Outbound Class Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya, Belajar Sambil Tadabbur Alam

Outbound Class Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya, Belajar Sambil Tadabbur Alam

MOJOKERTO, Suara Muhammadiyah – Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya melaksanakan Outbound Class dalam rangka pengamalan bintang karakter 1 dan 4. Kegiatan diikuti oleh kelas 4 sebanyak 75 siswa dan dilaksanakan di Edupark Elkisi Trawas Kabupaten Mojokerto, hari Rabu-Kamis (22-23 Februari 2023).

Mengambil tema “Developing Student’s Character by Exploring Nature” dengan harapan anak-anak mempunyai karakter Cinta Allah dan Segenap CiptaanNya, dan Karakter Jujur, Amanah dan Bijaksana dalam kehidupan.

Ustadzah Neneng Sulian, S.Pd.I selaku koordinator acara menyampaikan kegiatan Outbound Class yang diikuti kelas 4 (Kreatif, Percaya Diri, Tangguh) sebanyak 75 siswa. Mengambil tema “Developing Student’s Character by Exploring Nature” dengan harapan, anak-anak bisa mengamalkan bintang karakter 1 dan 4.

Belajar sambil mentadabburi kebesaran dan kekuasaan Allah SWT melalui segenap ciptaanNya, dengan keindahan pegunungan, sejuk dan segarnya udara, hijaunya tanaman dll. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

“Mulai dari motivasi dari Ustadz Munahar, M.Pd.I, mind mapping, tertib sholat 5 waktu, qiyamul lail, motivasi pagi dari Ustadz Salman tentang peristiwa Isra’ Mi’raj, dzikir pagi, senam pagi dan outbound menyatu dengan alam,” terang ustadzah Neneng yang juga Kaur Ismuba Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya.

Dilokasi yang sama, ustadz Choirul Warizin selaku koordinator Edupark Elkisi menyampaikan “perkenalkan nama Saya Choirul Warizin, yang sering dipanggil Ustadz KW, baik di Pondok Pesantren Elkisi maupun di Majelis Tabligh PWM Jawa Timur”.

“Kami ucapkan selamat datang di Edupark Elkisi, selamat belajar di Laboratorium Entrepreneur dan Leadership yang menyatu dengan alam. Disini ada Campaign Ground, ada banyak tananam di kebun alami, jadi sambil belajar secara alami, menyatu dengan alam,” paparnya.

“Sesuai dengan tema kali ini yaitu Developing Student’s Character by Exploring Nature ” dan sesuai juga dengan Jargon Pondok Pesantren Elkisi “Tambah Ilmu Tambah Iman,” imbuhnya.

Sementara itu, ustadz Syamsul Arifin selaku perwakilan dari Pimpinan Pondok Pesantren Elkisi menyampaikan Edupark Elkisi merupakan bagian dari Islamic Center Elkisi, yang dirancang sebagai salah satu sarana untuk membantu pembelajaran santri, baik santri Elkisi maupun pihak lain yang ingin mencari pengalaman belajar.

“Edupark sebagai laboratorium pembelajaran yang menggabungkan ilmu agama dan pengetahuan umum (sains). Masih ada beberapa fasilitas yang terus dikembangkan oleh Islamic Center Elkisi, ada kolam renang, ada juga lapangan sepak bola dan lain sebagainya”, pungkasnya.

“Kami berharap dari pengalaman pertama disini, kalian bisa bercerita kepada orangtua tentang menariknya belajar di Edupark Elkisi, ke depan bisa mondok sambil belajar dengan merenungkan kebesaran Allah SWT dengan keindahan alam ciptaanNya”, tutupnya. (Yuda Panuluh)

Exit mobile version