SURABAYA, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat) menggelar bakti sosial di Bulan Ramadhan. Selain distribusi Zakat Infaq Shadaqah yang masih berjalan programnya, ada program Mudipat Berbagi Takjil.
Berbagi takjil ini dilakukan 3 hari, sejak Rabu (12/4/2023), diawali dari paket takjil dari kelas 1 dan 2 yang terkumpul 703 paket takjil. Kemudian dilanjutkan Kamis (13/3/2023) giliran paket takjil dari kelas 3 dan kelas 4 berjumlah 832 paket takjil. Nah, pada Jum’at (14 April 2023) dari kelas 5 dan 6 sejumlah 869 paket takjil. Paket takjil berisi, bakery, kurma, dan air mineral. Total 2.404 paket takjil seluruhnya.
Bakery, kurma, dan air mineral yang dibawa siswa sejak pagi di Hari Jum’at langsung dikemasi oleh guru-guru dan karyawan sekolah ini. Adapun jumlah paket tersebut dibagi menjadi dua distribusi, yakni kepada 5 masjid dan 1 panti asuhan di sekitar sekolah. Sedangkan distribunya intinya disebar di depan sekolah, di jalan Pucang Anom 93 Surabaya. Kegiatan dilaksanakan sore hari mulai pukul 16.00-15.00 WIB.
Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya Edy Susanto MPd menyampaikan syukur dan terima kasih yang banyak kepada siswa dan orang tua siswa, yang telah mendukung menyukseskan kegiatan tersebut. Menurutnya, cara guru dan orang tua mendidik dan menasihati anak adalah memberi teladan.
“Maka dengan berbagi ini kita berarti mengajari, menasihati anak-anak kita agar kita punya rasa peduli, sayang, empati, simpati kepada orang lain,” terang ayah dua anak itu.
Edy menambahkan, berbagi kepada sesama itu sangat penting dan bermakna. Karena sesungguhnya orang yang benar-benra bahagia adalah ketika mau berkorban untuk membahagiakan orang lain. Lebih lanjut Edy mengatakan kegiatan baik semacam ini harus terus dilakukan di luar bulan-bulan Ramadhan.
“Ramadhan itu seperti sekolah, bila Idul Fitri tiba artinya kita lulus, maka ilmu pelajaran atau latihan yang kita latihan pelajari selama Ramadhan selanjutnya harus terus diamalakan di bulan bulan berikutnya, setelah kita lulus dari Bulan Ramadhan,” tuturnya. (mul)