Semarak Ramadhan – Idul Fitri 1444 H PRIM Kansai Jepang

Semarak Ramadhan - Idul Fitri 1444 H PRIM Kansai Jepang

OSAKA, Suara MuhammadiyahPimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Kansai Jepang telah melaksanakan rangkaian kegiatan sebelum, selama dan sesudah Ramadhan 1444 H. Setelah selesai Idul Fitri tahun lalu, PRIM Kansai langsung menyelenggarakan tadarus dan tasmi’ pekanan dengan target khatam Al Quran sebelum Ramadhan 1444 H. Alhamdulillah, Tadarus Al Quran bisa dikhatamkan oleh warga PRIM Kansai menjelang Ramadhan 1444 H.

Menyambut ramadhan 1444 H PRIM Kansai merujuk Kalender Islam Global (KIG) yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah dimana 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada tanggal 23 maret 2023. Pada malam tanggal 22 Maret 2023, Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Kansai menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan pada setiap Ramadhan dengan mengadakan Tadarrus dan Tasmi’ Online ONE NIGHT ONE JUZ khatam 30 Juz selama bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini adalah kali ketiga sejak PRIM Kansai berdiri dan alhamdulillah berjalan dengan lancar dan berhasil mengkhatamkan 30 Juz dalam 29 malam Ramadhan dengan diikuti oleh warga dari PRIM Kansai sendiri dan beberapa simpatisan yang tinggal di Jepang. Tadarrus Al-Quran ini dibimbing oleh Qari’ dan Qari’ah tamu di setiap akhir pekan yaitu bersama Ustadz Luthfi Baihaqi Al-Hafidz yang merupakan pengasuh pondok pesantren Baitul Quran Wonogiri dan Ustadzah Qurrota A’yun yang adalah juara 7 MTQ Nasional 2015 dan Juara 1 MTQ Mahasiswa kedinasan 2019.

Kedua Ustadz Ustadzah tersebut telah 3 tahun berturut-turut membimbing Tadarus PRIM Kansai. Dalam setiap bimbingan tersebut para peserta selalu mendapat pelajaran baru dan motivasi untuk selalu semangat serta istiqomah dalam belajar Al Quran dimulai dari membaca yang benar sesuai tajwidnya sebagai bekal hidup dunia akhirat.

Selanjutnya berdasarkan KIG yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tersebut diketahui pula bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023 M. Oleh karena itu PRIM Kansai Jepang menyelenggarakan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1444 H di Tennoji Kumin Center, Osaka. Bagi PRIM Kansai pelaksanaan Sholat Id ini merupakan kali kelima sejak berdiri 31 Oktober 2020. Yang pertama adalah Sholat Idul Fitri 1442 H, kedua yaitu Idul Adha 1442 H, ketiga Idul Fitri 1443 H, keempat adalah Idul Adha 1443 H, dan kelima kini adalah Idul Fitri 1444 H.

Pada pelaksanaan Idul Fitri kali ini bertindak selaku imam dan khatib adalah Ustadz Mochamad Arif Wijayanto yang merupakan Ketua PRIM Kansai Jepang. Pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini merupakan pelaksanaan amanat Muktamar untuk menghidup-hidupkan ranting dan basis dakwah akar rumput. Pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri yang pertama pada 1442 H peserta hanya sekitar 25 orang, lalu Idul Adha 1442 H sekitar 50 orang, lalu Idul Fitri 1443 H sekitar 100 orang, Idul Adha 1443 H sekitar 150 orang dan kini Idul Fitri 1444 H pendaftar mencapai 225 orang. Hal ini terbukti efektif dalam mengembangkan ranting dengan melayani umat untuk melaksanakan Sholat Id sehingga semakin banyak masyarakat tahu bahwa PRIM Kansai melayani pelaksanaan Sholat Id berdasar Kalender Islam Global yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Selanjutnya dalam khutbahnya, Imam/Khatib menyampaikan tema “Hari Raya, Wasatiyyat Islam, dan Ukhuwah Islamiyah” yang dapat diakses pada link berikut.  https://web.suaramuhammadiyah.id/2023/04/23/hari-raya-wasatiyat-islam-dan-ukhuwah-islamiyah/

Singkatnya, khatib menghimbau bahwa perbedaan dalam penentuan hari besar Islam hendaknya disikapi secara dewasa dengan mengedepankan wasatiyyat Islam dan Ukhuwah Islamiyah. Sholat Id sendiri diawali dengan penjelasan singkat tata cara Sholat Id sesuai Tarjih Muhammadiyah sehingga jamaah faham dan dapat melaksanakan dengan baik.

