KKN 85 Alternatif Persyarikatan UAD Gelar Festival Anak Soleh Pakualaman

KKN 85 Alternatif Persyarikatan UAD Gelar Festival Anak Soleh Pakualaman

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – KKN 85 Alternatif Persyarikatan Unit I.A.2 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menyelenggarakan Festival Anak Saleh (FAS) Pakualaman 2023 yang mengikutsertakan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di bawah naungan ranting Muhammadiyah di Pakualaman, Kota Yogyakarta pada Ahad, 8 Januari 2023. Dari tujuh Pimpinan Ranting Muhammadiyah yang diundang, lima diantaranya ikut berpartisipasi dan mengirimkan delegasinya dalam kegiatan tersebut.

Acara yang dilaksanakan di Masjid Assalam Kepatihan ini diikuti oleh puluhan santriwan dan santriwati TPA yang kemudian dibagi dalam tiga kategori lomba; adzan, hafalan juz 30, dan mewarnai. Festival ini dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah, Ibu Haryuni, kemudian dilanjutkan dengan rangkain perlombaan.

Sebelum mendengarkan pengumuman pemenang lomba, para peserta dan hadirin menyaksikan hiburan pertunjukkan Tari Zapin yang dibawakan oleh kolaborasi santriwati TPA Aisyiyah dan Nurul Hidayah.

Adapun tema dari Festival Anak Saleh 2023 ini adalah “Meningkatkan Generasi Muslim yang Berakhlak dan Berkemajuan”. Harapan dari diadakannya kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana bagi anak-anak untuk menunjukkan bakatnya di bidang agama dan seni.

Tetapi antara lain juga untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama anak-anak se-kemantren Pakualaman, serta menjadi motivasi bagi anak-anak disekitar Pakualaman untuk selalu semangat dalam belajar Agama sebagaimana yang disampaikan Sekretaris Panitia FAS Pakualaman 2023

“Acara festival anak saleh ini adalah pendidikan dan pelatihan yang sangat efektif dalam membentuk karakter anak. Kita bukan berharap kepada siapa pemenangnya, namun pelaksanaan lomba ini semoga  menjadi penyemangat dan motivasi bagi adik-adik untuk mempelajari agama dengan baik agar menjadi penerus bangsa yang rahmatan lil alamin” ujar Ayu Pratiwi, selaku sekretaris panitia sekaligus mahasiswa dari prodi Manajemen. (Royan/Cris)

Exit mobile version