini berlangsung pada Hari Rabu, 19 Oktober 2022.

Kegiatan edukasi di komunitas warga senior ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan warga senior untuk dapat mencegah serta mengatasi permasalahan gangguan tidur. Sehingga menciptakan kualitas tidur yang cukup pada warga senior dan mewujudkan kualitas kesehatan yang baik untuk mereka .

Sebelum mendapatkan penyuluhan kesehatan, para warga senior melakukan senam sehat dan diakhiri dengan kelas tahsin. Kegiatan penyuluhan kesehatan ini dilakukan di Aula Gedung Hasuna Tour, Jalan Ipda Tut Harsono No. 3, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta.

Pada penyuluhan kesehatan ini disampaikan oleh Zubaida Rohmawti, S. Kep., Ns., MPH selaku dosen Keperawatan Geriatri di program studi Ilmu Keperawatan beserta tim mahasiswa, yaitu Sdr. Ahmad Darmawan dan Sdr. Alwi Taufiqurrahman Hidayat dari Himpunan Mahasiswa Keperawatan (HIMIKA), UNISA Yogyakarta.

Materi penyuluhan yang disampaikan dengan presentasi materi terkait pengetahuan tentang Fungsi Tidur, Fase Tidur, Tidur yang Bekualitas, Gangguan Tidur pada lansia, Cara Mengatasi Gangguan Tidur. Selanjutnya dengan memberikan Pelatihan Cara Mengatasi Gangguan Tidur dengan Streching dan Meditasi disertai praktiknya. Selain penyuluhan kesehatan ini, tim UNISA juga memberikan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tekanan darah.

Novita Windasari, MBA selaku founder Social Club Indonesia menyampaikan kesan tentang kegiatan penyuluhan kesehatan pada Ruang Belajar Senior ini. Bahwa warga senior sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, RBS ini merupakan wadah untuk tetap beraktifitas sehat di usia lanjut. Harapannya kerjasama dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat senior ini dapat berlanjut sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup usia lanjut melalui komunitas tersebut. (ZR)

Exit mobile version