Dakwah Melalui Pelatihan Servis Motor

Servis Motor

Pelatihan Servis Motor Foto Istimewa

Dakwah Melalui Pelatihan Servis Motor

Oleh: Tito Yuwono

Pemuda Muhammadiyah

Pemuda pencerah

Dakwah dengan hikmah

Untuk perbaikan ummah

 

Semakin ke sini, banyak tantangan

Kreatifitas dakwah diperlukan

Beragam program dilakukan

Untuk pemuda agamis dan berkemajuan

Alhamdulillah, patut disyukuri bahwa Muhammadiyah mempunyai banyak ortom dengan beragam program dan aktivitasnya. Sehingga dalam gerakan dakwahnya menyeluruh ke semua golongan masyarakat. Disamping itu problem dalam masyarakat juga bervariasi dan diberbagai macam bidang. Masalah aqidah, akhlak, ekonomi, sosial dan sebagainya. Dengan dukungan berbagai ortom di Organisasi Muhammadiyah, maka program dan kegiatan yang dilakukan bisa mencakup semua lapisan masyarakat.

Ibu-ibu Aisyiah fokus pada pemberdayaan perempuan untuk pencerahan ummat dan anak-anak diberbagai bidang. Para pemuda dan remaja, baik laki-laki dan perempuan ditangani oleh Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah, serta kesiap siagaan ditangani oleh KOKAM. Semuanya bergerak dari pusat hingga ranting. Sehingga menyentuh semua lapisan masyarakat.

Inovasi dalam pendekatan dakwah juga diperlukan untuk mewujudkan masyarakat menjadi lebih baik. Terkadang dakwah tidak harus dilakukan dengan pengajian atau ceramah, namun bisa didekati dengan cara yang lain, misalkan yang suka touring maka dakwah bisa sambal touring bersama. Dalam aktivitas touring diingatkan tentang keagungan Allah Ta’ala. Allah Ta’ala yang menciptakan alam semesta ini yang penuh keindahan. Membiasakan sholat jamaah bersama tim tourinh, serta ditengah-tengah acara ada kajian siraman rohani bagi peserta touring.

Kemudian juga dakwah dapat melalui olahraga untuk para pemuda. Sambil berolahraga diberikan pesan-pesan dakwah berisi nilai-nilai islami. Seperti menjaga shalat, menutup aurat, ngaji bersama, dan lain-lain. Juga olah raga beladiri sangat diperlukan untuk kesehatan dan sangat baik untuk partisipasi menjaga keamanan ummat.

Pada hari ini, ahad 26 Februari 2023, PCPM Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta juga melakukan dakwah yang mungkin jarang dilakukan oleh yang lain. Yaitu pelatihan servis ringan motor untuk pemuda yang bertempat di joglo dakwahmu Al-masykuri Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan dengan kerja sama antara PCPM Ngaglik dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dalam program ini, selain pelatihan servis ringan motor juga ada kajian untuk pemuda. Di antara pematerinya adalah: Ir. Rinahasa Agistya Anugrah, S.Pd, M.Eng, Dr. Ferriawan Yudhanto, ST, M.T.dan Ustadz Fahmi Irfaudin, Lc, MA.

Pelatihan servis motor ini sangat bermanfaat untuk meningkat skill para pemuda khususnya permasalahan otomotif motor dan juga membuka peluang untuk kemandirian pemuda. Yaitu dengan membuka kedai servis ringan motor. Walaupun harus perlu magang dulu untuk beberapa bulan untuk bisa mandiri membuka kedai servis. Juga dalam pelatihan itu ada kajian untuk pemuda yang mengisi adalah ustadz Fahmi Irfaudin, Lc, MA. Ini merupakan model dakwah yang sangat baik apalagi diteruskan sampai betul-betul membuka bengkel. Untuk keberlanjutan, ada ide dari seorang kawan untuk membuka bengkelMu, sebagai wadah para pemuda untuk mandiri. Sehingga hasil pelatihan tidak berhenti sampai mengerti namun juga dipraktikkan untuk menunjang kemandirian.

Alhamdulillah, Pemuda Muhammadiyah Cabang Ngaglik dengan ketua Mas Maman Sulaeman dalam berdakwah dan mencerahkan ummat sangat kreatif. Sebelum pelatihan bengkel motor, PCPM Ngaglik menyelenggarakan pelatihan servis lampu yang telah mati/rusak, pelatihan bisnis online/digital, pelatihan wirusaha ternak madu serta pelatihan pengurusan jemazah yang terkena covid untuk para pemuda. Di samping itu, PCPM bersama KOKAM Ngaglik juga mengadakan pelatihan olah raga panahan dan lempar pisau secara rutin.

Sampai menyelenggarakan perlombaan lempar pisau secara nasional yang dinamakan gladden ageng limpar pisau.  Juga Alhamdulillah dengan semangat yang tinggi PCPM dan Kokam juga telah melakukan pengadaan AmbulanMu untuk membantu masyarakat umum. Untuk kajian keislaman, PCPM mengadakan pengajian rutin tarjih ibadah dengan pemateri adalah dosen PUTM. Kajian ini bertujuan membekali para pemuda dan memberikan semangat untuk mengkaji amal ibadah praktis sampai dengan dalil-dalil dari Al-quran dan Assunnah.

Demikian tulisan ringan berkaitan dengan dakwah melalui pelatihan servis motor, dengan harapan kawan-kawan Pemuda Muhammadiyah semakin semangat dan menjadi model bagi Pemuda Muhammadiyah di tempat lain. Dakwah dengan hikmah diberbagai bidang, baik memperkuat aqidah, ibadah, dan akhlak, juga meningkatkan kemandirian pemuda.

Wallahu a’lamu bishshowab. Nashrun minallahi wa fathun qarib.

Tito Yuwono, Dosen Jurusan Teknik Elektro-Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Sekretaris Majelis Dikdasmen PCM Ngaglik, Sleman, Ketua Joglo DakwahMu Almasykuri Yogyakarta

 

Exit mobile version