Dosen UAD Melatih Konselor Adiksi

Dosen UAD Melatih Konselor Adiksi

Dosen UAD Melatih Konselor Adiksi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kompetensi konselor adiksi merupakan kemampuan yang membantu pengguna narkoba untuk pulih dari penggunaan zat. Masalah-masalah psikologis, karir, mental, dan personal dialami oleh individu.

Supaya individu dapat bangkit dari kondisi dan dapat menjalani kehidupan dengan optimal, Dosen UAD melakukan pelatihan bagi konselor adiksi dengan dimensi religius. Dosen dari Universitas Ahmad Dahlan Agus Supriyanto, Amien Wahyudi, dan Intan Puspitarini melatih konselor adiksi dengan memunculkan dimensi religiusitas.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2022. Konselor dilatih dengan mengkombinasikan konseling dengan nilai-nilai religious.

Tim UAD telah berkoordinasi dengan IKAI (Ikatan Konselor Adiksi Indonesia) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melihat problematika dan nuansa religious yang bisa dibangun bagi individu. Tim UAD melakukan pelatihan tentang berbagai layanan konseling dan bagaimana memadukan nilai-nilai religious dalam konseling.

Pada kegiatan ini tim UAD melakukan pendampingan kepada konselor adiksi. Konselor adiksi sangat tertarik dengan penerapan nilai-nilai religious dalam layanan konseling.

Dampak yang didapatkan dari pelatihan ini adalah konselor adiksi dapat mengambil pilihan tentang implementasi konseling yang diinternalisasikan dengan nilai-nilai religius.

Exit mobile version