KPPS BTM Mulia Babat Gelar Rapat Anggota Tahunan

KPPS BTM Mulia Babat Gelar Rapat Anggota Tahunan

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Mulia PCM Babat adakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Tutup buku tahun 2022, Ahad (22/1/2022) di SMK Muhammadiyah 5 Babat.

Rapat Anggota Tahunan dihadiri Pejabat Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan, Sekcam Babat, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Babat, PCM Pangkatrejo, PCM Sekaran, PCM Paciran, ketua BTM Mulia Babat, pengurus dan pengawas BTM Mulia Babat, serta peserta RAT KSPPS BTM Mulia Babat.

Dalam memberikan pengajian Iftitah, ustadz Amrozi Mufida Wakil Ketua PCM Babat mengutip Hadist riwayat Imam Bukhori “kullukum ro’in, wakullukum mas ulun ‘aro’iyyatihi“, artinya setiap kalian adalah pemimpin dan kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.

“Hadist ini harus menjadi inspirasi dan menjadi moral utama bagi siapapun yang mendapatkan amanah memimpin atau menjadi pimpinan,” tuturnya

Pertanggung jawaban bukan hanya di dunia, tapi nanti sampai di alam kubur dan terakhir di akhirat. Maka hadist ini disuarakan oleh lembaga-lembaga amal usaha kita di Muhammadiyah.

“Ini yang menjadi perhatian kita semua. Kalau hanya di alam dunia, maka bisa yang benar jadi salah, yang salah jadi benar. Tapi kalau nanti di alam kubur dan alam akhirat, maka Allah Swt tidak bisa dibohongi,” ujarnya

Branding Muhammadiyah dalam memimpin, kata dia, ada dua, pertama adalah ikhlas, yang kedua amanah. Kalau orang Muhammadiyah menjadi pemimpin, namun kedua branding ini tidak di pegang, maka akan tersingkir dari Muhammadiyah.

Selain itu, kata Anggota MPK PDM Lamongan ini, jika kerja di Muhammadiyah kalau hanya berfikiran mencari uang maka akan tersingkir.

“Maka ini harus dipegang untuk orang-orang yang mengabdi di Muhammadiyah,” katanya.

Kemudian amanah. Jika imannya orang itu kuat maka dia akan diberi amanah dengan baik. Begitu juga sebaliknya kalau imannya lemah, maka orang ini tidak bisa diberi amanah dengan baik.

“Oleh karena itu, jadilah pemimpin yang amanah dan ikhlas, untuk kemajuan persyarikatan,” pungkas Ustadz Amrpzi.

Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta

ketua PCM Babat KH Abdul Ghofar MM mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya RAT ini. Ini menunjukkan bahwa KSPPS BTM Mulia Babat itu sehat. Karena bisa melaksanakan RAT pada waktunya.

“Laporan pertanggung jawaban akan disampaikan sekarang, dan atas laporan itu akan kita jadikan evaluasi kedepan, dan menjadi avaluasi pengurus BTM, juga dengan evaluasi bisa membangun masa depan,” ujarnya.

Pak Ghofar- panggilan akrabnya- menambahkan, pada pimpinan periode 2022-2027 Muhammadiyah itu melangkah lebih jauh. Itu tergambar dalam Muktamar Muhammadiyah kemarin. Dilihat dari tema nya yakni “Memajukan Indonesia mencerahkan semesta”.

“Muhammadiyah itu melangkah secara luas dan global,” tuturnya.

Jadi, kata dia, langkah PCM Babat kedepan, kita mengikuti program yang dicanangkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Oleh karena itu, Ghofar berharap di Dewan Pengawas Syariah (DPS) BTM Mulia Babat itu ada regenerasi. Jadi ada orang muda yang diikutkan untuk mendapatkan sertifikat DPS, untuk menggantikak yang sudah tua.

“Terakhir, mengenai dengan syariah ini harus ditata, walaupun ribet. Karena jika BTM Mulia Babat tidak menerapkan sistem syariah, maka di akhirat nanti susah. Maka nilai syariah ini harus diutamakan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, di semua kegiatan arahnya adalah mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat.

“Dan bagi pengurus BTM dan karyawan harus ditata sebaik-baiknya untuk perkembangan KSPPS BTM Mulia Babat,” tutur anggota Majelis Dikdasmen PDM Lamongan ini

KSPPS BTM Mulia Babat Terus Pembenahan SDM

Ketua KSPPS BTM Mulia Babat, Ahmad Arif Rahman Saidi mengucapkan, Alhamdulillah di tahun 2022 kemarin BTM Mulia mengalami perkembangan yang cukup baik. Saat ini sudah mempunyai empat cabang, yakni Cabang Babat, Sekaran, Pangkatrejo, dan Paciran.

Lanjutnya, alhamdulillah, cabang yang baru berdiri, yakni Cabang Paciran sudah mengalami perkembangan yang luar biasa dan bisa menyalip cabang-cabang sebelumnya.

“Dan kami berharap BTM Mulia bisa berkembang di cabang-cabang lain di daerah selatan, diantaranya di Cabang Sugio,” harapnya.

Dalam tahun 2022 banyak program kerja yang sudah kami laksanakan, terutama dalam pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami berharap SDM kita lebih baik dan mandiri. Karena jika kami sewaktu waktu meninggalkan BTM Mulia Babat, masih bisa berjalan dengan sabaik-baiknya,” harap alumni Universitas Brawijaya Malang ini

Dia juga berharap BTM Mulia Babat ini bergerak sesuai dengan tujuannya yakni memberikan manfaat kepada semua orang. Bukan hanya warga Muhammadiyah saja, namun seluruh kalangan masyarakat.

“K edepan kita akan merubah anggaran dasar, dulu yang awalnya Koperasi jasa Keuangan Syariah (KJKS), dan sekarang Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS). Maka kedepan kita akan merubah menjadi Koperasi Konsumen Syariah (KKS),” tandasnya.

Lanjutnya, KKS ini kedepan tidak hanya bergerak di simpan pinjam. Tapi banyak yang kita kembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

Kemudian Arif memberikan informasi. Bahwa BTM di tahun 2022 memperketat masalah sistem syariah. Jadi seluruh aktivitasnya harus sesuai dengan syariah. Karena mengingat pertanggungjawaban di akhirat. Jadi kalau kalian pinjam di BTM maka akan aman dan jauh dari perbuatan riba,” ujarnya.

“Kami mohon doa agar para karyawan kami bisa menjaga amanah, karena amanah ini sangat penting. Semoga dengan doa kalian semua, semua bisa amanah dan diberi kemudahan,” pungkasnya. (Alfain Jalaluddin Ramadlan/FRS)

Exit mobile version