LPO PDM Bantul “Makmur Masjidnya, Bugar Jamaahnya”

LPO PDM Bantul “Makmur Masjidnya, Bugar Jamaahnya”

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Hadirnya Lembaga baru yang mengurusi olahraga merupakan sebuah strategi untuk  memperkuat sayap dakwah persyarikatan. Setelah pengukuhan pengurus PDM Bantul, Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) telah menggelar rapat perdana. Pertemuan ini berlangsung Jumat 12 Mei 2023 di Ruang Sidang Kantor PDM Bantul.

Pada rapat perdana ini para pengurus LPO PDM Bantul menyamakan persepsi mengenai program prioritas yang akan dilaksanakan di awal masa baktinya. Dalam diskusi hangat para pengurus sepakat menjadikan masjid sebagai episentrum aktivitas masyarakat melalui gerakan berolahraga dengan motto “makmur masjidnya, bugar jamaahnya”.

Guna mewujudkannya LPO PDM Bantul di awal masa baktinya mengambil strategi dengan memilih 4 prioritas kegiatan pada program kerjanya yaitu kejuaraan tenis meja antar masjid, menggalakkan senam bugar Muhammadiyah (SEGARMU), penyuluhan olahraga, dan kejuaraan nasional Tapak Suci.

Kejuaraan Tenis Meja (pingpong) Antar Masjid

Olahraga tenis meja/pingpong dinilai tepat sebagai alternatif aktifitas fisik jamaah masjid baik usia anak, remaja, dan dewasa. Olahraga ini tidak membutuh tempat yang luas, hanya perlu disediakan sebuah meja pingpong. Bahkan selain untuk berolahraga meja pingpong dapat pula dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan masjid, misalnya menata konsumsi pengajian.

Melalui olahraga pingpong, diharapkan dapat pula menambah intensitas silatirohmi jamaah masjid. Aktivitas pingpong di masjid diduga dapat menjadi daya tarik bagi para remaja untuk senang ke masjid, sehingga diharapkan menambah populasi jamaah dan aktivis masjid dari kalangan muda. Di sinilah kita membawa misi memakmurkan masjid dengan pendekatan aktifitas olahraga.

Untuk mendorong berseminya kegiatan latihan pingpong di masjid, bahkan mungkin menstimulasi lahirnya klub-klub olahraga tenis meja di bawah naungan takmir masjid, maka LPO PDM Bantul memprogramkan Kejuaran Tenis Meja/Pingpong antar Kontingen Masjid se Bantul. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada semester pertama LPO PDM Bantul bekerja, sekitar November 2023 sekaligus menyemarakkan Milad Muhammadiyah.

LPO PDM Bantul dengan kegiatan ini juga akan menyusun database pemain-pemain pingpong masjid. Database ini akan diserahkan misalnya kepada LDK PDM Bantul, PCM se-Bantul, dan ortom agar dapat ditindaklanjuti untuk diajak mengikuti kegiatan-kegiatan Muhammadiyah dan ortom. Dengan demikian manfaat program pingpong di masjid ini selain mendorong makmurnya masjid dan bugarnya jamaah, juga menambah masuknya kader-kader baru persyarikatan dari kalangan komunitas olahragawan tenis meja.

Senam Bugar Muhammadiyah (SEGARMU)

SEGARMU adalah senam karya Titis Nurina seorang kader Aisyiyah Bantul, yang bermanfaat untuk melatih kebugaran. LPO PDM Bantul akan memanfaatkan senam ini untuk meningkatkan kebugaran jamaah Muhammadiyah di seluruh Bantul dan sekaligus menjadi sarana pendekatan dakwah berbasis olahraga rekreatif. Pada Milad Muhammadiyah Bulan November nanti LPO PDM Bantul berharap dapat menggelar senam ini secara massal di salah satu fasilitas public di Bantul, misalnya Lapangan Desa Trirenggo yang Lurahnya juga anggota LPO PDM Bantul.

