Pengajian Berkala PCM Kisaran Timur Sekaligus Gelar Silaturahim Syawal

Pengajian Berkala PCM Kisaran Timur Sekaligus Gelar Silaturahim Syawal

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur menggelar Pengajian sekaligus Silaturami Syawal 1444 H / 2023 M dengam Tema “Menegakkan Silaturahim Mewujudkan Muhammadiyah Berkemajuan.”

Pengajian ini dalam rangka menjalin silaturahmi bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan, se-Cabang, Ranting Muhammadiyah, Ortom, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah, beserta guru, pada Selasa (16/5) di Masjid Taqwa komplek perguruan Muhammadiyah Muhammadiyah Kisaran Timur – Asahan.

Tampak Hadir sebagai penceramah Yusri, S.Ag Ketua Majelis Tarjih Cabang Kisaran Timur penasehat PCM Kisaran Timur Drs. Nazibar Akmal, seluruh ketua Ranting cabang Kisaran Timur, Dalam ceramahnya, Yusri, S.Ag mengatakan bahwa pentingnya “Silaturahmi”.

Pembelajaran ini antara lain memberikan nilai nilai kehidupan bagi umat muslim yaitu makna silaturahmi terdiri dari dua “Sirat atau Silah Rahim atau Rahmi” atau silah bisa dikatakan “Menghimpun kita ada yang terputus, merekat jika ada yang terlepas. “Itulah makna silaturahmi tidak membedakan suku dan ras tetap sama sama saling menghargai dan menyayangi,” imbuhnya.

Terkait dalam perbedaan salah satu contohnya, dalam pengajian di satu tempat akan pastinya ada bebeda lingkungan namum tetap bersatu dan membentuk tali silaturahmi sehingga terjadinya Ukhuwah yang artinya “KESAMAAN”.

Gambaran ini tentang hubungan antara orang-orang Islam sebagai satu persaudaraan, dimana antara yang satu dengan yang lain seakan akan berada dalam satu ikatan. Dari kesamaan maka akan melekat silaturahim saling berjabat tangan, saling memaafkan, saling berkunjung, saling menyapa dan tersenyum.

Salah satu contoh Secara harfiah, syawal berarti peningkatan. Secara maknawi bulan Syawal dapat diartikan sebagai masa peningkatan amal ibadah dimana sebelumnya di bulan Ramadhan yang telah lalu, karena bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan. “Doa-doa dimustajabah, maka berdoalah yang baik-baik, kalau bisa diminta tetap menjaga tali silaturahmi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PC Muhammadiyah Kisaran Timur Mukhtasar, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi dan halal bi halal ini diadakan dalam rangka memperkokoh, membuka diri untuk bersama-sama menjadi pribadi dengan karakter yang baru, sehingga para pimpinan bisa menjadi teladan. Guru adalah sosok yang profesional agar AUM dan persyarikatan menjadi lebih baik lagi PC Muhammadiyah Kisaran Timur tetap selalu memberikan bantuan beasiswa pelajar dan disumbangkan kemaslahatan umat atau siswa yang tidak mampu.

Alhamdulillah,silaturahmi syawal ini sekaligus pembukaan pengajian berkalaPC Muhammadiyah Kisaran Timur berjalan sukses.

Disamping itu, dalam acara tersebut telah dilelang sebagai orangtua asuh bagi siswa MTs yang tidak mampu sebanyak 20 orang,untuk membantu biaya pendidikan nya (dalam bentuk beasiswa uang sekolah).“ pungkasnya.

Selalu berbuat baik dengan Cara Menjalin Silaturahmi dengan Sahabat dan Saudara mengunjunginya rumah kerabat. Memenuhi Undangannya, Berkata yang Baik, Mengajak Kepada Perintah dan Menjauhi Larangan Allah. (MPI)

Exit mobile version