Kader Persyarikatan Perlu Membaca Buku “Muhammadiyah: Wawasan dan Komitmen”

Kader Persyarikatan Perlu Membaca Buku “Muhammadiyah: Wawasan dan Komitmen”

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Dr H Muchlas Arkanuddin, MT menghadiri acara launching dan bedah buku. Acara tersebut digelar di Gedung Amphitheater Fakultas Kedokteran Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Kamis (5/1). Adapun buku yang dibedah dan dilaunching milik karya Dr H Immawan Wahyudi, MH dengan judul “Muhammadiyah: Wawasan dan Komitmen” bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 66 tahun.

Dalam sambutannya, Muchlas mengatakan bahwa buku tersebut sangat layak diterbitkan dan perlu dibaca oleh kalangan kader Persyarikatan. Karena di setiap bukunya, banyak sekali peristiwa terbaik sarat pengajaran. Salah satu chapter atau bab yang membuat dirinya terkesima adalah bab “Kiai Bungistu dan Patehan”. Sebab menurutnya, dua bab ini menjadi salah satu bagian darinya selaku pelaku (kader).

Seperti bab “Kiai Bungistu” sebagai representasi dari derap langkah penggerak Persyarikatan Muhammadiyah yang digerakkan oleh para kader dan mubligh. Dengan komitmennya begitu besar dan tak lelah mereka menggunakan hadis walaupun hanya satu hadis, yang dihafal, yakni, “inna ma buitstu li utammima makarim al-akhlaq” sebagai lokomotif untuk menjalankan komitmennya terhadap Muhammadiyah dari masa ke masa.

“Inilah yang di ekspresikan oleh Pak Immawan dengan sangat bagus. Dan inilah sebetulnya menurut saya orang-orang atau anggota Persyarikatan Muhammadiyah yang seperti inilah yang secara masif menjaga Persyarikatan kita tetap dinamis,” ujarnya.

Sementara itu, di bab Patehan, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu mengkategorisasikan sebagai orang yang memerankan diri sebagai pembantu secara totalitas. Dengan kata lain, setiap kader, pengurus, dan simpatisan Muhammadiyah sedemikian rupa harus bisa menjadi patehan.

“Ini bagus sekali di dalam chapter itu (baca: Patehan). Ini menginspirasi kepada kita bagaimana kita melakukan positioning diri di dalam mengelola Persyarikatan ini. Kalau kita bisa melakukan apa yang dikemukakan di dalam chapter Patehan itu, saya kira komitmen dengan Muhammadiyah bisa kita dijaga. Dan sekaligus Persyarikatan secara umum bisa kita pertahankan dan majukan bersama-sama spirit seperti itu,” ungkapnya.

Turut hadir di dalam acara tersebut Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, MPd., MEd., PhD, Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media (PT SCM) / Suara Muhammadiyah, Deni Asy’ari, MA Dt Marajo, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Ir H Azman Latief, Direktur Media dan Publikasi Suara Muhammadiyah, Isngadi Marwah Atmadja, MH, Dr Hj Norma Sari, MHu, dan seluruh peserta yang hadir dari berbagai instansi dan perguruan tinggi baik Muhammadiyah maupun negeri. (Cris)

Exit mobile version