Menangkan Hibah Kedaireka, FAI UMSU Laksanakan Pelatihan Digital Marketing

Menangkan Hibah Kedaireka, FAI UMSU Laksanakan Pelatihan Digital Marketing

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Di era yang serba digital ini, persaingan antar pelaku bisnis satu dengan yg lainnya menjadi semakin ketat. Para pelaku bisnis ataupun calon pelaku bisnis perlu paham bahwa strategi berperan penting dalam memaksimalkan pemasaran untuk keberhasilan mendatangkan pelanggan dan meningkatkan profit perusahaan.

Karena itu Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar seminar dan pelatihan digital marketing yang bertajuk “Memulai Bisnis Digital Berbasis Affiliate Marketing”. Digelar secara langsung, selasa 29 November 2022 di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU – Jl. Muchtar Basri, No.3 Kota Medan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FAI UMSU Dr. Munawir Pasaribu, MA dalam sambutanya ia sangat mengapresiasi acara ini karena sangat bermanfaat sekali bagi Generasi Z dan para mahasiswa di UMSU.

“ia juga menambahkan bahwa seminar dan pelatihan ini diharapkan dapat menjadikan para pelaku bisnis ataupun calon pelaku bisnis lebih memahami strategi marketing dengan konsep pemasaran digital” kata munawir dalam sambutanya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan program hibah KEDAIREKA KEMENDIKBUD RI yang dimenangkan oleh Dosen FAI UMSU yakni Ketua Ahmad Afandi Surbakti, S.Kom.,MM serta beranggotakan Syahrul Amsari, S.E.Sy.,M.Si dan Isra Hayati, M.Si dan 3 Mahasiswa dari program studi Manajemen Bisnis Syariah.

Pelatihan yang dilanjutkan dengan seminar menghadirkan tiga narasumber baik itu dari akademisi maupun praktisi yang dipandu oleh Syahrul Amsari, M.Si selaku moderator.

Pemateri pertama disampaikan oleh Ahmad Afandi Surbakti, S.Kom.,MM dalam pemaparanya ia menyampaikan materi tentang model bisnis digital berbasis affiliate marketing dan bagaimana para peserta dapat membangun bisnis affiliate marketing dengan memanfaatkan platform yang telah dikembangkan dari kegiatan hibah kedaireka ini sehingga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi para peserta dengan memasarkan produk UMKM secara digital.

Kemudian pemateri kedua oleh Syahrani Devi, M.I.kom ia menyampaikan materi tentang produk Keloria yang banyak manfaat serta khasiat sehingga menjadi salah satu produk UMKM yang tidak hanya laku di skala Nasional namun juga Internasional.

Terakhir pemateri ketiga diisi oleh Marzuki Halim ia dalam paparanya menyampaikan bagaimana memaksimalkan social media sehingga tidak hanya untuk kepentingan pribadi namun juga dapat dijadikan peluang dalam mengembangkan usaha.

Seminar dan Pelatihan yang digelar dalam dua gelombang ini diikuti lebih dari 300 peserta mulai dari masyarakat umum, pelaku usaha, ibu rumah dan mahasiswa.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka senang dan bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini.

Seperti yang disampaikan salah satu peserta yakni Dinda Maulida ia mengatakan senang dan sangat bermanfaat sekali untuk saya karena menjadi lebih tau tentang digital marketing, dan memasarkan produk di media sosial.

Turut hadir dalam kegiatan Wakil Dekan III FAI UMSU, Kaprodi dan Sekretaris Prodi MBS FAI UMSU. *Syahrul (Syaifulh)

Exit mobile version