UNMUHA Peduli Warga Terdampak Banjir Aceh Tamiang

UNMUHA Peduli Warga Terdampak Banjir Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Dr. H. Aslam Nur MA, menyerahkan bantuan bagi penyintas Banjir diterima langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiah (PDM) Kabupaten Aceh Tamiang Mukhlis NT. Sabtu (12/11/2022).

Dalam acara penyerahan tersebut terlihat hadir Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) UNMUHA Drs. Nasrullah, Wakil Rektor III, Dr. Ir. M, Zardan Araby M.T, Kepala Administrasi Umum Nuzulman S.E., M. Si.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, LAZISMU Aceh, UNMUHA, LLHBP Aisyiyah Aceh menyerahkan bantuan sembako sebanyak 100 paket kepada PDM Aceh Tamiang untuk disalurkan kepada penyintas banjir, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerimanya.” Kata Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Dr. H. Aslam Nur MA, yang juga salah satu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh

Kunjungan ini dimaksudkan untuk meninjau langsung kondisi wilayah yang terdampak banjir di Aceh Tamiang sekaligus berkoordinasi terkait penanganan bantuan dengan pimpina daerah muhammadiyah setempat.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Ahad (6/11/2022) pukul 15.00 Wib, banjir yang merendam dua belas kecamatan di Aceh Tamiang setelah diguyur hujan lebat pada Senin (31/10/2022) dan merendam 7.700 rumah warga dengan tinggi muka air mencapai 1,2 meter.

sebanyak 157.117 jiwa mengungsi pada 342 titik pengungsian, (sumber BPBD Kabupaten Aceh Tamiang), 132 kampung terendam dan 43 kampung terisolir. Selain rumah warga, banjir turut merendam 122 fasilitas pendidikan, 94 fasilitas kesehatan, 14 sarana prasarana gedung pemerintah dan 86 sarana ibadah. 4.836 hektare lahan pertanian dan 2.129 area budidaya perikanan terdampak peristiwa ini

Adapun kecamatan yang terdampak meliputi Tamiang Hulu, Bandar Pusaka, Sekerak, Karang Batu, Manyak Payed, Banda Mulia. Kemudian Seruway, Kejuruan Muda, Bendahara, Rantau, Tenggulun dan Kota Kuala Simpang.

Bantuan yang disalurkan tersebut bersumber dari penggalangan dana yang dilaksanakan oleh LAZISMU Aceh dan Keluarga Besar Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Aceh.

Satu paket yang berisikan bahan-bahan pokok terdiri dari beras 10 Kg, gula 1 Kg, minyak makan 1 Liter, dan telur 1 papan yang berjumlah 100 paket, diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Dr. Aslam Nur. MA disaksikan oleh perwakilan dari LAZISMU Aceh serta LLHBP Aisyiyah Aceh.-

Adapun paket tersebut diterima oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiah Aceh Tamiang Mukhlis NT beserta Pengurus Daerah Muhammadiyah dan Lazismu Aceh Tamiang.

Suasana penyerahan tersebut terlihat haru dan berkali-kali terlihat Pimpinan Daerah Muhammadiyah Aceh Tamiang mengucapkan terimakasih kepada Rektor serta tim yang hadir.

Rektor UNMUHA beserta rombongan setelah menyerahkan paket bantuan bagi penyintas banjir tersebut langsung melanjutkan perjalanan menuju Kota Solo untuk menyemarak kan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48 via darat. (Agusnaidi B/Riz)

Exit mobile version