Guru SMK Muhammadiyah Muntok Go Internasional

Belajar Pengelolaan Pariwisata Berbasis STEM di Singapura

Guru SMK Muhammadiyah Muntok Go Internasional

BANGKA, Suara Muhammadiyah – Kepala Jurusan SMK Muhammadiyah Muntok Bangka terpilih sebagai salah satu peserta Pelatihan STEM dan Digitalisasi di Nanyang Politeknik Singapura. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 22 – 26 Mei 2023. Acara yang diinisiasi oleh Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Temasek Foundation dan Nanyang Polytehcnic International.

Menurut Adithya Isnaeni, Kajur SMK Muhammadiyah Muntok , mengatakan “ Nanyang Polythecnic merupakan salah satu kampus terbaik yang berlokasi di 180 Ang Mo Kio Avenue 8 Singapore. Kampus Nanyang Polytechnic terletak tepat di samping stasiun MRT Yio Chu Kang . Jika naik MRT kita dapat menggunakan Red Colour North South Line

Lebih lanjut Adittya menjelaskan peserta pelatihan ditempatkan di The NYP Apartemen Blok 170. Fasilitasnya sangat mewah, setara dengan Hotel bintang 3. Peralatan masak lengkap tersedia. Air kran dapat diminum oleh penghuni . Yang menarik dari kampus ini adalah begitu lengkapnya informasi yang ada di sudut sudut kampus. Peta kampus dipasang disetiap lantai untuk memudahkan tamu dan mahasiswa. Selain itu juga banyak display ditampilkan di setiap sudut dengan penataan yang menarik. Lift kampus dipenuhi dengan informasi yang bermakna.

Nanyang Polytechnic memiliki enam fakultas akademik, yang menawarkan beragam kursus. Peserta diajak berkeliling ke beberapa lokasi diantaranya Nanyang Polytechnic School of Applied Science (NYP SAS) atau Sekolah Sains Terapan. Ditempat ini menerima kunjungan lapangan ke pabrik farmasi. SAS menyediakan program keterikatan industri di mana siswa dapat memperoleh pengalaman belajar langsung dari industri ilmu kehidupan sebelum mereka lulus. Peluang untuk bergabung dengan perusahaan di luar negeri juga tersedia di bawah Program Penempatan Industri Luar Negeri.

Nanyang Polytechnic School of Bisnis Management (NYP SBM) atau Sekolah Manajemen Bisnis Politeknik Nanyang mensimulasikan lingkungan “Perusahaan Pengajaran” modern yang selaras dengan perkembangan terkini di dunia bisnis nyata. Para mahasiswa memiliki kesempatan untuk bekerja di lingkungan bisnis yang sebenarnya dan mempelajari modul bisnis utama dalam dua tahun pertama, sebelum berspesialisasi dalam tahun kedua dan terakhir studi di Sekolah Manajemen Bisnis (NYP MBS).

Nanyang Polytechnic School of Design & Media (NYP SDM) atau Sekolah Desain & Media (menyediakan pelatihan arsitektur, desain produk dan gerak, media digital, animasi dan pengembangan game.

Nanyang Polytechnic School of Engineering (NYP SEG) atau Sekolah Teknik memiliki lingkungan belajar yang berorientasi pada praktik yang berfokus pada pembuatan, perancangan, implementasi, dan pengoperasian sistem dan solusi teknik.School of Information Technology (NYP SIT) atau Sekolah Teknologi Informasi menawarkan pendekatan pengajaran dan pembelajaran kontekstual di mana siswa dapat bekerja penuh waktu pada proyek: mengambil konsep teoretis dan mengubahnya ke dalam solusi dunia nyata.

School of Health & Social Sciences (NYP SHSS) atau Sekolah Ilmu Kesehatan & Sosial adalah sekolah yang didirikan di mana peserta didik dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi profesional layanan kesehatan dan sosial.

Inspirasi bagi Aditya dari sekian banyak lokus di School of Health & Social Sciences (NYP SHSS) menjadi tempat yang sangat inspiratif. “Sebagai salah satu pengajar di SMK Muhammadiyah Muntok Bangka ketertarikan melihat aktivitas dan sarana penunjang sangat bergelora. Terlihat dari balik jendela lengkapnya peralatan yang digunakan. Namun dapat dipastikan beberapa peralatan tersebut juga sudah dimiliki sekolah di Bangka.” Jelasnya

Para mahasiswa juga terlhat sedang diajarkan teknik membuat makanan bahan olahan menjadi produk. Seragam yang digunakan seperti celemek sudah dimiliki oleh siswa SMK Muhammadiyah Muntok Bangka. Tetapi topi koki (hat cook) yang dipakai dikepala mahasiswa dan dosen nya sangat unik. Keunikan ini akan diadopsi untuk di SMK Muhammadiyah Muntok Bangka.

Pada School of Health & Social Sciences (NYP SHSS) juga tersedia teaching factory dengan business name nya L’REZ. Seluruh operasional kegiatan dikelola oleh mahasiswa. Licence number dari Singapore Food Agency dipajang dengan indah. Terpasang pula bel yang sangat antik dan unik.

“Terimakasih Majelis Pendidikan Dasar Menegah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah atas dukungan sehigga kami bisa belajar secara langsung menyaksikan aktivitas teaching factory memantapkan niat untuk mengembangkan SMK Muhammadiyah Muntok Bangka menjadi salah satu sekolah perhotelan pilihan dan unggulan di Indonesia,” ucapnya.

Exit mobile version