Darul Arqam PWM – PWA Sumbar Role Model Perkaderan Ideal 

Darul Arqam PWM - PWA Sumbar Role Model Perkaderan Ideal 

PADANG, Suara Muhammadiyah – Jelang pengukuhan PWM Sumbar, PWM dan PWA Sumbar melalui MPK PWM Sumbar menggelar kegiatan Darul Arqam tingkat pimpinan wilayah pada tanggal 8-11 Februari 2023, di asrama haji embarkasi Padang.

Adapun tujuan perkaderan dalam Muhammadiyah adalah untuk membangun jiwa Islami dan melangsungkan tugas mulia Muhammadiyah dalam menegakan ajaran Islam demi terwujudnya masyarakat Islam yang sesungguhnya.

Darul Aqram kali ini dilaksanakan oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK) PWM Sumbar yang diikuti 18 PWM dan 7 PWA Sumbar di asrama Haji Embarkasi Padang dengan tema “Penguatan ideologi, organisasi dan kepemimpinan untuk Islam berkemajuan di Sumatera Barat”. MPK PWM Sumbar berkomitmen untuk senantiasa melakukan perkaderan bagi semua level.

Selama empat hari, peserta akan mengikuti kegiatan secara penuh yang terdiri dari diskusi, menerima materi yang disampaikan para narasumber, terdiri dari tuntunan ibadah menurut tarjih, manhaj tarjih Muhammadiyh, Fathul Qulub dan fiqhul ikhtilaf. Kegiatan ini berakhir pada hari Sabtu, 11 Februari 2023.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung perwakilan MPK PP Muhammadiyah Taufiqurrahman, Phd.

Setelah pembukaan secara resmi, Ketua MPK PWM Sumbar, Nasrul A menyerahkan peserta pada Master of Training, Drs. Adrian Muis, selanjutnya peserta akan mendapatkan pengarahan oleh pemateri, dimana materi yang akan diberikan berjumlah total hingga 21 sesi.

Dalam sambutannya, perwakilan MPK PP Muhammadiyah, Taufiqurrahman berpesan kepada seluruh peserta DA PWM/PWA Sumbar 2023 ini untuk dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti agenda DA agar nantinya menjadi pimpinan yang membumikan nilai-nilai kemuhammadiyahan amal ma’ruf nahi mungkar.

Darul Arqam ini sendiri adalah salah satu proses pengaderan di Muhammadiyah. Kegiatan ini menjadi role model pengkaderan mendekati ideal untuk dicontoh pimpinan, AUM dan ortom di semua level.

Sekretaris PWM Sumbar, Apris mengatakan Selain ajang silaturahim juga program straregis PWM Sumbar konsolidasi ideologi yng dimulai dari level pimpinan kemudian dilanjutkan di level yang lebih rendah pimpinan, AUM dan ortom. “Kita targetkan 1000 Darul Arqam di seluruh pimpinan, ortom dan AUM,” tuturnya.

Ia juga menekankan setelah Darul Arqam ini dilanjutkan dengan Rencana Tindak Lanjut pimpinan yang membidangi yang kemudian dituangkan dalam rencana kerja.

Ketua MPK PWM Sumbar, Nasrul A. Menyatakan bahwa Visi dari MPK adalah membentuk pimpinan muhammadiyah paripurna untuk membumikan Islam berkemajuan hingga pelosok Sumbar.

“Peserta Darul Arqom ini nantinya menjadi Trainer-trainer pengkaderan di tingkat daerah hingga level terendah, akan ada tindak lanjut dari kegiatan ini. Akan ada kegiatan lanjutan dari extrainer darul Arqam ini” ujarnya.

Ketua Panitia DA Ari Prima, mengatakan kegiatan ini dihadiri 18 PWM Sumbar dan 7 PWA Sumbar total 25, dimulai dari 8 hingga 11 Februari 2023.

Exit mobile version