Pengabdian Kolaboratif Masyarakat: Pelatihan Jurnalistik dan ‘Digital Branding’

Dosen UMY Adakan Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Wirokerten

Pengabdian Kolaboratif Masyarakat: Pelatihan Jurnalistik dan 'Digital Branding'

YOGYAKARTA, Suara MuhammadiyahPengabdian Masyarakat Kolaboratif (PKM) merupakan hibah program pengabdian dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). PKM ini diketuai oleh Prof. Dyah Mutiarin, S.IP., M.Si. selaku dosen Ilmu Pemerintahan UMY yang mengambil tema tentang Community Based Tourism: Peningkatan Kapasitas Kelompok Sadar Wisata Wira Jaya Berbasis Potensi Kalurahan Wirokerten.

Prof. Dyah Mutiarin, S.IP., M.Si. bersama tim pengabdian skema Pengabdian Kolaboratif Masyarakat (PKM) mengadakan pelatihan jurnalistik dan digital branding guna meningkatkan kapasitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wira Jaya Kalurahan Wirokerten pada hari Sabtu (11/03). Pelatihan jurnalistik dan digital branding ini dilaksanakan di Kolam Pendopo Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari Pamong Kalurahan Wirokerten, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Kalurahan Wirokerten, Karang Taruna, dan Pokdarwis Wira Jaya Kalurahan Wirokerten.

Pelatihan jurnalistik dan digital branding ini mengambil tema “Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Berbasis Potensi Lokal Kalurahan Wirokerten” dengan narasumber Dr. Fajar Junaedi, S.Sos, M.Si. selaku dosen ilmu komunikasi UMY sekaligus praktisi dalam jurnalistik dan digital branding. Fajar Junaedi memaparkan bahwa jurnalistik ini penting digunakan untuk mendongkrak branding dari embrio destinasi wisata khususnya Pasar Blumbang. “Ilmu jurnalistik ini mempengaruhi promosi dari konsep wisata yang sedang berjalan empat bulan ini. Pengurus Kelompok Sadar Wisata dan Karang Taruna Kalurahan Wirokerten harus bersinergi untuk mengunggah maupun menyebarkan berita terkait Pasar Blumbang agar trending dan dikenal masyarakat luas,” lanjutnya.

Prof. Dyah Mutiarin yang juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Riset dan Inovasi UMY menyampaikan, “Peningkatan kapasitas berupa pelatihan jurnalistik dan digital branding ini penting diadakan mengingat kendala dari Kalurahan Wirokerten berada di sektor promosi dan branding Pasar Blumbang. Pelatihan ini memberikan manfaat kepada peserta dalam memahami ilmu jurnalistik yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kegiatan ini pun dikemas melalui teori dan praktik sehingga peserta lebih mudah memahami materi sesuai yang dipaparkan oleh penulis buku yang berjudul Jurnalisme Penyiaran dan Reportse televisi (Fajar Junaedi) tersebut,” tuturnya.

Kegiatan ini disambut dengan baik oleh Widayanto selaku Ulu-Ulu Kalurahan Wirokerten yang mengucapkan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) karena telah difasilitasi dalam pelatihan jurnalistik dan digital branding ini. Widayanto mengatakan, “Dari pelatihan ini terlihat peserta memahami dasar kepenulisan jurnalistik yang dibuktikan dengan beberapa peserta telah berhasil mengunggah berita di salah satu platform berita online ini. Kami (Kalurahan Wirokerten) mengucapkan banyak terima kasih karena telah diberikan fasilitas untuk belajar tentang jurnalistik dan branding ini. Semoga melalui kegiatan ini, Kalurahan Wirokerten dapat meningkatkan promosi kunjungan wisatawan di Pasar Blumbang,” sambung Widayanto yang mewakili Lurah Wirokerten tersebut.

Sakir Ridho Wijaya selaku Direktur IGOV UMY sekaligus anggota tim pengabdian skema PKM menambahkan, “Peningkatan kapasitas ini tidak akan berhenti di sini saja, tetapi  akan ada tindak lanjut sebagai bentuk komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mendamping Kalurahan Wirokerten selama dua tahun ke depan,” tambahnya. (Rivaldi)

Exit mobile version