Semarak Musywil ke-9 Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Kalteng

Semarak Musywil ke-9 Muhammadiyah - 'Aisyiyah Kalteng

KATINGAN, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-9 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalimantan Tengah resmi dibuka Sabtu (10/2/2023).

Lokasi pembukaan Musywil dipusatkan di Gedung Salawah Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan. Warga dan simpatisan Muhammadiyah hadir, termasuk peserta Musywil ke-IX Muhammadiyah dan Aisyiyah, serta ratusan penggembira dari semua kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah.

Perhelatan pembukaan Muswil Muhammadiyah Dan Aisyiyah Kalteng resmi dibuka pukul 08.30 WIB yang diawali dengan pementasan kesenian tradisional tari budaya Kalimantan dan kontemporer seperti tari selendang, derap berkemajuan, zapin melayu, giring-giring, dan tari kreasi Pelajar dari sekolah sekolah Muhammadiyah tingkat TK sampai SMA.

Pembukaan Musywil ke-9 Muhammadiyah yang bertemakan “Memajukan Kalimantan Tengah Mencerahkan Indonesia” dan Musywil Aisyiyah dengan tema “Perempuan berkemajuan mencerahkan Kalimantan Tengah” dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Unsur Forkopimda Kalteng, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Selain itu, hadir juga Bupati Katingan Sakariyas dan Unsur Forkopimda Katingan, Ketua DPRD Kabupaten Katingan dan jajaran, para ketua organisasi Masyarakat dan Agama, dari unsur Pimpinan Pusat Muhammadiyah hadir Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Izzul Muslimin, Bendahara PP Muhammadiyah Marpuji Ali, Ketua 4 PP ‘Aisyiyah Latifah Iskandar, dari unsur Pengurus Muhammadiyah Kalteng, Ketua PW Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalteng , Penasehat PWM Ahmad Diran, serta seluruh jajaran pimpinan dan pengurus persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah dari tingkat Wilayah, daerah dan cabang.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah, Prof Dr. Ahmad Syar’i , M.Pd menyampaikan bahwa  Musywil ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan  November tahun 2020, tetapi karena Indonesia dilanda pandemi covid, dan sesuai keputusan hasil tanwir PP Muhammadiyah menunda pelaksanaan sampai covid melandai, dan tiga bulan setelah Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah bulan November tahun 2022 di Solo, barulah  digelar Musywil yang saat ini kita sedang kita laksanakan.

Musywil ini adalah bukti bahwa Muhammadiyah itu dinamis, dan Musywil ini juga sebagai evaluasi perjalanan 7 tahun yang lalu.

“Disini kita akan membahas isu-isu  perkembangan yang ada di Kalimantan Tengah. Selaras dengan tema Musywil ke-9 Muhammmadiyah dan Aisyiyah , Ini adalah sebuah tekad yang akan terus dilakukan oleh Pimpinan Wilayah kedepan bersama pemerintah menciptakan Kalimantan Tengah yang maju, nyaman, aman, dan tidak kalah pentingnya Muhammadiyah terus melanjutkan misi dakwah mewujudkan masyarakat islam yang konsisten dengan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan , kebangsaan dan keumatan” ujar Syar’i.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo berharap musyawarah ini akan melahirkan gagasan-gagasan yang memberikan kemajuan bagi organisasi Muhammadiyah dan daerah.
“Mampu memberikan kemajuan bagi pembangunan daerah dan masyarakat Kalimantan Tengah serta bangsa Indonesia,”katanya.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kalteng dalam memajukan pembangunan daerah, meningkatkan kualitas SDM dan layanan kesehatan, serta membantu mengatasi berbagai persoalan masyarakat.

“Sinergi Muhammadiyah pun terus diharapkan dalam mendukung pembangunan daerah, bangsa, dan negara, Konsisten mengemban misi dakwah Islam dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, menuju Islam yang berkemajuan dan penuh toleransi, serta menjaga persaudaraan, persatuan, dan perdamaian,” harapnya.

Musywil ke-9 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalteng ini berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu hingga Ahad (12/02), dengan agenda utama adalah pemilihan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah.

Pemilihan Musywil

Prof. Dr. H. Ahmad Syar’i , M.Pd terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah periode 2022-2027.

Ahmad Syar’i Ketua PWM periode sebelumnya terpilih kembali secara aklamasi dalam rapat pleno tertutup yang dilakukan 13 anggota PWM Kalteng periode 2022-2027 pada Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah ke-9 , di gedung Salawah Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah Sabtu (10/2/2023) malam.

Dalam pidato pertama setelah terpilih sebagai ketua PWM Kalteng, Ahmad Syar’i mengucapkan terima kasih kepada teman-teman anggota yang telah memberikan kepercayaan kembali kepada untuk menjadi ketua PWM.

“Saya Juga mengapresiasi teman saya Muhammad Zuhri yang selama ini juga mendampingi saya sebagai sekretaris, walaupun suara terbanyak tetapi pak Zuhri tidak bersedia dipilih jadi ketua”ujarnya

Syar’i menyampaikan bahwa amanah yang dipegang di Muhammadiyah itu , tidak ada istilah meminta jabatan, tetapi jika kita diberi kepercayaan dan bersedia, harus dijalankan amanah tersebut.

“Dan di sisa waktu saya yang masih ada ini , saya berusaha semaksimal mungkin untuk menggerakkan syiar dan dakwah Muhammadiyah di Kalimantan Tengah ini , dan tentunya atas dukungan dari semua teman teman baik di wilayah dan daerah-daerah, mudah-mudahan perjalanan kita menggerakkan dakwah amar ma-ruf nahi munkar diridhoi Allah Subhanallahu wata’ala ” harapnya.

Dari hasil pemilihan muswil dengan e-voting ini ada 4 orang yang baru masuk di jajaran Pengurus PWM Kalteng yaitu : Dr. Saijo, SP, Dr.dr Suyuti Samsul, MPPM, Ir. Fahrizal Fitri, M.Si, dan Drs.Mulyono, M.Pd yang selama ini juga aktif di Majelis dan Lembaga Muhammadiyah Kalimantan Tengah.

Berikut 13 nama anggota yang terpilih dalam pemilihan E-Voting Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng :

1. M.Zuhri, H. S. Hi, M.Pd. – 158 suara
2.Ahmad Syar’i , Prof. M.pd – 153 suara
3.Bulkani , Dr. H. M.Pd – 152 suara
4.Muchtar, Drs H. M.Si.- 151 suara
5.Muhammad Yusuf Dr. H. S.Sos, M.A.P – 122 suara
6.Suyuti Syamsul, Dr, dr. H. MPPM – 119 suara
7.Abdul Qodir , Prof Dr. H. M.Pd – 116 suara
8.Fahrizal Fitri, H. Ir.M.Si – 116 suara
9.Saijo, Dr M.Si, SP – 115 suara
10.Daryana, H. SE – 113 suara
11.Mulyono, Drs. M.Pd.- 107 suara
12.Mazrur, Dr. H. M.Pd.- 104 suara
13.Abu bakar HM, Dr. M. Ag – 101 suara

(Bonni)

Exit mobile version