Cara Unik SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Pemilihan Ketua IPM Layaknya Pemilu

Cara Unik SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Pemilihan Ketua IPM Layaknya Pemilu

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, siswa SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto membuat proses pemilihan Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) mereka layaknya Pemilu seperti pemilihan presiden.

Menurut Kepala SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Agus Suyono, pada proses Pemilihan Ketua IPM priode 2022-2023 yang berlangsung pada Selasa 13 Desember 2022 ini, dibuat seperti suasana Pemilu di Tempat Pemungutan Suara atau TPS.

Di mana pada tahap awal kegiatan, setiap kelas X dan XI mengusulkan dua orang bakal calon Ketua IPM dari kelas masing-masing.

Kemudian pemilih menerima surat/kartu suara kemudian menuju bilik suara untuk memberikan suara dengan cara mencontreng surat suara.

Setelah itu surat suara dimasukkan ke Kotak Suara, dan tahap akhir adalah jari kelingking pemilih dicelupkan dengan tinta.

Setelah semua pemilih memberikan suaranya, maka dilanjutkan dengan proses perhitungan suara.

Selama proses pemungutan dan perhitungan suara, setiap calon ketua IPM didampingi saksi.

Agus Suyono berharap kegiatan ini memberikan manfaat terutama untuk siswa, yaitu timbulnya keberanian untuk berkompetisi, menumbuhkan semangat berdemokrasi, dan siswa menjadi “melek” politik.(tgr)

Exit mobile version