PDM Gunungkidul Apresiasi Program Tsaqifa Masjid Al-Muhajirin Teken

PDM Gunungkidul Apresiasi Program Tsaqifa Masjid Al-Muhajirin Teken

PDM Gunungkidul Apresiasi Program Tsaqifa Masjid Al Muhajirin Teken

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Pada Sabtu, 3 Juni 2023 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul memberikan apresiasi program pelatihan cara cepat baca Al-Quran metode Tsaqifa yang diselenggarakan Masjid Al-Muhajirin Teken, Tileng, Gunungkidul. Pemberian apresiasi itu dilakukan bertepatan dengan pengajian tasyakuran atas lulusnya 14 peserta pelatihan tsaqifa yang ditempuh selama kurang lebih dua bulan. Pengajian tersebut dihadiri sejumlah pengurus PCM, PCA dan PCNA Girisubo.

Sareno, Ketua Takmir Al- Muhajirin menyampaikan bahwa pelatihan tsaqifa ini merupakan program Kerjasama antara PCM Girisubo dan PDM Gunungkidul yang dimulai pada bulan Ramadhan 1444 H kemarin. PCM Girisubo menyelenggarakan program ini di 5 masjid sebagai pilot project di kapanewon Girisubo. Kelima masjid itu adalah Al-Muhajirin Teken binaan Marwati, Al-Balad Karanggede binaan Listiana Indawati, Al-Huda Ngalangombo binaan Wismanto, Al-Falah Nglindur binaan Vema Asnawati dan Al-Mujahidin Nglaban binaan Desi Ita. Dari ke lima masjid ini ternyata Al-Muhajirin Teken mampu finish pertama dalam menyelesaikan pelatihan.

Sadmonodadi, Ketua PDM dalam sambutanya mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung program inovatif ini. Beliau mengungkapkan harapanya agar masjid-masjid lain segera menyusul yang mengikuti program pelatihan baca al-Quran baik metode tsaqifa maupun metode lain. Apabila warga masyarakat mampu membaca al-Quran maka akan menjadi penyebab terbukanya pintu-pintu kebaikan. Di akhir sambutanya beliau menyerahkan piagam penghargaan kepada 14 jamaah yang lulus program tsaqifa.

Wismanto dalam tausiyahnya menjelaskan arti pentingnya berinteraksi dengan al-Quran. Seorang yang dekat dengan al-Quran berarti dekat dengan Allah SWT. Banyak sekali keutamaan berinteraksi dengan al-Quran diantaranya, al-Quran sebagai solusi dari semua problem hidup. Al-Quran sebagai sumber pengetahuan. Al-Quran juga dapat meninggikan derajat pembacanya di hari kiamat. Demikian tutur wismanto mengakhiri acara malam apresiasi peserta pelatihan tsaqifa masjid Al-Muhajirin Teken tersebut. (diko)

Exit mobile version