Berbagi Kebahagiaan, Lazismu Bantul Kota Salurkan 3.238 Paket Kado Ramadhan

Berbagi Kebahagiaan, Lazismu Bantul Kota Salurkan 3.238 Paket Kado Ramadhan

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Bulan suci Ramadhan  merupakan salah satu bulan yang selu dinantikan oleh umat muslim dimanapun berada. Di bulan suci ini, Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Bantul melalui Lazismu Bantul Kota turut menggembirakannya melalui program-program penyaluran bantuan.

Lazismu Bantul Kota memiliki banyak program Ramadhan yaitu; berbagi takjil mentahan untuk lansia dhuafa, kado Ramadhan untuk anak yatim dan dhuafa, belanja bareng anak yatim, peduli guru, UMKM Mandiri, penyaluran air bersih untuk masjid di Gunung Kidul dan program-program sosial kemanusiaan lainnya.

Program tersebut dikemas sebaik mungkin agar memberikan kesan yang mendalam bagi penerima bantuan. Seperti program untuk anak yatim dan dhuafa dikemas dalam program yang berjudul Kado Ramadhan dan Belanja Bareng, penggunaan istilah santunan sudah tidak digunakan agar lebih terkesan membahagiakan. Program unggulan yang masih dipertahankan yaitu Takjil Mentahan untuk lansia dhuafa.

Program Takjil mentahan ini berisi bahan makanan seperti beras, telur, minyak, kecap, sereal, dan roti. Takjil mentahan ini rutin disalurkan setiap hari Jumat dengan penerima yang sudah terdata.  Meskipun namanya Takjil, namun banyak penerima manfaat yang justru memasaknya untuk lauk sahur, hal tersebut dikarenakan biasanya untuk berbuka puasa sudah menjadi satu di Masjid.

Selain itu, terdapat program baru yaitu belanja bersama anak yatim dhuafa yang dilaksanakan pada tanggal 18 April 2023. Program ini bertujuan untuk turut berbagi kebahagiaan kepada anak yatim dhuafa dengan berbelanja baju lebaran dan kebutuhan lebaran seperti makanan dan sembako.

Setiap anak akan mendapatkan paket belanja sebesar Rp. 300.000. anak anak akan diajak berbelanja dan didampingi oleh kakak pendamping dari Lazismu Bantul Kota, selain untuk berbagi kebahagiaan program ini juga sekaligus melatih anak agar mandiri karena mereka berbelanja tanpa didampingi oleh orang tuanya namun tetap diarahkan oleh kakak pendamping. Anak anak merasa sangat senang dan beryukur karena ada sebagain yang baru pertama kali diajak berbelanja di swalayan yang besar.

Di Ramadhan 1444 H ini, Lazismu Bantul Kota mentasyarufkan Program Peduli Guru honorer non sertifikasi  TK, SD dan MTS sebanyak 232 paket, Takjil Mentahan untuk lansia dhuafa sebanyak 1.806 paket, penyaluran UMKM Mandiri 3 orang, program beasiswa penghafal Quran dan santri 54 anak, belanja bareng yatim dhuafa 14 anak, Paket Kado untuk Yatim dan dhuafa sebanyak 1.129, dan penyaluran air bersih untuk masjid terdampak kekeringan di Gunungkidul sebanyak 155rb litter air.

Total sebanyak 3.238 paket kado ramadhan  telah tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Setelah program Ramadhan, di Bulan Syawal Lazismu Bantul Kota mulai fokus pada persiapan Qurban di daerah terpencil dan membutuhkan di Gunungkidul.

 

 

Exit mobile version