LPPM UAD dan DLH Gelar Literasi Sekolah Berbasis Lingkungan

LPPM UAD dan DLH Gelar Literasi Sekolah Berbasis Lingkungan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul mengadakan berbagai rangkaian kegiatan bersama untuk mendukung Gerakan Bantul Bersih sampah 2025 salah satunya mengadakan kegiatan literasi sekolah berbasis lingkungan dengan sosialisasi pemilahan sampah dan pelatihan penulisan literasi berbasis lingkungan di SD Manding Tengah. 

Kolaborasi yang telah dilakukan bersama antara lain dengan menerjunkan mahasiswa KKN yaitu KKN UAD Unit VIII C.1 yang dikoordinatori oleh Agung Prabawa dan Tsalitsa bersama Dosen Pembimbing Lapangan Dedi Wijayanti untuk melaksanakan pelatihan pemilahan sampah dan pelatihan penulisan puisi di kelas V dan VI SD Manding Tengah, Jumat-Sabtu (24-25/02).

Kepala Sekolah SD Manding Tengah, Sri Haryati, M.Pd., mengapresiasi kegiatan PKM dosen dan mahasiswa tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi siswa dan sekolahnya karena pengetahuan dan keterampilan para siswa menjadi bertambah. Luaran dari kegiatan yang dilaksanakan oleh KKN UAD di Dusun Manding ini adalah tersusunnya dua buah buku antologi puisi berbasis lingkungan dengan judul “Bersihnya Sekitarku, Bahagianya Hidupku”; “Bersih Lingkunganku, Hijau Alamku”. 

Rudy Suharta, M.M., Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul mengatakan dalam sambutannya di dalam luaran buku tersebut bahwa kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab semua warga sekolah, baik guru ataupun siswa. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa dengan lingkungan yang bersih dan pemilahan serta pengelolaan sampah yang benar, akan menghindarkan dari berkembangnya bibit penyakit. Buku luaran pelatihan tersebut dinilai bagus dan layak dibacakan kepada anak didik untuk membangun kesadaran lingkungan sejak usia dini. 

Tim PKM dari LPPM UAD kali ini tidak lupa memberikan hardcopy dari 5 buku luaran yang telah dihasilkan dari hasil pelatihan yang sudah diselenggarakan tersebut kepada para mitra. “LPPM UAD senantiasa komitmen untuk menerjunkan dosen dan mahasiswanya dalam mensukseskan Gerakan Bantul Bersama,” tandas  Dedi. (Dw)

Exit mobile version