Ketua PP ‘Aisyiyah Sampaikan Pesan Penting untuk Kader

Konsolidasi, Perkuat Jaringan dan Kolaborasi Amal Usaha

Ketua PP 'Aisyiyah Sampaikan Pesan Penting untuk Kader

MEDAN, Suara Muhammadiyah  –  Ketua PP Aisyiyah Dr. Siti Noordjannah Djohantini melakukan kunjungan ke Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara. Kunjungan itu serangkaian dengan peresmian Gedung Dakwah Muhammdiyah Sumut oleh Ketum PPM Prof. Dr. Haedar Nashir. Kunjungan Ketua PPA itu merupakan kunjungan pertama ke Sumatera Utara pasca Muktamar ke-48.

Kunjungan Ketua PPA itu dimanfaatkan PW Aisyiyah Sumut untuk mendapatkan pencerahan terkait beberapa program strategis ‘Aisyiyah Sumatera Utara pasca Musywil ke-13.

Hadir Ketua PWA Sumut Dr. Nur Rahmah Amini MAg, Sekretaris Yunir R. Yoga, Wakil Ketua yang membidangi Majelis Kesehatan dr. Robitah Asfur dan Ketua LPPA Dr. Syafrida Hani.

Ketua PW Aisyiyah Sumut Dr. Nur Rahmah Amini melaporkan perkembangan Aisyiyah Sumut pasca Musywil ke-13 dimana majelis dan lembaga sudah terbentuk, kemudian saat ini sedang berlangsung musyawarah daerah Aisyiyah di berbagai daerah dan rencana orientasi dan rakerpim Aisyiyah Sumatera Utara.

Pada pertemuan itu hadir jajaran Majelis Kesehatan terkait dengan rencana pengembangan amal usaha kesehatan, seperti rumah sakit dan klinik serta Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPPA) terkait dengan rencana pendirian perguruan tinggi ‘Aisyiyah di Sumatera Utara.

Konsolidasi dan Sinergisitas Organisasi

Ketua PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini menyampaikan apresiasi atas selesainya Musywil Aisyiyah Sumut dan terbentuknya majalis dan lembaga yang nantinya akan menjadi ujung tombak bagi pelaksanaan program-program Aisyiyah lima tahun ke depan. Noordjannah Djohantini mengapresiasi masuknya kader-kader muda Aisyiyah yang profesional. ” Masuknya kader profesional, menjadi penting bagi menjadikan Aisyiyah sebagai organisasi perempuan berkemajuan,” sebutnya.

Terkair kader-kader muda (dan profesional) adalah jawaban bila selama ini Aisyiyah merasa seakan kekurangan kader. Tapi saat ini, Aisyiyah memiliki kader yang berlimpah. Dan itu harus dioptimalkan bagi kemajuan Aisyiyah.

Ada beberapa pesan penting yang disampaikan, mulai dari konsolidasi organisasi di wilayah, daerah, cabang dan ranting. Kemudian melakukan kolaborasi dan membangun jaringan. Aisyiyah memiliki jaringan yang besar baik dilingkungan internal, amal usaha dan jaringan eksternal untuk dilakukan kerja-sama strategis.
Aisyiyah Sumatera Utara saat ini memiliki beberapa amal usaha kesehatan seperti klinik di Pematang Siantar, Medan, Binjai, Karo dan Asahan. Diharapkan dalam waktu dekat, ada pengembangan dari Klinik menjadi Rumah Sakit. Demikian juga harapan PP Aisyiyah agar dipersiapkan satu perguruan tinggi milik Aisyiyah.

Untuk itu, PW Aisyiyah Sumut akan mendorong Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Medan yang sudah merencanakan pendirian perguruan tinggi itu untuk dapat merealisasikan  disamping rencana yang sama oleh PW Aisyiyah Sumatera Utara. Untuk itu, PW Aisyiyah menugaskan LPPA untuk melakukan kajian dan studi banding ke wilayah yang sudah sukses mendirikan perguruan tinggi Aisyiyah guna dijadikan model.

Ketua PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini dan unsur pengurus PW Aisyiyah Sumut ikut serta dalam proses peresmian gedung dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara yang baru selesai. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version