Khutbatul Wada’ Ponpes Almatera Temanggung

Khutbatul Wada’ Ponpes Almatera Temanggung

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah – Khutbatul Wada’ Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Temanggung tahun pelajaran 2022/2023 yang  mengambil tema “Mewujudkan Generasi Robbani Mencerdaskan Peradaban Bangsa” , merupakan puncak kegiatan bagi santri kelas IX dan XII yang dilasanakan pada hari Sabtu, (3/6/2023) di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)  Jalan Kertosari Temanggung.  Ketua panitia Khusni Asyibai bersama dengan  segenap panitia, beberapa hari sebelumnya telah mempersiapkan dengan matang terhadap segala kebutuhan yang diperlukan demi suksesnya acara.

Para tamu undangan yang hadir berasal dari lembaga pemerintah, pengurus PD Muhammadiyah, PD Aisyiyah  para wali santri yang berasal dari berbagai daerah di luar pulai Jawa dan para wisudawan dan wisudawati yang memenuhi  gedung pertemuan IPHI. 241 santri yang diwisuda berasal dari unit pendidikan Madrasah Tsanawiya, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan di bawah  lembaga pendidikan pondok pesantren.

Dalam sambutannya, Direktur pondok Syamsuri Adnan mengucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan dan para wali santri yang telah memberikan kepercayan kepada pondok pesantren untuk mendidik putra dan putrinya. “Semoga dengan kepercayaan yang diberikannya memberikan ilmu yang manfaat bagi para santri untuk bekal nanti dan bisa dikembangkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, terutama bagi santri kelas XII ” lanjutnya.

Predikat santri teladan yang diumumkan diakhir prosesi wisuda, setandarnya diukur berdasarkan prestasi terbaik di bidang akhlaq, nilai akademik dan nilai nonakademik. Adapun santri teladan pada tahun pelajaran 2022/2023 dari unit Madrasah Tsnawiyah diraih oleh Alya Nurul Taqiyah putri Bapak Kamil asal Kranggan Temanggung, unit Sekolah Menengah Pertama diraih oleh Husna Azahra putri Bapak Muhajir asal Salaman Magelang, unit Sekolah Menengah Kejuruan diraih oleh Muhammad Al Khamarizmi putra Bapak Khamid asal Grabag Magelang, dan dari unit Madrasah Aliyah diraih oleh Yasmin  Nayla Husna putri Bapak Fajar Agung Triaji asal Wanayasa Banjarnegara.

Dipenghujung acara khutbatul wada’ yang diisi tausyiyah oleh Dr.Syakir Jamaludin, MA. Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Kaderisasi Mubaligh Majlis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Menekankan pentingnya akhlaq yang harus diberikan kepada para santri sebagai generasi penerus untuk generasi tua.

“Sangat tepat para santri di pondok pesantren dibekali dengan dasar akhaq yang kuat, supaya dalam menjalani hidup yang tantangannya semakin berat, para santri mempunyai bekal agama yang kuat dan tidak goyah dengan berbagai jenis godaan apapun,” sambungnya.

Sebagai penghargaan kepada santri teladan dari Pondok Pesantren Almatera Temanggung, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan beasiswa kepada Yasmin  Nayla Husna asal Wanayasa Banjarnegara. (A Khamid)

Exit mobile version