Izza Rohman Terpilih sebagai Ketua Baru PRIM NSW Australia

Izza Rohman Terpilih sebagai Ketua Baru PRIM NSW Australia

PRIM NSW Australia

NSW, Suara Muhammadiyah – Setelah berjalan selama satu periode, Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales Australia kembali melaksanakan Musyawarah Ranting (Musyran). Pelaksanaan Musyran ini antara lain dimaksudkan untuk melakukan evaluasi program, menyusun program periode ke depan dan pemilihan pimpinan yang baru. Jika selama ini, pemilihan pimpinan dilaksanakan secara sederhana, maka dalam kesempatan ini seluruh rangkaian musyawarah diusahakan sesuai atau mendekati aturan yang berlaku dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah.

Milad dan Musyawarah Ranting yang berlangsung sehari ini, dibuka secara resmi oleh Konjen KJRI Sydney, Vedi Kurnia Buana. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada warga Muhammadiyah yang selama ini turut aktif bekerja sama dengan pihak KJRI Sydney. Beliau juga mengingatkan komitmennya untuk mendukung penuh rencana pembangunan Sekolah Muhammadiyah Australia di New South Wales. Mengingat bahwa sekolah tersebut diharapkan akan membawa harum nama bangsa Indonesia.

Sementara itu Ketua PRIM NSW, Haidir Fitra Siagian, dalam sesi sidang pleno, telah melaporkan berbagai program kerja yang dilakukan selama satu periode ini. Terdapat 92 jenis kegiatan yang telah dilaksanakan, terdiri atas kegiatan dakwah atau pengajian, pertemuan dan rapat rutin, kegiatan sosial, komunikasi politik dengan pengurus ormas Islam, dan kegiatan terkait dengan rencana pembangunan sekolah Muhammadiyah. Di samping itu, juga dilaporkan kegiatan dalam bidang administrasi dan laporan keuangan.

Dengan menggunakan pola pemilihan seperti yang terjadi dalam Muktamar Ke-48, Musyawarah Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales Australia ke-6, berhasil Ketua dan Pimpinan Ranting yang baru, (Sabtu, 17 Desember 2022). Bertempat di Towradgi Community Hall, Wollongong, warga Muhammadiyah datang menghadiri Milad Ke-110 dan musyawarah untuk menggunakan hak pilihnya memilih pemimpin baru.

Proses pemilihan telah dimulai sejak satu bulan yang lalu dengan menetapkan tata tertib persidangan, tata tertib pemilihan dan menunjuk panitia pemilihan serta pimpinan sidang. Kemudian panitia pemilihan yang terdiri atas tiga orang, yakni Muhammad Irawan Fauzi, Hanif Zakaria dan Anjar Purba Asmara, melakukan penjaringan bakal calon. Terdapat 40 nama bakal calon dan setelah diseleksi berdasarkan tata tertib pemilihan, maka diperoleh 18 calon yang memenuhi syarat.

Dr Izza Rohman Foto PRIM NSW/SM

Selanjutnya dalam Musyawarah Ranting ini, diadakan pemilihan dengan melibatkan semua anggota yang berhak menggunakan hak pilihnya. Masing-masing anggota Musyawarah memilih lima orang dari delapan belas calon tetap. Setelah diadakan perhitungan suara, diperoleh lima orang dengan suara terbanyak, masing-masing Dr. Izza Rohman, M.A, (15 suara), M. Irawan Fauzi (13 suara), Syafi’ie Alwayni (12 suara), Bahren Nurdin, S.S., M.A., dan Faturrohman Syahrie, masing-masing memperoleh sebelas suara.

Kemudian kelima pimpinan terpilih melaksanakan rapat yang dipimpin oleh anggota panitia pemilihan, Hanif Zakaria. Dalam tempo kurang dari lima menit, telah sepakat menetapkan Saudara Dr. Izza Rohman, M.A. sebagai Ketua Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales Australia periode 2022/2004. Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta ini, ini menggantikan ketua sebelumnya, Haidir Fitra Siagian, yang segera akan kembali ke tanah air melanjutkan tugasnya sebagai Dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sebelum terpilih menjadi ketua, Izza Rohman yang juga dosen senior dalam bidang Tafsir dan Al Islam/Kemuhammadiyahan ini, menjabat sebagai Sekretaris PRIM NSW. Selama berada di Sydney, alumni Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah ini sudah menjadi narasumber tetap dalam beberapa kelompok pengajian di Sydney.

Selain memilih Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah, dalam musyawarah tersebut juga menyetujui untuk membentuk pengurus Ranting Istimewa Aisyiyah dan pengurus Ranting Pemuda Muhammadiyah. Dimana selama ini, baik Aisyiyah dan Pemuda Muhammadiyah, masih tergabung dalam satu kepengurusan bersama dengan pimpinan Muhammadiyah.

Terpilih formatur Pimpinan Ranting Istimewa Aisyiyah New South Wales adalah Fenti Setijowati, Wella Sandria, SE., M.Sc., Isma Izza, Kustina Firdaus, Awiq Wiqoyaty, dan Tanti Ruswati. Sedangkan pimpinan Pemuda Muhammadiyah yang terpilih adalah Rangga Raka Anada, Naufal R. Haedar, Luqmanulhakeem Yanggi Siagian dan Raihan Annur Hannan. Selanjutnya pimpinan terpilih nanti akan menetapkan susunan personalianya masing-masing.

Menurut jadwal yang telah ditetapkan, pelantikan pengurus baru dan serah terima jabatan akan dilaksanakan pada hari Jum’at 30 Desember 2022, kawasan Opera House Sydney. Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Australia, Ustaz Hamim Jufri, dijadwalkan datang langsung dari Melbourne untuk melantik dan membawakan amanah. (Haidir Fitra Siagian)

Exit mobile version