‘Outing Class’ Ciptakan Suasana Pembelajaran yang Berbeda

'Outing Class' Ciptakan Suasana Pembelajaran yang Berbeda

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Kegiatan Outingclass merupakan kegiatan rutin dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Didampingi guru guru yang berkompeten dalam bidang sejarah dan lainnya ini dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2023.

Pemberangkatan menuju lokasi sekitar 4 jam lebih kurang Kisaran menuju kota Medan. Disini Ada 2 lokasi yang menjadi sasaran tempat yang kami kunjungi yaitu Musium Galeri Rahmatsyah “RAHMAT INTERNATIONAL WILDLIFE MUSEUM & GALLERY “, Observatorium Ilmu Falaq Univesitas (OIF) Muhammadiyah Sumatera Utata. Imbuhnya

Di objek pertama kunjungan, siswa – Siswi dan didampingi guru guru dapat melihat replika seluruh binatang, kerangka Hewan pada zaman pra sejarah. Disana siswa dapat menengal sejarah berdirinya musium rahmat international wildlife museum & gallery . Musium ini menggambarkan tetntang sejarah sejarah yang mana terdapat berbagai koleksi berbagai macam flora dan fauna, yaitu: 3.752 buat koleksi herbariun (awetan) dalam kerangka dan fosil,, 30% lainnya berupa preparat hewan.

Dari hasil analisa, menurut( Ade Kurniawan ) PKS.1 Bidang kurikulum SMA Muhammadiyah 8 Kisaran , hampir rata rata dalam sehari beberapa unit sekolah daerah sumatera utara berkunjung dalam program pembelajaran “ Outingclass, baik PAUD, SD, SMP,SMA, bahkan sekolau tinggi PARIWISATA.” program pembelajaran diluar kelas yang mana maksud tujuan pembelajaran tersebut menujukkan Kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas oleh SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.

Oleh sebab itu yang tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya, Outing Class ini merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam pembelajaran, menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung sehingga pembelajaran ini sangat diminati bahkan disenangi siswa – siswi dimana mereka dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan nyata dan menganalisa sebab dan akibat sebagai bahan materi pembelajaran secara langsung.

Selain itu Objek yang kedua yang kami kunjungi yaitu Observatorium Ilmu Falaq (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tepatnya berada di Jl. Denai – Medan. Hal ini sebagai siswa siswi SMA Muhammadiyah di wajibkan mengenal program pembelajaran tersebut, dijelaskan dalam Ilmu falak atau lebih dikenal dengan istilah ilmu hisab adalah ilmu yang mempelajari lintasan benda-benda langit sepeeti matahari, bulan, dan bumi untuk mengetahui posisi dan kedudukan benda langit yang satu dengan benda langit lainnya.

Mempelajari ilmu falak adalah sebuah fardhu kifayah bagi umat muslim untuk membantu kesempurnaan pelaksanaan ibadah kepada Allah swt. Dan Penentuan arah kiblat. Perhitungan waktu shalat. Perhitungan awal bulan, Perhitungan gerhana matahari dan bulan.

“Disini juga siswa dikenalkan tentang perbedaan ilmu falaq dan ilmu Astronmi, dan film tentang Astronomi. Banyak ilmu yang dipelajari siswa terkait outingclas yang dikunjungi sebab bukan saja jurusan IPA melainkan jurusan IPS tetap berperan aktif mengenali pembelajaran pembelajaran berkaitan dengan ilmu Alam,” ungkapnya.

Sebagai siswa pentingnya pembelajaran di luar kelas, dengan proses adaptasi dan mengenal manfaat di antaranya, menambah pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan sekitar, mengurangi kejenuhan dalam belajar, merangsang kreativitas, meningkatkan motivasi belajar, dan sebagainya. Mudah mudah pembelajaran ini bermanfaat untuk kreatifitas dan inovatif siswa. (Ade. K)

Exit mobile version