Perkuat Internasionalisasi, UMP Teken MoU dengan USIM Malaysia

Perkuat Internasionalisasi, UMP Teken MoU dengan USIM Malaysia

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) jalin kerja sama dengan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), program ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong internasionalisasi kampus dengan kolaborasi antar mitra dari luar negeri.

Kepala Biro Urusan Internasional UMP, Condro Nur Alim PhD mengatakan, beberapa pekan lalu UMP telah melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Sains Islam Malaysia. Acara dilanjutkan dengan pembahasan teknis untuk credit transfer Mahasiswa UMP ke USIM dan Mahasiswa USIM ke UMP.

“Kerjasamanya student exchange, visiting professor, community service dan join riset,” kata Condro saat di konvirmasi, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, UMP selalu berkomitmen untuk pengembangan aktivitas internasional.

“Insya Allah mulai semester depan kegiatan internasional akan secara bertahap dilakukan secara offline. Internasionalisasi secara agresif ini untuk mendukung visi UMP sebagai universitas yang mempunyai rekognisi global,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UMP Ir Aman Suyadi MP menjelaskan UMP terus menguatkan MoU dengan Universitas Sains Islam Malaysia.

Menurutnya, kerjasama UMP dengan USIM itu sangat potential karena kesamaan visi diantara masing-masing universitas. Selain itu MoU dengan berbagai negeri dilakukan untuk memperluas khasanah internasi kampus.

“Nanti mereka akan mengirim Profesor dan dosen USIM ke sini (UMP) untuk kuliah umum,, pendampingan dan lain sebagainya. Nanti kita juga akan mengirim dosen untuk menjadi dosen tamu disana. Demikian juga mahasiswa, mereka (USIM) akan mengirimkan ke sini (UMP), dan kita juga bisa mengirimkan mahasiswa kesana,” pungkasnya. (tgr)

Exit mobile version