Prodi Ilmu Hadis UAD Siap Terjunkan 96 Mahasiswa Praktikum Profesi

Prodi Ilmu Hadis UAD Siap Terjunkan 96 Mahasiswa Praktikum Profesi

BANTUL, Suara Muhammadiyah-Dekan Fakuktas Agama Islam UAD, Nur Kholis menyampaikan lima pesan penting kepada 96 mahasiswa Ilmu Hadis yang akan diterjunkan ke 24 mitra Prodi Ilmu Hadis guna mengikuti praktikum profesi selama 25 hari Program tersebut terhitung dari 17 Desember hingga 14 Januari 2023. Pesan tersebut disampaikan Dekan FAI UAD dalam acara Penerjunan Mahasiwa Peserta Praktikum Profesi Prodi Ilmu Hadis UAD Ke 24 Mitra yang diadakan secara daring pada Sabtu (17/12/2022).

Pada pesan yang pertama, Dekan FAI UAD mengatakan bahwa poros keberkahan adalah dengan selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah Swt berikan. Karena dengan bersyukur akan membuat diri selalu menghargai sekecil apapun hasil yang didapatkan dari sebuah amal perbuatan.

Pesan yang kedua, ia mengingatkan bahwa sikap serius saat mengikuti praktikum profesi dibutuhkan untuk menjadikan segala amal-perbuatan sekecil apapun yang dijumpai di lapangan dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa saat di luar nanti.

“Insyaallah waktu yang tak lama (saat praktikum profesi) ini dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa kelak. Sehingga keberadaan atau kehadiran mahasiswa tersebut dapat memberikan manfaat bagi mitra, bukan justru sebaliknya, sebuah keberadaan yang merepotkan ataupun membebankan mitra,” kata Dekan FAI UAD.

Pesan yang ketiga, ia meminta agar mahasiswa peserta praktikum profesi agar segera mampu menyesuaikan diri dengan tradisi yang ada lingkungan tempat mitra yang sudah diatur sedemikian rupa oleh Koordinator Umum Praktikum Profesi Profi Ilmu Hadis UAD.

Pesan selanjutnya adalah menjaga adab dan sopan santun saat berada di tempat mitra, baik dari segi penampilan, akhlak, maupun adab. Keberadaan mahasiswa praktikum profesi harus mencerminkan nilai-nilai islami yang menjadi ciri khas mahasiwa Prodi Ilmu Hadis UAD sehingga dapat menjadi contoh teladan bagi anak didik mitra (berupa sekolah, dsb).

Adapun pesan yang terakhir, ia mengingatkan kepada seluruh mahasiswa Ilmu Hadis peserta praktikum profesi agar selalu menerapkan sikap disiplin dan tepat waktu selama mengikuti program praktikum profesi dikarenakan sikap tersebut akan menjadi sebuah parameter ukur karakter pribadi mahasiswa yang baik ataupun sebaliknya.

Acara penerjunan inipun turut dihadiri jajaran Prodi Ilmu Hadis UAD; Jannatul Husna selaku Kepala Program Studi Ilmu Hadis, Niki Alma Febiriana Fauzi selaku Sekretaris Prodi Ilmu Hadis, Qaem Aulassyahied, selaku Koordinator Umum Praktikum Profesi 2022-2023, dosen pembimbing lapangan (DPL) dan juga para perwakilan dari 24 mitra Prodi Ilmu Hadis UAD.

Kali ini, Prodi Ilmu Hadis UAD menggaet 24 mitra dalam penempatan 96 mahasiswanya pada program Praktikum Profesi 2022-2021. 24 mitra tersebut terklasifikasi menjadi dua regional, regional Yogyakarta dan sekitarnya, lalu regional di luar Yogyakarta.

Sebanyak 20 mitra berada di regional satu Yogyakarta dan sekitarnya, yakni Prodi Ilmu Hadis UAD, Islamic Center UAD, MTT PP Muhammadiyah, LPSI UAD, Perpustakaan UAD, TV Muhammadiyah UAD, Tanwir.id, Muhammadiyah.or.id, IbTimes.ID, Rahma.id, Lazimu PWM DIY, Suara Muhammadiyah, Yayasan Bentala Tamaddun, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, Pondok Tahfiz al-Mansur Bantul, Pondok Asy-Syifa Bantul, Panti Asuhan al-Amin Kotagede, dan Panti Asuhan ‘Abdul ‘Alim Imogiri.

Adapun regional dua yang terletak di luar Yogyakarta dan sekitarnya, yakni Pusat Bantuan Hukum Gemilang Surya Perkasa Klaten, LPP RRI Kota Samarinda, PP al-Iman Muntilan, dan PCIM Arab Saudi.

Kepala Lembaga Pengembangan Studi Islam UAD, Anhar Anshari sekaligus dosen sesepuh Prodi Ilmu Hadis UAD juga berpesan, “Jadikan praktikum profesi ini sebagai lahan atau wahana mahasiswa Ilmu Hadis untuk mensosialisasikan atau menyugesti peserta didik mitra (sekolah, dsb) sehingga timbul ketertarikan peserta didik mitra tersebut untuk melanjutkan studinya di Prodi Ilmu Hadi UAD. Karena kita (mahasiswa) Prodi Ilmu Hadis sebagai sumber rujukan yang otentik, maka itu kita perlu siapkan diri dengan sebaik-baiknya.”

Demikian pesan beliau kepada para mahasiswa peserta praktikum profesi Prodi Ilmu Hadis dan sekaligus memimpin doa bersama menandai resmi berakhirnya runtutan acara Penerjunan Mahasiswa Peserta Praktikum Profesi 2022-2023 ini. (Ahmad Amiruddin P.)

Exit mobile version