Musyda Padangsidimpuan: Dr Anhar Pimpin PDM, Dr Yusriani Nasution Pimpin PDA

Musyda Padangsidimpuan: Dr Anhar Pimpin PDM, Dr Yusriani Nasution Pimpin PDA

PADANGSIDIMPUAN, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Padangsidimpuan, kali ini dipimpinan dua wajah baru, yakni Dr. Anhar MA dan Dr. Yusriani Nasution MP. Keduanya terpilih pada Musyawarah Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-4 Kota Padangsidimpuan. Musyda yang berlangsung pekan lalu itu juga diikuti dengan Musyda Nasyiatul Aisyiyah. Pada musyda ini Nikmah Sari Hasibuan terpilih menjadi Ketua PD NA.

Terpilihnya tiga kader persyarikatan, Muhammadiyah, Aisyiyah dan NA itu disambut sukacita dan diharapkan dapat membawa Muhamamdiyah pada kemajuan yang mencerahkan.

Musyawarah Daerah serentak di gelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl.Imam Bonjol Wek V tugu Siborang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketia PWM Sumatera Utara Muhammad Basir Hasibuan, M.Pd sementara pada Musyawarah Daerah Aisyiyah hadir Dr. Nur Rahmah Amini, Salmi Abbas MA dan Dr. Elizar Sinambela dan Nasyiatul Aisyiyah dihadiri PW NA Tis’atu Kamilah.

Proses pemilihan Pimpinan baru Muhammadiyah berlangsung sangat damai, yang mana panitia pemilihan telah menetapkan peraturan sesuai dengan ADRT Persyarikatan Muhammadiyah. Dari semua calon telah disaring dan dipilih sesuai dengan pilihan masing – masing anggota pemilih.. Ada sebanyak 26 calon pimpinan kemudian di pilih Formatur menjadi 13 orang dengan rincian: Dr Anhar (89 Suara), Dr Erwinsyah Lbs (76 Suara), M.Aris Lbs (68 Suara), Damhuri (69 Suara), SahlanTua,M.Pd (61 Suara ), Drs.Amil Mahzul (61 Suara), Iskandar Safri Hsb, (58 Suara) Ahmad Yarham (57 Suara), M.Faisal Hrp, (56 Suara), Makmun Rambe (54 Suara ), Ahmad Rifa’i (52 Suara), Ali Hamsah Lbs (50 Suara).

Sementara pada musyawarah daerah Aisyiyah, berlangsung nyaris sama dengan sidang Muhammadiyah, lancar tanpa tanpa perdebatan berarti. Ada 9 calon yang maju untuk menjadi pimpinan daerah Aisyiyah. Kemudian peserta memilih lima nama formatur dan setelah dilakukan perhitungan hasilnya adalah : Dr.Yusriani NST,MP ( 56 suara), Susi Susilawati,S.T,M.Kom (49 suara), Hj.Ratna Sari Hrp S.Sos (48 suara), Adek Kholijah,M.PdI (34 suara), Hj.Rosminawati S.Pd ( 25 suara).

Selanjutnya, lima formatur terpilih menetapkan Dr.Yusriani Nasution,M.P sebagai ketua dan Susi Susilawati ST MKom menjadi sekretaris. PDA Padangsidimpuan dan akan melengkap komposisi Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Padang Sidempuan periode 2022-2027 menjadi sembilan orang ditambah kelengkapan ketua majelis dan lembaga.

Tantangan Pengurus Baru Muhammadiyah Padang Sidempuan

Pada penutupan Musyda ke-4 Muhammadiyah Drs.Amil Mahzul, Ketua PDM Periode 2015-2022, menyampaikan program kerja yang sudah terbangun dan yang belum terlaksana. Diantaranya bertambahnya ranting dan Panti Asuhan Aisyiyah yang sedang dalam proses pembangunan. Yang belum dapat terlaksana adalah mendirikan klinik/ Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Padang Sidempuan. Ini merupakan PR pengurus periode 2022-2027.

Dr. Anhar MA ketua terpilih periode 2022-2027 berharap Muhammadiyah dapat meningkatkan potensi yang ada khususnya Kota Padang Sidempuan. Untuk itu Muhammadiyah juga harus cerdas dan besar. Caranya adalah Muhammadiyah harus mampu melakukan berbagai trobosan. Misalnya, pengembangan cabang dan ranting adalah persoalan yang tidak dapat tawar lagi dan itu harus segera dilakukan.

Selain pengembangan cabang dan ranting, maka persoalan kaderisasi harus digarap lebih serius pada periode ini. ”Padang Sidempuan sangat kekurangan kader, hal itu terlihat pada proses regenerasi yang nyaris tidak berjalan,” kata ketua terpilih.

Ketua PDM terpilih Dr Anhar menyadari persoalan kaderisasi adalah masalah serius. Untuk itu PDM Padang Sidempuan periode 2022-2027 akan fokus pada program kaderisasi guna mendapatkan pimpinan Muhammadiyah masadepan. ”Jujur saya katakan, Muhammadiyah sangat kekurangan kader,baik di ortom maupun di ranting dan cabang,” tambahnya.

Kaderisasi Aisyiyah Harus Dilakukan

Sementara itu, PW Aisyiyah Sumatera pada penutupan musyawarah daerah ke-2 itu menegaskan persoalan serius yang dihadapi Aisyiyah Padang Sidempuan adalah minusnya kader. Ini sangat memperihatinkan dan sekaligus mengkuatirkan.

Aisyiyah Padang Sidempuan harus menyusun program kaderisasi secara sistematis agar tumbuh kader-kader muda yang militan dalam beberapa tahun ke depan. ” Rekrutlah anak-anak muda Aisyiyah yang ada di NA dan amal usaha untuk mengisi pimpinan di majelis dan lembaga. Bina mereka agar mereka siap menerima estafeta kepimpinan masadepan,” kata PWA Salmi Abbas

Harapan yang sama disampaikan ketua terpilih Dr.Yusriani Nasution berharap, PDA Padang Sidempuan dapat menginisiasi beridirnya amal usaha Aisyiyah, seperti pendidikan, kesehatan dan sosial. PW Aisyiah Sumatera Utara siap membantun.

Ketua PDA Aisyiiyah terpilih menyadari kondisi yang ada. Untuk itu ia berharap akan terbangun kerjasama yang baik. Harapan yang bersinar juga kepada Nikmah Sari Hsb yang akan memimpin NA Kota Padang Sidempuan kedepannya lebih aktif.tinggal menunggu SK dari Wilayah Ketua terpilih akan melaksanakan program kerja apa kedepannya dan memilih yang muda aktif di majelis dan lembaga sebagai pengurus baru kedepannya. (hayatullah/syaifulh/riz)

Exit mobile version