• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Rabu, Mei 21, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Metode Card Sort Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Al Qur’an

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
12 Januari, 2023
in Opini
Reading Time: 1 min read
A A
0
Metode Card Sort Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Al Qur’an
Share

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Untuk meningkatkan motivasi belajar murid, Tati Kuraesin, guru Al Islam kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, menggunakan metode Card Sort pada pembelajaran Al Qur’an materi surat Al Insyiqaq, Kamis (12/1/2023).

Menurut Tati, dari hasil observasi awal pada mata pelajaran Al Islam, penggunaan metode card sort sangat disenangi oleh murid.

Baca Juga

Q.S Al-Isra’ 86, Benarkah Al-Qur’an akan Benar-Benar Lenyap?

Berikan Nasihat di Wisuda Tahfidz PPAD, H Abduh Hisyam Beberkan Cara Berinteraksi dengan Al Qur’an

“Ketertarikan murid dalam pembelajaran akan menumbuhkan motivasi murid dalam mengikuti pembelajaran dan menjadi faktor utama tercapainya tujuan belajar mengajar,” ungkapnya.

Menurut Tati, penggunaan metode card sort dapat menjadi alternatif pilihan untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan relevansi materi, tujuan, dan juga tingkat perkembangan peserta didik.

Selanjutnya, Tati menyampaikan delapan langkah penerapan metode card sort. Pertama, guru memberikan contoh bacaan surat Al Insyiqaq. Kedua, murid bersama-sama membaca surat Al Insyiqaq.

Ketiga, guru menyiapkan kartu berisi materi surat Al Insyiqaq. Kartu-kartu tersebut berbentuk persegi, berukuran 20 cm x 8 cm, dan berisi potongan dari ayat-ayat surat Al Insyiqaq. Keempat, seluruh kartu diacak agar tercampur.

Kelima, guru membagi murid ke dalam 5 kelompok. Kartu-kartu tersebut dibagikan kepada semua kelompok. Selain kartu, juga dibagi kertas asturo berwarna sebagi media untuk menempel kartu tersebut.

Keenam, guru memberi kesempatan satu kelompok untuk memulai berdiskusi dengan menyampaikan argumen yang disepakati dalam kelompok selama 5 menit.

Ketujuh, tugas setiap kelompok menyusun kartu di papan dan melafalkan ayat yang telah disusun dengan benar selama 10 menit.

Kedelapan, guru mengapresiasi hasil seluruh kelompok dan mengklasifikasi atau menyimpulkan dengan membandingkan permasalahan yang ditemui terkait materi pada surat Al Insyiqaq.

Menurut salah satu murid kelas V, Fahri Darusalam, kegiatan pembelajaran Al Islam hari ini sangat seru.

“Pembelajaran menjadi menyenangkan, karena belajar secara kelompok dan kelompok saya paling awal menyelesaikan tugas dalam menyusun ayat pada surat Al Insyiqaq,” ungkap Fahri.(Nikmah Hidayati)

Tags: Al Qur'anmotivasi
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Hakikat Kebajikan (1) ; Surat Al-Baqarah Ayat 177
Opini

Q.S Al-Isra’ 86, Benarkah Al-Qur’an akan Benar-Benar Lenyap?

21 Juli, 2023
Berikan Nasihat di Wisuda Tahfidz PPAD, H Abduh Hisyam Beberkan Cara Berinteraksi dengan Al Qur’an
Berita

Berikan Nasihat di Wisuda Tahfidz PPAD, H Abduh Hisyam Beberkan Cara Berinteraksi dengan Al Qur’an

10 Juli, 2023
tajdid
Berita

Pembakaran Al-Qur’an Berulang di Swedia Melanggar HAM

30 Juni, 2023
Next Post
Islam, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi: Sisi Pandang Komprehensif

Islam, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi: Sisi Pandang Komprehensif

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In