Penulisan Buku Sejarah Muhammadiyah Sidoarjo Program Unggulan MPID

Penulisan Buku Sejarah Muhammadiyah Sidoarjo Program Unggulan MPID

Penulisan Buku Sejarah Muhammadiyah Sidoarjo Program Unggulan MPID

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah – Majelis Pustaka dan Informasi Digital (MPID) memfokuskan Penulisan Buku Sejarah Muhammadiyah Sidoarjo menjadi salah satu program unggul yang di hasilkan saat Rapat Kerja (Raker) PImpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Unsur Pembantu Pimpinan (UPP) Sidoarjo yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10/6//2023 di Aula Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Mengapa program penulisan buku sejarah Muhammadiyah Sidoarjo menjadi penting dan segera dibuat?

Menurut Dr. Nyong Etis (Wakil Ketua PDM Sidoarjo), mengutip Istilah JAS MERAH (Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah) sehingga program penulisan buku sejarah Muhammadiyah Sidoarjo ini sangat penting agar gerakan dakwah Muhammadiyah dari era awal hingga sekarang tercatat sehingga dapat menjadi sumber rujukan dakwah dan riset bagi peneliti yang ingin mengkaji Muhammadiyah Sidoarjo”.

Sementara Arif Senja Fitrani (Jibron) Ketua Majelis Pustaka Informasi Digital (MPID) Sidoarjo menambahi program penulisan sejarah Muhammadiyah Sidoarjo merupakan kebutuhan penting dan mendesak untuk memenuhi program big data Muhammadiyah Sidoarjo. Data-data sejarah yang di hasilkan nantinya dapat di digitalisasi sehingga lebih muda dan cepat disebarkan ke Jamaah Muhammadiyah”.

Adapun Dr. Sholikh Al Huda selaku Sekretaris MPID Sidoarjo, menambahi terkait teknis pelaksanaan program penulisan buku Sejarah Muhammadiyah Sidoarjo, langkah awal yang akan kita lakukan adalah membentuk Tim Penulis dengan melibatkan para tokoh Senior Muhammadiyah dan peneliti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Setelah itu kita akan mengadakan pelatihan metodologi riset survey yang mengundang dari Cabang Muhammadiyah Se- Sidoarjo dan dan PC Aisyiah Se-Sidoarjo serta AMM Sidoarjo ( IMM, IPM, NA, Pemuda Muhammadiyah, Hizbul Wathan, Tapak Suci).

Selain itu kita juga akan sowan ke Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo untuk membangun sinergi kolaborasi karena data Muhammadiyah Sidoarjo menjadi sangat penting bagi dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam rangka supporting data Budaya dan Pariwisata Sidoarjo.

Exit mobile version