Pesan Abdul Mu’ti dalam Milad IMM ke-59

Pesan Abdul Mu'ti dalam Milad IMM ke-59

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Sekertaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed, Ketua PWM Sumut, Prof. Dr. H. Hasyimsyah Nasution, MA, dan Rektor UMSU, Prof.Dr. Agussani, MAP kompak menyampaikan ucapan selamat milad ke 59 Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Ketiganya hadir bersama dengan undangan lain termasuk Senior dan Alumni IMM sekaligus Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, S.H yang ikut memberikan samburan pada resepsi milad yang digelar di auditorium UMSU, Kamis (16/3). Resepsi milad digelar Pimpinan Komisariat IMM Se-UMSU Milad IMM ke-59 mengangkat tema ‘Bergerak Bersama Membangun Peradaban’

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP sangat bersyukur dengan kehadiran Prof. Abdul Mu’ti di resepsi milad kali ini. Pada kata sambutan, Prof. Agussani merasa bangga dengan eksistensi PK IMM UMSU yang menjadi garda terdepan.

“Selain aktivitas pengkaderan, di bidang kreativitas IMM UMSU sangat menonjol. IMM ini utusan-utusan universitas untuk mengikuti kompetisi di ajang lokal maupun internasional. Selamat milad semoga IMM tetap jaya di masa yang mendatang,” Ujar Prof. Agussani.

Tidak hanya Prof. Agussani yang bangga pernah menjadi kader IMM. Sekum PP Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti juga mengutarakan rasa bangga. Dia mengatakan karakter kemuhammadiyahaan secara Ideologi dan militansi yang melekat dalam dirinya, dibentuk selama menjadi kader IMM.

Pilar-Pilar Konstruksi Peradaban

Prof. Mu’ti memberikan nasihat-nasihat tentang peradaban kemanusiaan yang berkaitan dengan tema milad. Menurutnya peradaban secara filosofis ada beberapa istilah. Ada yang menyebutkan sebagai ihsan yaitu di atas iman dan islam. Ada yang mengenal peradaban sebagai akhlak yaitu berkaitan dengan perilaku.

Terkait istilah peradaban, Prof. Mu’ti memberikan pemahaman tentang 4 pilar konstruksi peradaban yakni pilar iman atau tauhid sebagai pondasi akidah dalam melaksanakan segala hal dalam kehidupan.

Kemudian pilar ilmu, manusia memiliki potensi intelektual yang memungkinkan untuk membangun peradaban. Lalu, pilar akhlak yang menjadi penyebab bagaimana ilmu dan pengetahuan teknlogi dapat bermanfaat bagi masyarakat dan yang terakhir pilar seni.

Prof. Mu’ti juga mengingatkan terkait fenomena meningkatnya materialisme, hedonisme, individualisme dalam peradaban.

“Kita perlu mendorong kader IMM menjadi cendekian berpribadi. Selamat Milad IMM, Jaya!” ucap Prof. Mu’ti.

Berdasarkan laporan ketua panitia Milad IMM Se-UMSU, Ahmad Faroch Al-Farizi mengatakan, sebelumnya telah dilaksanakan rangkaian lomba yaitu Futsal, Poster dan Tilawah Al-Qur’an yang diselenggarakan berdasarkan solidaritas dan humanisme.

Resepsi milad yang turut dihadiri IMM se-Kota Medan, Pimpinan Aisyiyah Kota Medan, PDM dan PDA ditutup dengan pembagian hadiah juara lomba serta penandatanganan prasasti solidaritas IMM Se-UMSU. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version