Giatkan Wirausaha, PDPM Medan Buka Peluang Budidaya Jamur Tiram

Giatkan Wirausaha, PDPM Medan Buka Peluang Budidaya Jamur Tiram

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota (PDPM Medan) menggelar pelatihan budidaya jamur tiram dengan menggunakan media baglog. Pelatihan yang berlangsung di rumah jamur di Jalan Jermal, kecamatan Medan Denai diikuti 25 peserta dari  unsur PDPM dan PCPM se-Kota Medan, berlangsung Sabtu (11/3).

Jenis jamur yang dibudiayakan adalah jenis jamur tiram yang memiliki pasar cukup menggembirakan sehinngga usaha ini sangat potensial untuk dikembangkan.

Ketua PDPM Kota Medan Muhammad Irsyad pada pembukaan pelatihan budidaya jamur itu mengatakan, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Pertanian dan Lingkungan Hidup. Sesungguhnya program PDPM Kota Medan tidak hanya fokus pada bidang dakwah, tapi banyak bidang lain diantaranya adalah kewirausahaan. Kita berharap kader Pemuda Muhammadiyah dapat menjadi entreprenur muda yang mampu mewarnai sektor ekonomi.

Muhammad Irsyad menjelaskan  kenapa pilihan dilakukan untuk jamur tiram karena alasan potensi ekonominya besar selain pasarnya masih  terbuka. Bila nantinya adalah kader Pemuda Muhammadiyah yang berminat untuk mengembangkan, PDPM Medan akan melalkukan pengawalan mulai dari pinjaman modal usaha sampai pemasarannya.

*Supply Jamur Kota Medan Masih Kurang*

Ketua Panitia yang juga Ketua Bidang Pertanian dan Lingkungan Hidup, Hardianto menjelaskan, pihaknya tertarik menyelenggarakan pelatihan budidaya jamur tiram karena pasarnya sangat terbuka. Dari data yang ada, Kota Medan setiap harinya membutuhkan 2 sampai 3 ton Jamur, sedangkan pasokan yang siap baru 1 ton/harinya. Artinya budidaya jamur ini sangat prospektif.

Pelatihan budidaya jamur tiram yang berlangsung satu hari itu menjelasakan secara konsep bagaimana melakukan pembudidayaan, bagaimana kumbuh ( rumah jamur) dibangun, kemudian bagaimana menyiapkan baglognya sampai bagaimana menlakukan penyemaian dan suhu udara yang dibutuhkan agar jamur dapat berkembang dengan baik.

Pelatihan budidaya Jamur Tiram dipandu langsung oleh kader Pemuda Muhammadiyah yang juga dosen Fakultas Pertanian UMSU Muhammad Al-Qomari MP yang sudah dikenal sebagai spesialis pengembang jamur di Kota Medan.

Ketua PDPM Kota Medan, Muhammad Irsyad menyerahkan apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada Muhammad AL-Qomari yang telah memasilitasi  pelatihan budidaya Jamur Tiram Pemuda Muhammadiyah itu. (masnal/syaifulh/riz)

Exit mobile version