PWM Kalteng Resmikan SDMT Ahmad Dahlan Pulang Pisau

PWM Kalteng Resmikan SDMT Ahmad Dahlan Pulang Pisau

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S Hut, MP menggunting pita sebagai tanda peresmian perdana Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu (SDMT) KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lantai Dasar Masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau, setelah mengikuti acara pembukaan Musyawarah Daerah ke-3 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kabupaten Pulang Pisau tanggal 20 Mei 2023.

Ruang belajar SDMT akan menggunakan salah satu ruangan yang ada di lantai dasar Masjid KH Ahmad Dahlan.

Saat peresmian dihadiri pula oleh unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng Dr.dr Suyuti Samsul, MPPM, Dr. Saijo, S.P., M.P., Ketua III PW Aisyiyah Kalteng Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd, Bendahara PW Aisyiyah Dr. Hj. Iin Nurbudiyani, M.Pd, dan Ketua Majelis Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah Sri Winarsih, M.Pd. serta Ketua dan Pengurus Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Pulang Pisau, turut hadir dari Unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kapuas.

Selain meresmikan SDMT, PW Muhammadiyah Kalteng sekaligus meresmikan berdirinya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sang Surya yang berada di lokasi Masjid KH Anmad Dahlan.

Wakil Ketua PW Muhammadiyah Kalteng Fahrizal Fitri berharap SDMT Pulang Pisau menjadi tempat pendidikan yang dapat membentuk kecerdasan dan kepribadian siswa berdasarkan nilai-nilai islam kemuhammadiyahan.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, SDMT KH Ahmad Dahlan resmi dibuka, Semoga Kedepan SDMT ini akan menjadi sekolah unggulan dan favorit bagi orang tua siswa, sekaligus mencetak kader Muhammadiyah. Kami akan coba untuk memfasilitasi dukungan pembangunan fisik ke kemendikbud dan CSR Perusahaan Perkebunan” katanya.

Sementara H. Supardi S.Sos, M.AP selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammaduyah Pulang Pisau bersyukur kepada Allah SWT atas peresmian SDMT KH Ahmad Dahlan dan PKBM “Sang Surya”, InsyaAllah dari Sekolah akan ini lahir generasi penerus yang memajukan Kalimantan Tengah, Khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.

“Terkait PKBM saya sarankan ada komunikasi intensif dengan lurah dan kades yang ada di lokasi sekitar PKBM, karena mereka tahu warganya yang tidak sekolah atau putus sekolah” kata Supardi.

Supardi menjelaskan, Saat ini PDM Pulang Pisau juga sedang melaksanakan program-program  yang mewarnai dunia pendidikan di kabupaten Pulang Pisau, dengan membangun Amal Usaha Muhammadiyah  baik yang sudah berjalan maupun yang sedang merintis, seperti PAUD/Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal di cabang-cabang , SMP/SMK Muhammadiyah di Kecamatan Kahayan Kuala, selain itu juga sedang merintis pembangunan Makam Muhammadiyah (Maghbarah) di tanah milik persyarikatan.

“Kami juga mohon doa dan dukungan semua pihak, Saat ini Muhammadiyah Pulang Pisau sedang dalam proses untuk persiapan pendirian dari UM Palangka Raya menjadi perguruan tinggi Muhammadiyah Pulang Pisau,” tuturnya.

SDMT KH Ahmad Dahlan adalah sekolah dasar islam yang menggunakan kurikulum Nasional plus, yaitu integrasi antara kurikulum Kemendikbud dan kurikulum internal dikombinasikan dengan kurukulum Muhammadiyah. Sistem pembelajaran berbasis karakter, IKM, Pelajar , Pancasila, Informasi Teknologi dan outing class.

Sementara PKBM “Sang Surya” siap menampung anak putus sekolah, untuk mendapatkan ijazah jenjang kesetaraan sesuai paket yang diikuti , baik anak-anak, remaja, dan orang tua. Semua bisa diikuti tanpa biaya.

Dengan berdirinya amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, menjadikan nilai dakwah Muhammadiyah Pulang Pisau yang lebih baik dalam mewujudkan sekolah yang unggul dan berdaya saing. (Bonni)

Exit mobile version