Kemeriahan Porseni SD/MI Muhammadiyah Brondong

Kemeriahan Porseni SD/MI Muhammadiyah Brondong

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Tidak kurang dari 400 peserta terdiri dari 17 SD / MI Muhammadiyah se-Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan turut meriahkan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) 2023. Perlombaan dilaksakan dalam waktu satu hari, tepatnya pada Ahad (19/2/2023).

Kompetensi dengan tema kegiatan “Menjunjung Tinggi Sportifitas, Menuju Siswa Mandiri Berprestasi”ini merupakan agenda dua tahun sekali yang diadakan oleh Majelis Dikdasmen, Kecamatan Brondong. Untuk tahun ini, MI Muhammadiyah 9 Labuhan menjadi tuan rumahnya.

Ketua PCM Brondong Drs. Mat Iskan dalam sambutannya menyampaikan bahwa momentum Porsenimu agar dimanfaatkan untuk membangun kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar lembaga Muhammadiyah. Guru, karyawan lembaga pendidikan Muhammadiyah agar menerapkan nilai-nilai keislaman pada peserta didik, sehingga nantinya diharapkan menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah

Lanjutnya, terkait dengan pengelola lembaga Muhammadiyah hendaknya meningkatkan 4 kompetensi yang diprogramkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan RI. Salah satunya ialah kompetensi survey.

Mat Iskan juga menambahkan, saatnya tidak membangun kesakralan dalam tubuh Persyarikatan Muhammadiyah termasuk di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

Dengan jumlah peserta yang melebihi 400, Mat Iksan mengatakan, adalah potensi besar untuk kemajuan pendidikan di Lamongan yang merupakan basis Muhammadiyah Jawa Timur itu.

Ia menegaskan, Porseni ini diadakan oleh Majelis Dikdasmen sebagai wujud dari kebersamaan bukan jadi penyebab perpecahan. Sementara itu, Hadi Mulyono selaku kepala MIM 9 Labuhan dan juga tuan rumah mengatakan, ada 12 cabang lomba yang dipertandingkan dalam ajang ini, antara lain, Tahfid, MTQ, Puisi, Pidato bahasa Inggris, Arab dan Indonesia, Lompat jauh, Tenis Meja, Tolak peluru, lari 80 meter putra dan 60 meter putri, Kaligrafi, dan Catur.

Tujuan dari Porseni ini kata Hadi, untuk menggali bakat dari siswa-siswi SD maupun MI Muhammadiyah Se-Kecamatan Brondong. “Kami berharap dengan adanya Porseni ini SD dan MI Muhammadiyah kecamatan Brondong selalu ada kebersamaan,” harapnya.

“Kepada para peserta, selamat bertanding, Menang kalah itu biasa dalam berkompetisi. Junjung tinggi sportivitas,” tutupnya.

Dari hasil semua pertandingan, MI Muhammadiyah Ngesong berhasil meraih juara umum dengan perolehan piala terbanyak.

Ada 12 lomba yang diperlombakan dalam porsenimu tahun ini, yakni: MTQ, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Kalighrafi, Tahfidz, Puisi, Lari, Lompat Jauh, Tolak Peluru, Tenis Meja dan Catur.

Kegiatan Porsenimu 2023 ini diharapkan dapat dijadikan ajang untuk mengembangkan potensi peserta didik pada bidang olahraga dan seni sebagai instrumen untuk mengukur kompetensi siswa dan mutu madrasah.

Acara pembukaan porsenimu Majelis Dikdasmen PCM Brondong sebelum dimulai terlebih dahulu diisi dengan acara tari black pink dan pok amai-amai oleh siswa-siswi MI Muhammadiyah 09 Labuhan kelas 1 dan 2.

Hadi Mulyono, S.Pd.I,MA kepala MI Muhammadiyah 09 Labuhan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang untuk semuanya di MI Muhammadiyah 09 Labuhan.Kemudian menyampaian permintaan maaf bila terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan kepada semua pihak sebagai tuan rumah

Ma’in, S.HI selaku ketua panitia lokal porsenimu 2023 butuh waktu kurang lebih 1 bulan untuk mempersiapkan semuanya mulai dari administratif dan persiapan fisik area lomba ditambah koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Semuanya dilakukan semua jajaran kepanitiaan agar tidak mengecewakan sebagai tuan rumah.

Drs. Nasikin mewakili Majelis Dikdasmen PCM Brondong memberikan sambutan, pertama, Mengingkatkan visi misi KH. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah. Kedua, Pentingnya lembaga Muhammadiyah untuk mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa. Selanjutnya ketiga, berharap agar lembaga Muhammadiyah terus berpacu untuk lebih baik dan lebih maju lagi.

Turut hadir jajaran PCM Brondong dalam acara pembukaan Porsenimu Majelis Dikdasmen PCM Brondong Drs. H. Chojin, M.Pd, Drs. Nasikin, Drs. Muslimin dan Ahmad Mubin, S.Pd.I serta perwakilan PRM Labuhan yakni Nursahid, M.Pd.

Sementara itu, Murniasih, S.Pd.I Kepala MI Muhammadiyah 15 Sidomukti yang mengikutkan peserta didiknya dalam ajang Porsenimu 2023 ini berharap, agar Porsenimu ini sebagai ajang latihan. Menyiapkan kompotensi dan mental siswa untuk menghadapi porseni kemenag di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Untuk mengikuti Porsenimu ini kami membina, membimbing dan melatih siswa-siswi mengikuti acara tersebut dengan waktu tidak sampai sebulan,” pungkasnya (Iwan/Ma’in/FRS).

Exit mobile version