Hadirkan Tamu Internasional, STIKES Muhammadiyah Hasilkan Penelitian Farmasi Berkualitas

Hadirkan Tamu Internasional, STIKES Muhammadiyah Hasilkan Penelitian Farmasi Berkualitas

KUNINGAN, Suara Muhammadiyah – Salah satu tujuan Program Studi Sarjana Farmasi adalah menghasilkan karya penelitian bidang farmasi yang berkualitas, berkelanjutan dan relevan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Ketua STIKES Muhammadiyah (STIK MK) Kabupaten Kuningan, Apt. Wawang Anwarudin, M.Sc pada saat kegiatan Kuliah Tamu Internasional, Selasa (6/6/2023).

Kuliah tersebut mengangkat tema ‘Things Pharmacy Student Should Consider Before Conducting Research’ dengan Nasasumber Assoc. Prof. Thang Nguyen, Ph.D dari Can Tho University of Medicine and Pharmacy Vietnam.

“Dalam rangka perubahan bentuk menuju Universitas, STIKes Muhammadiyah Kuningan berbeda dengan biasanya STIK MK berkolaborasi dengan Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon (STF MC) dalam menggelar kegiatan kuliah tamu internasional. Kegiatan ini dilaksanakan secara online via Zoom Meeting dan iikuti seluruh civitas STIK MK dan STF MC,” ungkap Wawang Anwarudin.

Ia menerangkan, dalam workshop membahas tentang hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh mahasiswa farmasi sebelum melakukan penelitian dan ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut.

“Acara ini diawali dengan perkenalan diri dari narasumber dan dilanjutkan dengan pembahasan materi dengan pengantar tentang hal-hal yang harus diperhatikan mahasiswa farmasi sebelum melakukan penelitian,” terangnya.

Selain itu, Wawang menyampaikan peserta juga diarahkan untuk memahami apa yang paling penting dalam sebuah penelitian. Para peserta sangat antusias menyimak materi yang sebenarnya cukup dalam, tetapi disampaikan cukup menarik oleh narasumber, sehingga Kuliah Tamu hari ini menjadi sangat interaktif.

“Kemampuan yang diberikan kepada setiap orang pasti memiliki tujuan, karena itu peserta diarahkan untuk belajar merencanakan tujuan dari sekarang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga seluruh peserta turut memeriahkan kegiatan kuliah tamu ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber, baik dosen maupun mahasiswa STIK MK dan STF MC. (OM)

Exit mobile version