Lazismu dan BPKH Serahkan Bantuan Ambulans untuk 2 Nagari 

Lazismu dan BPKH Serahkan Bantuan Ambulans untuk 2 Nagari 

PADANG, Suara Muhammadiyah – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui Lazismu Sumbar, menyalurkan bantuan pengadaan mobil ambulans untuk Pos Kesehatan Nagari (Poskeri) Nagari Aur Duri Surantih Pesisir Selatan dan Pos Kesehatan Nagari (Poskeri) Nagari Tanjung Bonai Kabupaten Sijunjung.

Secara simbolis penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Aula pleno Gedung dakwah Muhammadiyah Sumbar, Rabu (12/4/2023). Turut hadir luring Ketua PWM Sumbar Dr. Bakhtiar, Sekretaris Drs Apris, para Wakil Ketua Ki-Jal Atri Tanjung, Marahdi Efendi, Bendahara Najmi dan Wakil Bendhara Imdibkri, Anggota BPKH Harry Alexander dan Deputi Sekretariat badan Kemaslahatan BPKH. Hadir secara zoom Ketua Lazismu Pusat, Ahmad Imam Mujadid, dan Anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni.

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. Bakhtiar mengatakan Muhammadiyah berbahagia atas kepercayaan dari BPKH terus berbuat kepada umat melalui Lazismu. “Saya harap kerjasama ini terus diperkokoh hingga ke ranting,” ujarnya.

Dr Bakhtiar juga mengucapkan terima kasih kepada ibu Lisda Hendrajoni yang terus berbuat untuk melayani umat melalui Lazismu. “Kita harap kerjasa sama harus terus ditingkatkam.sehingga lebih bnayak umat yang dilayani,” tuturmya.

Ia memberikan apresiasi tinggi kepada Lazismu yang terus melayani ummat di tengah kondisi masyarakat yang sulit sekarang ini.

Ketua Lazismu Pusat, Ahmad Imam Mujadid menyampaikan, sebagai mitra kemaslahatan BPKH terus berupaya menebar manfaat dan kebaikan di tengah masyarakat. Lazismu dan BPKH selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam setiap langkahnya. Salah satunya dengan adanya bantuan penyediaan mobil ambulans bagi dua nagari di Sumbar.

“InsyaAllah dengan fasilitas ambulans ini, tidak ada lagi warga sakit yang telantar karena terlambat mendapatkan perawatan. Semangat ini senafas dengan Lazismu terus mengalir tanpa henti di tengah masyarakat melalui berbagai program yang digulirkan, termasuk sinergi Lazismu dan BPKH dalam Program Kemaslahatan,” ujarnya.

Ahmad Imam Mujadid berharap ambulans ini dapat memberi manfaat kepada setiap orang yang membutuhkan pertolongan, dan memudahkan dalam pemberian akses kesehatan, khususnya bagi masyarakat di Nagari Tanjung Bonai Sijunjung dan Nagari Aur Duri Surantih Pessel.

Sementara itu, Harry Alexander menyampaikan harapan agar bantuan yang telah diberikan dapat memberikan manfaat “Kami atas nama Pimpinan BPKH, mengucapkan selamat kepada Yayasan Jannatul Maujud yang telah menerima bantuan Program Kemaslahatan dari BPKH, berupa ambulans. Semoga ambulans ini dapat berguna dan bermanfaat bagi orang banyak,” ungkapnya.

Harry berharap, ambulans ini mampu mendukung program-program pelayanan kesehatan di sana. Selain itu, diharapkan BPKH bersama Lazismu semakin berperan penting dalam menguatkan penyaluran Program Kemaslahatan untuk umat.

“Semoga kerja sama dan kolaborasi antara BPKH dan Lazismu ke depan semakin baik untuk menyebarkan Kemaslahatan lebih luas lagi,” jelasnya.

Ia menerangkan Dana Abadi Umat tentu saja berbeda dengan Dana Haji. Masih banyak salah kaprah dalam memahami perbedaan kedua dana ini. Akibatnya, timbul banyak hoaks yang beredar di tengah masyarakat. Adanya berita rekaan dana haji digunakan untuk pembangunan infrastruktur, membayar hutang dan berbagai macam berita bohong lainnya.

“Dana BKPH merupakan dana efisiensi dari pengelolaan haji, jadi bukan diambil dari uang setoran haji. Dan setiap tahun ada efisiensi sebesar Rp 220 miliar yang kini terkumpul Rp 3,7 triliun. Dana itu kemudian dikelola untuk dikembalikan pada masyarakat, pesantren, dan lainnya,” katanya

Dana Abadi Umat yang biasa disingkat DAU merupakan sejumlah dana yang diperoleh dari hasil pengembangan DAU, sisa biaya operasional penyelenggaraan ibadah haji dan sumber lain yang halal serta tidak mengikat (hibah, waqaf dan bantuan). Seluruhnya harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni mengucapkan terima kasih kepada BPKH dan Lazismu yang terus berbuat bagi masyarakat
Sumbar.

“Ambulance ini saya serahkan untuk masyarakat nagari Nagari Aur Duri Pessel dan Tanjung Bonai Surantih Sijunjung. Semoga bermanfaat khususnya masyarakat yang membutuhkan, gratis,” tegasnya

Lisda juga mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar Ia selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus menyuarakan kepentingan masyarakat Sumbar di pusat.

“Saya mohon diberikan doa dan dukungan agar tetap kuat dalam memperjuangkan dan menyuarakan kepentingan masyarakat Sumbar di pusat,” tuturnya

Dalam kesempatan yang sama, Wali nagari Tanjung Bonai Aur Surantih Pesisir Selatan, Hendra Basri mengucapkan terima kasih atas bantuan ambulans yang diberikan oleh BPKH dan Lazismu.

“Penyerahan bantuan ambulans hari ini dari BPKH dan Lazismu merupakan suatu hal yang luar biasa bagi nagari kami, di mana kami dalam rangka melaksanakan layanan-layanan kesehatan,” ujarnya

Acara seremoni penyerahan bantuan ambulans ini dilaksanakan dengan konsep hybrid di Kantor Gedung dakwah Muhammadiyah Sumbar dan melalui aplikasi Zoom, yang terhubung dengan Kantor Lazismu Pusat dan Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni.

Exit mobile version