Strategi Branding dan Digital Marketing TK ABA

Abdimas Dosen Manajemen FEB UMY di TK ABA Mancasan

Strategi Branding dan Digital Marketing TK ABA

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Hasnah Rimiyati., Dra.,MSi dan Tri Maryati.,SE.,MM berkolaborasi dengan Lalu Supardin, SE.,MM dosen Sarjana Wiyata, mengadakan kegiatan pengabdian pada Masyarakat bertempat di TK ABA Mancasan, Gamping, Sleman pada hari Sabtu (11/3).

Bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah memberikan Pelatihan serta  Pendampingan penerapan Teknologi Informasi (TI), dengan materi Strategi Branding dan Digital Marketing untuk Sekolah melalui pemanfaatan media sosial, dilanjutkan dengan Pelatihan Manajemen Keuangan sekolah bagi para guru.

Pelaksanaan kegiatan abdimas ini UMY bermitra dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta dibawah binaan Ibu Dra. Anis Wardani. Beliau sangat berharap agar TK ABA termasuk TK ABA Mancasan tidak ketinggalan dalam berperan aktif memajukan sekolahnya, diantaranya melalui peningkatan skill sumber daya manusia nya dalam kemampuan pemanfaatan media teknologi yang sudah selayaknya digunakan untuk melakukan marketing sekolah saat ini (ujar Hasnah).

Penggunaan media sosial merupakan salah satu cara untuk meraih perhatian para orang tua murid agar berminat memilih sekolah kita bukan sekolah yang lain. Media sosial seperti website, youtube, Instagram, facebook bisa membantu sekolah menyampaikan pesan kepada khalayak sasaran dalam keperluan promosi sekolah. Konsep “branding sekolah”, melalui media sosial dapat menjadi pembentuk branding. Melalui penggunaan media sosial yang efektif akan terbentuk branding sekolahnya, jika sekolah secara kontinyu memuat berbagai informasi kegiatan sekolahnya maka akan terbentuk brandingnya.

Penerapan branding sekolah akan membantu para orang tua murid untuk menentukan pilihan dikarenakan mereka mengetahui nilai (value) dari sekolah tersebut; manfaat lainnya jika sekolah rajin mengisi konten positif mengenai sekolahnya maka berpeluang bagi pihak luar untuk  menjalin Kerjasama dengan sekolah demi kemajuan sekolah (ujar Hasnah).

Marketing Sekolah adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan produk-produk sekolah kita kepada khalayak luas.  Pelatihan Marketing Sekolah ini disampaikan oleh Ibu Hasnah Rimiyati., Dra., MSi, yang menjelaskan bahwa branding sekolah dapat dilakukan melalui tiga unsur yaitu “visual identity” berupa fasilitas fisik sekolah, dan “value identity” nilai-nilai apa yang dimiliki sekolah tersebut, serta diikuti dengan “communication identity” yaitu perlunya mengkomunikasikan segala sesuatu yang menarik yang menjadi keunggulan maupun keunikan yang dimiliki oleh sekolah tersebut. Hasil dari pelatihan digital marketing sekolah TK ABA Mancasan saat ini telah memiliki akun youtube channel sekolah nya, juga akun di media sosial lainnya yaitu facebook, Instagram, serta whatsapp. Selanjutnya melalui pelatihan manajamen keuangan sekolah yang di sampaikan oleh Ibu Tri Maryati.,SE.,MM, saat ini pihak sekolah baik kepala sekolah maupun para guru semakin memahami peran penting nya memanaj keuangan sekolah.

Di akhir sesi pelatihan, Ibu Kepala Sekolah TK ABA Patukan, ibu Rukminah.,S.Pd menyampaikan ucapan terimakasih atas pelatihan serta praktik secara langsung cara menggunakan media sosial yang diberikan oleh Tim Abdimas UMY, baik mengenai pemahaman pentingnya Marketing Sekolah dan penerapan Digital Marketing, sehingga sekolah TK ABA Mancasan saat ini telah memiliki Youtube Channel serta akun media sosial Instagram, facebook, whatsapp yang sangat bermanfaat sebagai media untuk menyampaikan informasi kegiatan sekolah.

Terlaksananya kegiatan abdimas ini, tak lupa Tim mengucapkan terimakasih pada Mitra Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Ambarketawang yang telah mendukung pelaksanaan program ini, pada Ibu Kepala Sekolah atas partisipasi para guru, juga pada pihak LPM UMY yang telah memfasilitasi kegiatan abdimas para dosen UMY. (Riz)

Exit mobile version