Rintisan Klinik Sunan Giri PKU Muhammadiyah Pucuk

Rintisan Klinik Sunan Giri PKU Muhammadiyah Pucuk

PKU Muhammadiyah Pucuk, Rintisan Klinik Sunan Giri PKU Muhammadiyah Pucuk

Oleh: Fathurrahim Syuhadi

Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan merupakan dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 10 meter di atas permukaan laut, terletak pada posisi 7° 16′ 27” Lintang Selatan dan 112° 8’ 20” Bujur Timur. Luas Kecamatan Pucuk adalah 54,83 km2.

Batas Wilayah Kecamatan Pucuk meliputi bagian utara berbatasan dengan Kecamatan Sekaran, bagian timur berbatasan dengan Kecamatan Sukodadi, bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Sugio dan bagian barat berbatasan dengan Kecamatan Babat.

Kecamatan Pucuk terdiri dari 17 Desa, 34 Dusun, 78 Rukun Warga (RW) dan 274 Rukun Tetangga (RT). Ada 17 Desa di Kecamatan Pucuk sebagai berikut Babatkumpul, Bogoharjo, Cungkup, Gempolpading, Karangtinggil, Kedali, Kesambi, Ngambeg, Padenganploso, Paji, Plososetro, Pucuk, Sumberjo, Tanggungan, Wanar, Warukulon, dan Waruwetan.

Muhammadiyah Pucuk Resmi Berdiri

Perintisan dan perkembangan Muhammadiyah Pucuk tidak terlepas dari keberadaan Muhammadiyah Sukodadi. Berdirinya Cabang Muhammadiyah Pucuk merupakan pemekaran dari Cabang Muhammadiyah Sukodadi. Hal ini seiring dengan perluasan kewilayahan Kecamatan Sukodadi dan Pucuk.

Cabang Muhammadiyah Pucuk berdiri didasarkan pada Surat Keputusan Nomor 007/SK.C/1.b/1997 yang ditetapkan di Surabaya oleh PWM atas Nama PP Muhammadiyah dengan ketua ust. KH Abd. Rahim Nur, MA NBM 568.926 dan Sekertaris Drs H. Nur Cholis Huda NBM 484.063 pada tanggal 12 Dzul Qo’dah 1417 H bertepatan 21 Maret 1997 M.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pucuk membawahi 17 Ranting meliputi Ranting Muhammadiyah Pucuk, Kesambi, Warukulon, Paji, Ploso Setro, Padengan Ploso, Cungkup, Bakung, Ngambeg, Tanggungan, Sumberjo, Tulung, Wanar, Gempol Pading, Badu, Gempol Madu dan Waruwetan

Secara berurutan Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pucuk dari periode awal sampai saat ini sebagai berikut Drs H Mufid sebagai ketua Periode 1995-2000 dan 2000-2005. Pada periode kedua Drs H Mufid di tengah perjalanan udzur sehingga digantikan Drs Abdul Mu’in. Periode 2005-2010 Drs H Mustaqim sebagai Ketua. Periode 2010-2015 Ketua Drs H Mustaqim M.Ag, Periode 2015-2022 sebagai Ketua Sanusi SPd.

Penyebaran Muhammadiyah di Cabang Pucuk

Pada tahun 1957-1963 Wilayah Kecamatan Sukodadi kedatangan guru- guru dari Solo yaitu Kiai M.Bisri Mustofa (di Desa Padengan Ploso) A. Maksoem (di desa Pucuk), Kiai Mohammad Bisri (di desa Wanar) ketiga tokoh inilah yang kemudian mengembangkan faham Muhammadiyah di wilayah masing-masing. Hal ini diperkuat pula oleh pembina yang didatangkan dari Kebalandono Kiai Haji Fadloli, Kiai Haji Madjid Ilyas dan Kiai Haji Madjid Hariadi dari Surabaya.

Dari pengajian itulah maka di sekitar tahun 1960 sampai dengan 1970 berdirilah Muhammadiyah, antara lain adalah Ranting Muhammadiyah Padengan Ploso yang berdiri tahun 1960, Ranting Muhammadiyah Pucuk pada tahun 1963, kemudian disusul dengan Ranting Muhammadiyah Gempol Pading, Kesambi,Warukulon, Bakung, Ngambek, Cungkup, Tulung, Wanar, Badu, Tanggungan, Paji, Ploso Setro, Sumberjo Patalan, dan Gempol Madu.

Pengajian yang dilakukan pada waktu itu banyak mendapat tantangan dan rintangan, utamanya di dalam masalah ibadah dan aqidah. Karena pada saat itu masyarakat masih sangat kental kepercayaan dan adat-istiadat yang menyimpang dari ajaran Islam.

Dari pengajian itulah maka di sekitar tahun 1960 sampai dengan 1970 berdirilah Muhammadiyah, antara lain adalah Ranting Muhammadiyah Padengan Ploso yang berdiri tahun 1960, Ranting Muhammadiyah Pucuk pada tahun 1963, kemudian disusul dengan Ranting Muhammadiyah Gempol Pading, Kesambi,Warukulon, Bakung, Ngambek, Cungkup, Tulung, Wanar, Badu, Tanggungan, Paji, Ploso Setro, Sumberjo Patalan, dan Gempol Madu.

