Sehatkan Masyarakat Papua, Muhammadiyah Bangun Klinik di Merauke

Inisiasi Lazismu dan BPKH sebagai Mitra Kemaslahatan

Sehatkan Masyarakat Papua, Muhammadiyah Bangun Klinik di Merauke

MERAUKE, Suara Muhammadiyah – Berawal dari keinginan masyarakat untuk mendapatkan kesehatan layanan kesehatan yang memadai, Lazismu bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI mewujudkan dengan mendirikan Klinik Muhammadiyah di Merauke.

Klinik ini dibangun dengan bantuan dana yang dikelola BPKH dan disalurkan melalui Lazismu sebagai mitra kemaslahatan. Peresmian Klinik Muhammadiyah yang berada di Jalan Raya Mandala, Kelurahan Seringgu Jaya, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua ini berlangsung pada Rabu (15/03).

Acara ini dihadiri oleh Anggota Badan Pelaksana BPKH Amri Yusuf, Kepala Divisi Registrasi dan Analisa Kemaslahatan Agung Sri Hendarsa, Wakil Bupati H. Riduan, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Ahmad Imam Mujadid Rais, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Merauke H. Muhammad Jufri Thamrin. Peresmian ditandai dengan penyerahan mockup secara simbolis dari Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah.

Ahmad Imam Mujadid Rais selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah menyampaikan harapannya agar klinik ini dapat mendatangkan manfaat bagi warga Merauke. Klinik ini pun merupakan yang pertama di Papua.

“Semoga kebermanfaatan dana kemaslahatan BPKH yang bekerja sama dengan Lazismu bisa dirasakan oleh seluruh warga masyarakat di Merauke lintas suku dan lintas agama untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Terlebih, klinik ini merupakan klinik pertama Muhammadiyah di Tanah Papua,” harapnya.

Pembangunan Klinik Muhammadiyah Merauke sudah dimulai sejak Januari tahun 2020. Dengan adanya bantuan dari BPKH pada tahun 2022 yang disalurkan melalui Lazismu, klinik ini pun dapat berdiri. Pembangunan yang dilakukan meliputi pekerjaan pembuatan tangga ramp, Pembuatan partisi, dan pemasangan ipal.

Klinik Muhammadiyah Merauke diharapkan mampu menjadi ikon keberhasilan program kemaslahatan BPKH berkolaborasi dengan Lazismu dalam memberikan dampak besar bagi masyarakat sekitar, terutama dalam pelayanan Kesehatan.

Kiprah kepercayaan BPKH kepada Lazismu sebagai mitra kemaslahatan telah dimulai sejak tahun 2018 pada program Kemanusiaan Gempa Palu di Sulawesi Tengah. Hingga saat ini total program kemaslahatan antara BPKH bersama dengan Lazismu berjumlah lebih dari 150 yang terdiri dari beberapa pilar, yaitu pendidikan, sosial dakwah, kemanusiaan, kesehatan, serta sarana dan prasarana ibadah. Salah satunya adalah Klinik Muhammadiyah Merauke. (Riz)

Exit mobile version