Muhammadiyah Medan Kuatkan Kepemimpinan dan Administrasi

Muhammadiyah Medan Kuatkan Kepemimpinan dan Administrasi

Muhammadiyah Medan Kuatkan Kepemimpinan dan Administrasi

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan menggelar pelatihan kepemimpinan dan administrasi Muhammadiyah. Pelatihan yang berlangsung satu hari itu diikuti sebanyak 160 peserta yang berasal dari Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranting, Pimpinan Majelis dan Lembaga, Pimpinan Ortom dan Amal Usaha Muhammadiyah. Pelatihan berlangsung, Sabtu (24/12) di Hotel Madani Medan.
Hadir pada pelatihan itu, Drs. Ibrahim Sakti Batubara sebagai Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut,  staf Pemko Medan  Bambang Sudewo.

Pelatihan kepemimpinan dan administrasi Muhammadiyah oleh PDM Kota Medan sebagai wujud dan komitmen untuk membangunan persyarikatan yang solid, kuat baik dalam kepemimpinan dan administrasi. Dua hal ini menjadi kunci sukses tidaknya persyarikatan.

*Muhammadiyah Unggul Kepemimpinan dan Administrasi*
Ketua PDM Kota Medan Drs. Burhanuddin MAg menjelaskan bahwa Muhammadiyah sudah dikenal sebagai organisasi yang kuat dalam kepemimpinan dan administrasi. Namun demikian, keunggulan itu harus terus dirawat karena di level cabang dan rating terjadi pergantian kemimpinan yang butuh penyegaran juga. Demikian juga dengan kemimpinan, sifat kolektif dan kolegial itu harus dirawat sehingga ⁶tidak muncul kepemipinan tunggal (one man show).
Terkait dengan administrasi Muhammadiyah, jelas Burhanuddin, sudah ada aturan (SOP) administrasi / tata usaha yang baku namun demikian, kompetensi pengelolaan administrasi itu harus terus dipelihara agar standarisasi administrasi Muhammadiyah dapat diterapkan.

Ketua PC Muhammadiyah Perumnas II Medan, Ibrahim Nainggolan SH MH memberi apresiasi atas dilaksanakannya pelatihan kepemimpinan dan administrasi Muhammadiyah karena dua hal ini adalah kunci dari sukses tidaknya satu kepemimpinan. Kata Ibrahim, di level Cabang dan Ranting terjadi proses regenerasi dan penggantian sebabkan berbagai hal.  Maka untuk memelihara kualitas kempemimpinan dan administrasi yang baik maka pelatihan ini perlu dilakukan.

Pelatihan satu hari berisi beberapa materi penting, seperti Kepemimpinan disampaikan oleh Rafdinal S.Sos MAP (Wakil Ketua), Ideologi Muhammadiyah disampaikan oleh  Drs. Burhanuddin MAg ( Ketua PDM), Pemahaman Agaman oleh Drs. Efnedy Arif ( Wakil Ketua), Masalah Ketarjihan disampaikan Drs. Maulana MA (Wakil Ketua), Administrasi Surat Menyurat disampaikan Drs. Satimah (Sekretaris) dan Administrasi Keuangan disampaikan oleh Drs. Mahmud Yunus Daulay MA (Bendahara)  dan Dr. Irfan Guci (Diskdasmen)  serta  Masalah Nomor Induk Berusaha (NIB), SIOP dan status tanah oleh  Muhammad Syafii SH SpN (Wakil Ketua), Drs. Adri K SPd (Wakil Ketua) dan Ir. Besri Nazir MM (Wakil Ketua).  (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version