Sejarah Berdirinya PKU Muhammadiyah Pucuk

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pucuk Daerah Lamongan merintis berdirinya Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Kesehatan (AUMKES) dalam bentuk Klinik yang bertempat di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gempolpading kecamatan Pucuk. Pelayanan Kesehatan Umum disingkat PKU Muhammadiyah Pucuk merupakan ikhtiar rintisan menjadi Klinik Sunan Giri PKU Muhammadiyah Pucuk. Pada tanggal 7 Januari tahun 2022 dimulailah pembangunan PKU Muhammadiyah Pucuk di atas tanah seluas 4.500 meter persegi

Bangunan PKU Muhammadiyah Pucuk berada di atas tanah wakaf milik Yayasan Sunan Giri yang telah diwakafkan kepada persyarikatan Muhammadiyah. Karena masih dalam bentuk sebuah rintisan, maka untuk mengawalinya dengan mendatangkan dokter praktek pribadi, sehingga legalitas yang dipakai adalah Surat Ijin Praktek Dokter.

Untuk menunjukkan bahwa dokter praktek tersebut di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, maka tempat prakteknya diberikan identitas denga nama Pelayanan Kesehatan Umum atau disingkat dengan PKU Muhammadiyah Pucuk.

Pemakaian nama PKU tersebut dilatarbelakangi sejarah historis cikal bakal AUMKES yang sampai saat ini berkembang dengan pesat. PKU atau lebih tepatnya PKO pada saat itu merupakan singkatan dari Penolong Kesengsaraan Oemoem, yang dicetuskan oleh KH Syuja’, tokoh pejuang Muhammadiyah generasi awal. Tujuan dicetuskannya PKO atau PKU saat itu adalah menyediakan pelayanan kesehatan bagi kaum dhuafa.

Dengan menggunakan identitas PKU, jiwa sosial didalam menjalankan amal usaha ini akan terus membersamainya, beriringan dengan fungsi pokoknya sebagai sarana dakwah persyarikatan amar makruf nahi munkar yang dijalankan secara profesional untuk kemajuan dan perkembangannya menuju AUMKES yang unggul dan Islami.

PKU Muhammadiyah Pucuk diresmikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan KH Shodikin pada tanggal 26 Pebruari 2023. Peresmian PKU Muhammadiyah Pucuk dihadiri seluruh jajaran PDM Lamongan, Muspika Kecamatan Pucuk, Kepala Desa Gempolpading, seluruh PRM dan Ortom se Cabang Pucuk dan Aumkes sekabupaten Lamongan

Adapun tujuan didikan PKU Muhammadiyah Pucuk ini untuk meningkatkan derajat kesehatan bio, psycho, sosial dan spiritual warga Pucuk dan sekitarnya. Meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan modern dan tradisional kepada warga Pucuk dan sekitarnya. Kemudian menciptakan masyarakat Pucuk dan sekitarnya yang sehat jasmani dan rohani (psycho, sosial dan spiritual), serta diridhloi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Nama, Visi, Misi, Moto dan Tujuan

Visi PKU Muhammadiyah Pucuk adalah menjadi Tempat Pelayanan Kesehatan Umum Pilihan Masyarakat Pucuk dan Sekitarnya yang Islami, Profesional, Bermutu dan Terjangkau”.

Sedangkan misi PKU Muhammadiyah Pucuk adalah, Pertama, Memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan holistic dalam berbagai aspek kesehatan, yaitu aspek bio, psycho, sosial dan spiritual. Kedua, Memberikan pelayanan kesehatan yang memadukan aspek modern dan aspek tradisional yang ilmiah, alamiah dan ilahiyah,

Misi PKU Muhammadiyah Pucuk yang ketiga, Meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien dengan harga yang terjangkau. Keempat, Mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai tauhid dan aqidah yang kokoh dan berkarakter Sslam yang kuat, dan Kelima, Menjadikan PKU Muhammadiyah Pucuk sebagai ladang amal sholih dan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Moto PKU Muhammadiyah Pucuk adalah semua kegiatan pelayanan yang dilaksanakan di PKU Muhammadiyah Pucuk diniatkan dan diupayakan bernilai ibadah, semata-mata mengharap ridha Allah Subhananhu wa Ta’ala, maka moto PKU Muhammadiyah Pucuk adalah “Layananku adalah Ibadahku”.

Pemilik, Pendiri Dan Penyelenggara PKU Muhammadiyah Pucuk

Pemilik PKU Muhammadiyah Pucuk adalah Persyarikatan Muhammadiyah (Pimpinan Pusat Muhammadiyah). Sedangkan pendiri PKU Muhammadiyah Pucuk adalah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pucuk. Selanjutnya sebagai Penyelenggara PKU Muhammadiyah Pucuk adalah Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pucuk.