Strategi yang akan dilaksanakan diawali dengan pelatihan instruktur SEGARMU yang segera dilaksanakan di Bulan Juni 2023. Setelah memiliki tim instruktur akan ditindaklanjuti dengan sosialisiasi SEGARMU ke PCM, PCA, PRM, PRA. Harapannya SEGARMU ini akan menjadi senam yang dipraktikkan hingga di masjid-masjid sehingga jamaahnya selalu bugar, sehat, dan bahagia.

Penyuluhan Olahraga

Olahraga adalah sarana dan ihtiar untuk bugar dan sehat, tentu apabila dilakukan secara benar. Bisa jadi olahraga malah membuat sesorang menjadi sakit apabila keliru dalam berlatih. Sebagai contoh bersepeda itu baik dan membuat tubuh menjadi bugar. Akan tetapi jika beban latihannya terlalu berat bisa berdampat buruk bagi Kesehatan, minimal kelelahan. Maka beberapa kali kita dengan berita seorang olahraga bersepeda malah pingsan dan harus dirawat di rumah sakit.

Tentu saja LPO PDM Bantul berkepentingan menjaga jamaah Muhammadiyah untuk bisa berolahraga dengan benar dan aman. Maka penyuluhan olahraga dirasa penting untuk membina jamaah agar dapat menikmati manfaat olahraga secara optimal dengan meminimalkan risiko. Kegiatan penyuluhan dapat dilakukan di kegiatan cabang, ranting, ortom, dan masjid. Diharapkan pada Bulan Juli 2023 tim penyuluhan olahraga LPO PDM Bantul sudah dapat melayani jamaah.  Tim penyuluhan juga berkemampuan melayani konsultasi latihan olahraga yang tepat untuk jamaah dalam kondisi kesehatan tertentu.

Kejuaraan Nasional Tapak Suci

Muhammadiyah memiliki olahraga yang sudah mentradisi yaitu pencak silat Tapak Suci. Maka untuk menggembirakan pembinaan Tapak Suci juga diprogramkan kejuaraan nasional terbuka secara pemasalan. LPO PDM Bantul melihat history lahirnya Tapak Suci di Yogyakarta, maka pihaknya bertekad untuk menggelar kejuaraan berskala besar di bumi lahirnya perguruan pencak kebanggaan Muhammadiyah ini.

Kegiatan ini direncanakan digelar di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Kasihan Bantul dengan menggelar 6 gelanggang dengan ribuan peserta. Karena perlu persiapan yang lumayan pelik, maka kegiatan ini dijadwalkan berlangsung setelah pilpres/pemilihan umum 2024. LPO PDM Bantul optimis bisa merealisasikan rencana ini karena sumber daya Tapak Suci Bantul dinilai cukup memadai dan berpengalaman dalam membuat banyak even kejuaraan.

Rakerda LPO PDM Bantul

Sementara itu Ketua LPO PDM Bantul Yudha Kurniawan menjelaskan pihaknya akan melaksanakan Rakerda tanggal 2 Juni 2023 di ruang Sidang PDM Bantul jalan Ahmad Yani 31 Bantul. Fokus LPO PDM Bantul dalam rakerda adalah mematangkan setiap kegiatan yang ditargetkan di periode Juli – Desember 2023 dengan 3 program kegiatan, serta periode Januari – Juli 2024 dengan 1 kegiatan besar.

Rakerda juga akan menyempurnakan dengan program lain, setidaknya LPO PDM Bantul ingin ada kegiatan yang sifatnya bermanfaat untuk PS Hizbul Wathon Bantul. Harapannya saat rakerda pengurus LPO PDM dari kalangan ahli sepakbola bisa hadir dan memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut.

Kegiatan rakerda LPO PDM Bantul  merupakan tindak lanjut dari pembekalan pengurus Majelis dan Lembaga PDM Bantul yang direncanakan berlangsung 1 Juni 2023 di Amphiturium Universitas Ahmad Dahlan di Banguntapan Bantul. Yudha menegaskan bahwa pihaknya langsung ngegas pol, usai pembekalan seluruh pengurus sehari kemudian LPO PDM Bantul langsung rakerda. (yudha)

Exit mobile version