Jamaah terdaftar yang berjumlah 225 tersebut orang dari berbagai prefektur di Kansai yaitu Osaka, Nara, Kobe, Kyoto, Hyogo dan lain-lain bahkan dari luar Kansai. PRIM Kansai melaksanakan Sholat Idul Fitri 1444 H pada tanggal 21 April 2023 ini berbeda dengan komunitas lainnya di Jepang yang melaksanakan pada 22 April Juli 2023. Tentunya dengan semangat toleransi yang merupakan salah satu nilai wasatiyyat Islam dalam Pesan Bogor 2018, PRIM Kansai menghormati perbedaan penentuan hari-hari besar Islam. Selain itu PRIM Kansai mendorong kita semua bijak dalam menyikapi perbedaan ini.

PRIM Kansai menggunakan KIG dengan maksud melaksanakan amanat Muktamar Muhammadiyah ke-47 2015 untuk berkontribusi dalam penyatuan kalender hijriah secara global yang prinsip-prinsipnya telah disepakati dalam Kongres Penyatuan Kalender Hijriah Internasional (International Hijri Calendar Unity Congress) di Istanbul 2016. Pada Kongres tersebut mayoritas peserta yaitu 80 dari 127 ulama dan ahli falak menyepakati prinsip KIG yaitu satu hari satu tanggal di seluruh dunia. Berdasarkan prinsip tersebut, hari-hari besar Islam dapat disatukan karena KIG merupakan satu-satunya cara penyatuan kalender hijriah. Telah lebih dari 14 abad umat Islam belum memiliki kalender Islam yang satu sehingga ini menjadi hutang peradaban umat Islam. Oleh karena itu pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini sebagai sosialisasi KIG pada tataran internasional. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk internasionalisasi Muhammadiyah. Selain itu sosialisasi melalui Sholat Id ini adalah upaya suatu ranting istimewa Muhammadiyah di luar negeri dalam berkontribusi membayar hutang peradaban itu.

Selesai Sholat Idul Fitri para jamaah beramah-tamah satu sama lain. Para jamaah yang hendak berjualan makanan dan minuman telah diberi izin panitia, sehingga jamaah dapat membeli dari sesama jamaah untuk memfasilitasi jamaah dengam tetap menjaga ketertiban dan kebersihan. Hal ini menjadi penekanan karena budaya Jepang yang menjaga kebersihan dimana Islam sendiri mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman. Acara ramah tamah juga diwarnai dengan foto bersama jamaah dengan membentangkan bendera Muhammadiyah, ‘Aisyiyah dan juga PRIM Kansai. Dengan meningkatnya jamaah Sholat Id dari waktu ke waktu menunjukkan bahwa Muhammadiyah makin dikenal oleh warga Kansai dimana hal ini menjadi potensi pengembangan Muhammadiyah kedepan yang menjadi pekerjaan rumah dan agenda bagi PRIM Kansai.

Setelah Hari Raya Idul Fitri, pada Ahad 23 April 2023 PRIM Kansai memenuhi undangan KJRI Osaka untuk acara halal bi halal yang bertempat di KJRI Osaka. Ketua PRIM Kansai dan anggota yang dapat bergabung hadir di acara tersebut. Hadir pula komunitas lain dari NU, Muslim Osaka, Keluarga Masyarakat Islam Indonesia Kansai, Pengurus Masjid Istiqlal Osaka dan beberapa komunitas lainnya. Suasana silaturahim yang baik ini patut dilestarikan di masa-masa mendatang.

Dalam pekan berikutnya, PRIM Kansai akan memulai kembali tadarus dan tasmi’ khatam Al Quran sebelum Ramadhan 1445 H sebagai wahana menjaga dan meningkatkan kualitas bacaan dan tajwid dalam membaca Al Quran. Sebagai warga, kader, dan pengurus Muhammadiyah tentunya harus senantiasa meningkatkan bacaan Al Qurannya.

Akhirul kalam PRIM Kansai sampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. Semoga puasa, tilawah, tarawih, zakat dan ibadah kita lainnya selama bulan suci Ramadhan diterima Allah SWT. Demikian reportase ini sebagai kabar gembira Persyarikatan dan sebagai upaya menghidup-hidupkan Muhammadiyah di tataran Internasional. Semoga di masa-masa mendatang, PRIM Kansai dapat memelihara kesinambungan dan keistiqohaman kegiatan rutin yang telah berjalan sejak berdiri selama lebih dari 2 tahun ini. Amin Ya Rabbal ‘Alamin. (Arif)

Exit mobile version