Lepas 372 Lulusan, SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Antar Siswa Jadi BMW

Lepas 372 Lulusan, SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Antar Siswa Jadi BMW

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 372 peserta didik dinyatakan lulus oleh Kepala SMK Muhammadiyah 8 Siliragung (SMK Models) Banyuwangi Muhlas Efendi. Pengumuman kelulusan ini disampaikan bersamaan dengan rangkaian Purnawiyata ke-19 SMK Models yang bertempat di Basement Edhotel (Education Hotel) milik sekolah yang berada di Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (20/05/2023).

Hadir dalam wisuda ini perwakilan Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim Wilayah Banyuwangi, Forum Pimpinan Kecamatan Siliragung, Komite Sekolah, Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi, Sutrisno Hadi, serta beberapa perwakilan dari lembaga dan perusahaan yang menjadi mitra dalam program pendidikan vokasi.

“Hari ini sekolah kami melepas 372 peserta didik yang terdiri dari 7 Kompetensi Keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Usaha Layanan Pariwisata (ULP), Perhotelan, dan Teknik Alat Berat (TAB),” ucap Kepala SMK Models, Muhlas Effendi.

Lebih lanjut Muhlas menyampaikan khusus TAB adalah angkatan pertama yang lulus, karena TAB merupakan jurusan yang baru berdiri 3 tahun lalu. Sebanyak 223 sudah diterima diperusahaan dalam negeri baik disektor pertambangan, manufactur dan konveksi, 25 melanjutkan ke perguruan tinggi Negeri dan Swasta, 77 menyatakan siap berwirausaha, Sedang sisanya masih dalam tahap pembinaan untuk jenjang berikutnya, apakah akan belajar, bekerja atau berwirausaha.

“Kami berharap para siswa yang sudah dinyatakan lulus, mampu menjaga nama baik almamater, dan semoga bisa berguna bagi masyarakat. Yang jelas SMK Models siap mengantarkan siswa bisa menjadi BMW (Bekerja, Melanjutkan Kuliah, dan Wirausaha). Terakhir untuk kalian yang hari ini lulus teruslah belajar, ojo wedi kliru (jangan takut salah) karena kita sejatinya sebagai manusia adalah seorang pembelajar ” harapnya.

Dalam wisuda kali ini, sekolah juga memberikan apresiasi kepada sejumlah siswa berprestasi, baik dari segi akademik maupun non akademik. Dan menghadapi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun ajaran depan sudah ada sekitar 400 siswa yang telah mendaftar untuk sekolah di SMK Models. Meski sekolah ini berada didaerah yang jauh dengan pusat kota, jumlah siswa yang mendaftar bisa menyaingi siswa disekolah negeri.

Ini menunjukkan bukti bahwa peserta didik mendapat pembelajaran di SMK Muhammadiyah 8 Siliragung bukan hanya ilmu yang didapatkan, tetapi sekolah juga memberikan program pengembangan karakter, pembelajaran kewirausahaan, dan kegiatan produktif lainnya. Ditunjang lagi dengan pendalaman karakter akhlak, sehingga menjadi percontohan sekolah Eco-Bhinneka dengan beragam siswa multi budaya dan agama. (Rizkie/Fella)

Exit mobile version