Hari Peduli Sampah Nasional, Pungut Sampah Dapat Hadiah

Hari Peduli Sampah Nasional, Pungut Sampah Dapat Hadiah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 LLHPB PDA Kebumen menggandeng Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan (DLHKP) kabupaten Kebumen, Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) Fakultas Teknik Industri dan Forum Komunikasi Pengelola TPS 3R dan Bank Sampah Kab. Kebumen menggelar aksi pungut sampah sambil joging.

Sampah yang telah dikumpulkan dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik seperti bibit pohon, tumbler, ikan hias, dan pupuk organik cair. Kegiatan dilaksanakan di Alun – alun Kebumen pada hari Ahad 28 Februari 2023.

Seperti disampaikan oleh Ketua LLHPB PDA Kebumen Widiyastuti, ST. MT “bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kepada warga masyarakat tentang pentingnya pilah sampah khususnya dalam limbah rumah tangga.

Diharapkan kedepannya masyarakat mampu menerapkan pilah sampah sehingga sampah-sampah yang dapat di daur ulang dapat ditukarkan dengan pundi rupiah di TPS atau Bank Sampah di sekitar wilayahnya dan meminimalisir sampah rumah tangga dan juga dapat menerapkan prinsip reuse, reduce, recycle harus mulai diterapkan dari rumah dan diperkenalkan sejak dini. Bijak mengelola sampah merupakan langkah nyata menyelamatkan bumi.

Harapan senada juga disampaikan oleh Sekretaris DLHKP Bpk. Teguh Kristiyanto, S.E., M.T dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan pungut sampah berjalan dengan lancar dan sukses yang artinya kita bisa mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah, menukar sampah menjadi bibit pohon, benih ikan, pupuk, tumbler. “Terimakasih atas penyelenggaraan kegiatan ini semoga bisa terselenggara lagi di tahun – tahun berikutnya,” ungkapnya.

Selain aksi pungut sampah dan tukar sampah juga dibuka stand miniexpo oleh pengelola bank sampah dari berbagai wilayah di kabupaten Kebumen. Harapannya masyarakat kabupaten Kebumen mampu mengelola sampahnya dengan baik tidak hanya sekedar dibuang tetapi dapat menghasilkan nilai ekonomi lebih. (Riz)

Exit mobile version