Pengajian UMKU: Profesionalisme dan Kepemimpinan Profetik di PTMA

Pengajian UMKU: Profesionalisme dan Kepemimpinan Profetik di PTMA

Edy Suandi Hamid dalam pengajian di UMKU

Dan janganlah kamu mengikuti (melakukan) sesuatu yang kamu tidak memiliki ilmu mengenainya. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. ” (Al Qur’an Surat Al Mujadalah : 117)

KUDUS, Suara Muhammadiyah – Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., menyampaikan materi pengajian dengan tema “Profesionalisme dan Kepemimpinan Profetik di Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA)”.

Pengajian Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) dibuka oleh Rizka Himawan, M. Psi. Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Kudus diikuti Pengurus Badan Pembina Harian, dosen dan tenaga kependidikan secara luring di Ruang Serbaguna pada Senin, 28 November 2022. Materi yang diterima oleh peserta pengajian adalah Profesional dan Kepemimpinan di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan menjadi bagian dari proyek amal sholih persyarikatan.

Edy yang juga Dewan Penasehat Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat menjelaskan urgensi pemimpin dengan mengutip Hadist yang diriwayatkan Abu Dawud mengatakan: “Jika kalian berpergian bertiga, angkatlah salah seorang sebagai pemimpin”. dan

Edy juga menjelaskan bahwa Profesional Dalam Islam menuju Ulil Albab, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al Mujadalah: 11, yang artinya “Niscaya Allah Swt akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”.

Allah Swt maha teliti apa yang kamu kerjakan

Pasti ada “harganya” agar dapat mewujudkan karakter dan kontribusi pada umat manusia

Artinya: “Sesungguhnya Allah mencintai seseorang yang apabila bekerja, mengerjakannya secara profesional”. (HR. Thabrani, No: 891, Baihaqi, No: 334).

Menurut Edy makna Profesionalisme adalah :

Edy menjelaskan kembali unsur-unsur profesionalisme yang meliputi :

Edy menjelaskan kembali bahwa Karakteristik Profesional merupakan Cedndekiawan yang ulil albab ada 5, meliputi :

Pertama, Mendalami ilmu pengetahuan dengan serius dan penuh keyakinan

Kedua, Kebaikan, Kejujuran, dan Keadilan.

Ketiga, Berbagi Ilmu Pengetahuan dengan Masyarakat

Keempat, Mendengarkan Aspirasi Masyarakat

Kelima, Bekerja di jalan Allah dan sesuai ajaran agama islam

Edy menjelaskan kembali bahwa dalam survey yang dilakukan Thomas J. Stanley terhadap 733 milyuner di Amerika Serikat, didapatkan 100 besar faktor yang menentukan kesuksesan seseorang dalam bekerja, adapun 10 besar faktor kesuksesan merupakan interpersonal skill/ soft skill yang meliputi :

Menurut Edy, apa yang akan dilakukan seorang Ilmuwan, Cendekiawan dan Profesional ?

Menurut Edy sifat-sifat Rosulullah SAW yang perlu menjadi teladan bagi umat Muslim adalah :

(Supardi)

Exit mobile version