Jenis Layanan PKU Muhammadiyah Pucuk

Jenis layanan kesehatan di PKU Muhammadiyah Pucuk merupakan layanan kesehatan yang bersifat holistik atau menyeluruh yang menyentuh berbagai aspek kesehatan dan keagamaan, yaitu aspek fisik, aspek psikis, aspek sosial dan aspek spiritual. Disamping itu juga memberikan layanan kesehatan perpaduan antara aspek medis dan aspek tradisional, serta layanan konseling masalah kesehatan dan keagamaan

Jenis layanan PKU Muhammadiyah Pucuk mepiuti Layanan Medis, terdiri dari pengobatan Umum, Perawatan Luka, Khitan Konvensional & Modern dan Rehabilitasi Medis / Fisioterapi. Sedangkan Layanan Batra / Komplementer, meliputi Pengobatan Herbal, Bekam / Hijamah, Ruqyah Syar’iyah dan Terapi Pijat.

Adapun Layanan Konsultasi, meliputi Konsultasi Medis dan Gizi, Konsultasi Kebidanan dan Kandungan, Konsultasi Psycho Spiritual, dan Konsultasi Keluarga Sakinah.

Sumber Daya Insani PKU Muhammadiyah Pucuk

Sumber Daya Insani PKU Muhammadiyah terdiri dari beberapa komponen dan berbagai kempetensi, yang melibatkan berbagai unsur. Unsur yang paling banyak adalah, pelibatan karyawan AUMKES RSM yang berada di FORKOM RSM (Forum Komunikasi Karyawan ; RSML, RSMB, RSUMB, dan RSMKL) Cabang Pucuk. Pelibatan tersebut sebagai bagian dari bukti khidmat dan peran-sertanya dalam persyarikatan Muhammadiyah di tempat tinggalnya, termasuk didalamnya dibidang AUMKES.

PKU Muhammadiyah Pucuk juga melibatkan SDI dari para praktisi kesehatan medis, praktisi batra / komplementer dan tokoh-tokoh persyarikatan Muhammadiyah dan ortom di Cabang Pucuk yang memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah kesehatan masyarakat..

Adapun Sumber Daya Insani PKU Muhammadiyah Pucuk sebagai Penyelenggara / Pengurus PKU Muhammadiyah Pucuk sesuai Qoidah Persyarikatan (AUMKES) adalah Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pucuk Ketua M. Zuhdi Mukromin SKep.,Ns.,M.Kes, Sekretaris Ali Rosyad SSos dan aggota anggota yang terdiri dari Astajib, S.Kep.,Ns, Abandi, A.Md.Kep, Kusbianto, S.Kep.,Ns,

Sedangkan Sumber Daya Insani PKU Muhammadiyah Pucuk sebagai pelaksana
penanggungjawab dr. Mira Belladonna Agriyanti (Forkom RSMKL). Dengan dukungan layanan medis terdiri dari dr. Mira B. Agriyanti (Forkom RSMKL), M. Muhlis Ifandi, S.Kep.,Ns (Forkom RSMB), Imam Eko Sucahyo, A.Md.Kep (Forkom RSML), M. Rudianto, S.Kep.,Ns (Forkom RSML), Farih Aminuddin,S.Kep.,Ns (Forkom RSML), Sutrisno, A.Md.Kep (Forkom RSML), Asmono, S.Kep.,Ns (Forkom RSMB) dan Rinda Agustina Renata, A.Md.FT (Forkom RSUMB).

Untuk Layanan Batra / Komplementer dipercayakan kepada Mad Farkhan (PCM Pucuk / PRM Tulung), Mas Zazin (PRPM Tulung), Bu Ummu (PRA Tulung), Kartika Ayu Merdekawati, AMd.Keb (PRNA Gempolpading), Yusfa Farida, AMd.Keb (PRA Gempolpading), Jajaran PCM Pucuk dan PRM Gempolpading. Dan Tim Batra Rumah Sehat Qolbun Salim Gempolpading

Layanan konsultasi ditangani dr. Mira B. Agriyanti (Forkom RSMKL), M. Muhlis Ifandi, S.Kep.,Ns (Forkom RSMB), Nisa’ul Maslahah, S.Gz (Forkom RSML), Indah Dwi Wahyuningsih,Amd.Far (Forkom RSML), Yusfa Farida, A.Md.Keb (PRA Gempolpading), Ustadz Zuhdi Purnomo, S.Ag (Forkom RSML), Jajaran PCM Pucuk dan PRM Gempolpading dam dibantu Seluruh Anggota Forkom RSM Cabang Pucuk

Sementara itu Sumber Daya Insani PKU Muhammadiyah Pucuk Bagian Administrasi dan Umum diamanahkan kepada Andi Rachmad Prayogo (Aktivis PCIPM Pucuk, IMM UMLA)

Kini Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pucuk telah memiliki PKU Muhammadiyah Pucuk. Ikhtiar ini akan menjadi Rintisan Klinik Sunan Giri PKU Muhammadiyah Pucuk.

Fathurrahim Syuhadi, Ketua MPK PDM Lamongan

Exit mobile version