SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo Kembangkan Training Center

Gandeng Balai Latihan Kerja Tingkatkan Kompetensi Teknik

SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo Kembangkan Training Center

SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo Kembangkan Training Center

LAMTENG, Suara Muhammadiyah – SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo gandeng Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) M Darwis Lampung Tengah kembangkan training center untuk meningkatkan kompetensi bidang Teknik Las Industri bagi tenaga pendidik dan peserta didik.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kepala Balai, Rizal Nur Safii dan Kepala Sekolah, Tulus yang digelar di SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo, Lampung Tengah, Senin (6/3/2023).

“Harapan dari Kepala SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo sesuai dengan fungsi Balai Latihan Kerja. Kami berharap Training Center yang dicetuskan dari kerjasama ini dapat mengakselerasi peningkatan kompetensi SDM dalam menghadapi pasar kerja,” kata Rizal Nur Safii, Kepala BLKK M Darwis melalui keterangan tertulis.

Kemudian, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo menjelaskan bahwa Kerjasama ini ditempuh sesuai dengan kebijakan pemerintah mendorong kolaborasi antara pendidikan vokasi dengan dunia industri dan dunia kerja (DUDI).

“Bekal yang kami berikan kepada peserta didik kami melalui pendidikan vokasi menjadi nilai tambah bagi dunia industri, karena kompetensi yang semakin sesuai dengan tuntutan dunia kerja,” jelas Tulus, Kepala SMK Pusat Keunggulan itu.

Pihaknya juga memaparkan bahwa ruang lingkup nota kesepahaman yang di teken bersama BLKK M Darwis mencakup penyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi Peserta Didik SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia bagi kedua belah pihak.

“Kegiatan Produksi barang dan jasa, Praktik Kerja Industri dan Kesepakatan bersama lainnya,” lanjut Tulus.

Untuk diketahui, SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo merupakan sekolah dengan bidang keahlian teknologi dan rekayasa di Lampung Tengah berdiri sejak 1991. Memiliki program keahilan Teknik Pemesinan, Teknik Bisnis dan Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan dan Tenik Komputer dan Jaringan.

Sedangkan BLKK M Darwis merupakan Balai Pelatihan binaan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. BLK dibawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalirejo ini memiliki program pelatihan Kejuruan Teknik Las yang telah diterbitkan izin operasional oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah pada 2021. (Rizal)

Exit mobile version