Workshop Digital Marketing PWA Sumbar Berkemajuan

Workshop Digital Marketing PWA Sumbar Berkemajuan

PADANG, Suara Muhammadiyah – Menyambut Milad ‘Aisyiyah ke-106, PW Aisyiyah Sumbar melalui MEK PWA Sumbar menggelar Workshop Digital Marketing bertema Optimalisasi konten media sosial sebagai sarana gerakan perempuan berkemajuan yang mencerahkan peradaban bangsa di Aula PWA, Sabtu, (17/6/2023). Kegiatan resmi dibuka Ketua PWA Sumbar Dr. Syur’aini dan narasumber akademisi, entrepreneur dan public Speaker Syajaratul Emmal Khairati.

Ketua PW ‘Aisyiyah Sumbar Dr. Syur’aini mengatakan Workshop ini untuk Dalam rangka milad ‘Aisyiyah ke-106 masing2 majlis harus melakukan kegiatan sesuai dengan arah dan tujuan majlisnya. Majlis ekonomi menggelar acara “Digital Marketing”. Hal ini sesuai dengan tema muktamar ‘Aisyiyah ke 48 di Solo yaitu “Perempuan berkemajuan mencerahkan peradaban”. Salah satu komitmen perempuan berkemajuan adalah Penguasaan Iptek dan Kemandirian ekonomi. Oleh karena itu kegiatan ini sangat tepat dilakukan oleh majlis ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian warga ‘Aisyiyah dalam bidang ekonomi melalui pemanfaatan teknologi.

Dr. Syuraini menyampaikan, digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk menggunakan media digital atau internet, transformasi ini didorong semakin masifnya penetrasi pada masyarakat sebagai konsumennya.

“Pertemuan atau Workshop semacam ini tidak sekedar sifatnya seremoni semata, tapi ada tindaklanjut kita, ada upaya kita yang betul-betul signifikan ketika berada dilingkungan tinggal masing-masing atas apa yang didapatkan pada workshop digital marketing hari ini,” ungkap Syuraini

PWA Sumbar memberikan alresiasi worksop digital marketing yang diangkat Majelis Ekonomi Ketenagakeejaan menyanbut baik untuk memanfaatkan perkembangan IT.

Ada tiga yang kuasai perempuan dalam Ilmu pengetahuan, teknologi dan penguasaan bahasa asing.

“Workshop digital marketing ini diadakan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran (awareness), pembelajaran (learning), penerapan dalam kehidupan pribadi dan masyarakat (implementation), serta mampu mensosialisasikan (sosialization) penggunaan TIK melalui digital marketing, “ jelasnya

“Apa yang pantas diposting apa yang tidak itulah ciri perempuan berkemajuan,” Tuturnya.

Tambahnya, Perempuan berkemajuan komitmen pertamanya pentingnya mengusai IT melalui digital marketing Dukungan perangkat cerdas dan teknologi konektivitas berkecepatan tinggi telah membuka peluang pekerjaan yang bersifat fleksibel, yaitu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan jarak jauh ataupun yang bisa dilakukan di rumah.

Ketua MEK PWA Sumbar, