Semarak Ramadhan Berbagi MI Muhammadiyah Tanjung Inten

Semarak Ramadhan Berbagi MI Muhammadiyah Tanjung Inten

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam keiktsertaannya menyemarakkan Ramadhan tahun 1444 H, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Tanjung Inten Lampung Timur bersama dengan Kantor Layanan (KL) Lazismu Purbolinggo membuka layanan Zakat Fitrah bagi seluruh siswa.  Siswa menyerahkan 2,5 kg beras per jiwa atau dalam bentuk uang dengan nominal yang disesuaikan seharga beras saat ini. Hasil pengumpulan zakat tersebut nantinya akan dibagikan kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar yang masuk dalam 8 asnaf penerima zakat.

Mengambil momen Ramadhan, MI Muhammadiyah terus berupaya maksimal menanamkan spirit Al-Ma’un kepada siswanya. Tepat pada Kamis (13/4) bertempat di Gedung MI Muhammadiyah Tanjung Inten Lampung Timur, MI Muhammadiyah Tanjung Inten menyelenggarakan kegiatan Ramadhan Berbagi.

M Arief Kurniawan selaku kepala Madrasah memberikan apresiasi kepada seluruh siswa yang sudah melakukan zakat fitrah di sekolah.

“Melihat antusias siswa yang sangat luar biasa dalam melaksanakan zakat fitrah, menjadi indikator bagi kami (Mi Muhammadiyah Tanjung Inten) bahwa upaya penanaman spirit Al-Ma’un kami kepada siswa mulai membuahkan hasil” ucapnya.

Dalam konteks pemaknaan spirit Al-Ma’un yang begitu luas, MI Muhammadiyah Tanjung Inten mengambil bagian bahwa sejak dini siswa harus dibekali rasa empati dan simpati kepada lingkungan sekitar, sehingganya ketika nantinya mereka terjun ke lingkungan masyarakat yang sesungguhnya, mereka memiliki bekal untuk bisa menjalin hubungan sosial dengan baik.

Turut hadir juga Ari Suhariyanto selaku kepala KL Lazismu Purbolinggo pada kegiatan Ramadhan Berbagi di MI Muhammadiyah Tanjung Inten.

Ari menyampaikan dalam sambutannya “Selain sebagai media syiar kita sebagai lembaga amil zakat infaq dan shodaqoh Muhammadiyah  yang ada di Purbolinggo, kegiatan seperti ini juga merupakan upaya KL Lazismu Purbolinggo untuk memperkenalkan sejak dini kepada para siswa keharusan seorang muslim yaitu menunaikan zakat. Yang mana Zakat sendri masuk sebagai salah satu dari lima rukun islam yang wajib dilaksanak oleh seluruh umat Islam”.

Pada puncak kegiatan Ramadhan Berbagi tersebut, sebanyak 180 paket sembako dan zakat dibagikan kepada warga sekolah dan masyarakat yang berada dilingkungan sekitar yang masuk kriteria penerima zakat dan sembako.

“Terima kasih kepada segenap bapak ibu wali siswa yang sudah berkenan melaksanakan zakat dan infaqnya di sekolah, semoga dapat membersihkan harta dan jiwa serta menjadi amal jariyah kita semua” pungkas Arif. (Nuri)

Exit mobile version