Konsolidasi Organisasi, ‘Aisyiyah Lampung Resmi Gelar Musypimwil

Konsolidasi Organisasi, 'Aisyiyah Lampung Resmi Gelar Musypimwil

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah – Aisyiyah Provinsi Lampung gelar Musywil ke- 26 dengan mengusung tema “Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa”, salah satu rangkaian kegiatannya adalah Musypimwil yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 10 Februari 2023 di Pondok Pesantren Abudzar Al-Ghifari, Batanghari Kabupaten Lampung Timur.

Hadir pada acara ini Ketua PP Aisyiyah Dr,Rachimi Zam-zam,S.Psi,MH., Dra. Nurjanah Baharuddin – Ketua PWA Provinsi Lampung, Anggota Pleno dan utusan Badan Pembantu Pimpinan. Hadir juga Ketua Piimpinan Daerah Aisyiyah dan utusan daerah se Provinsi Lampung.

Acara pembukaan Musyawarah Pimpinan Wilayah di awali dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Dra. Nurhayati Wakhidah, M.Pd.I, menyampaikan selamat datang kepada para utusan dari Wilayah dan Daerah. Dalam sambutannya Nurhayati berpesan kepada Musyawirin agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan musypimwil dengan seksama, cermat, menebar senyum dan gembira agar suasana ukhuwah tetap terjaga. Ujarnya.

Sementara Pidato Iftitah disampaikan oleh Dra. Nurjannah Baharuddin selaku Ketua PWA Provinsi Lampung memberikan arahan kepada peserta bahwa Musypimwil merupakan Permusyawaratan tertinggi organisasi di tingkat Wilayah dibawah Musywil. Agenda utamanya adalah mengesahkan agenda Musywil dan pemilihan serta pengesahan calon tetap yang akan dipilih di ajang Musywil.

Selain itu Nurjannah menyampaikan Aisyiyah sebagai gerakan perempuan berkemajuan dituntut untuk terus melakukan usaha yang membawa perubahan ke arah pencerahan dalam segala aspek seperti spritual, moral, intelektual dan praksis sosial dalam rangka membawa islam rahmatan lil alamin menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks. Oleh karena itu Aisyiyah harus meningkatkan dinamika geraknya untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya menuju Indonesia yang bermartabat dan mandiri.

Sesi terahir sebagai amanah disampaikan oleh Ketua PP Aisyiyah Dr. Rohimi Zam Zam, S.Psi, SH, M.Pd menyampaikan bahwa pada moment Musypimwil ini perlu mendiskusikan bersama bagaimana agar keputusan Muktamar dapat terrealisasi sampai pada tingkat cabang dan ranting.

Salah satu keputusan Muktamar adalah Dokumen resmi sebagai produk organisasi yaitu Risalah Perempuan Berkemajuan harus disosialisasikan sampai ke ranting sesuai dengan pijakan dasar yang dimiliki Aisyiyah bahwa keislaman dan konteks kekinian yang relevan menghadapi dinamika kehidupan umat dan kemanusiaan semesta.

Aisyiyah harus memilik bargaining position dihadapan lembaga lain termasuk pemerintah sebagai konsekuensi logis menguatnya civil society. Melakukan advokasi terhadap kebijakan daerah dan mendorong perempuan untuk menjadi subyek dalam pembangunan bangsa.

Mengahiri amanahnya Rohimi menegaskan bahwa para utusan Aisyiyah hadir di Musyawarah Aisyiyah jangan hanya untuk mengikuti proses musyawarah akan tetapi juga sebagai refleksi bagaimana memantaskan diri untuk menjadi pengurus Aisyiyah agar terwujud tujuan dan cita-cita Aisyiyah.

Usai pembukaan dilanjutkan pengesahan Tata Tertib dan Pemilihan Calon Tetap PWA Provinsi Lampung untuk periode 2022-2027. (Susilo Aris Nugroho)

Exit mobile version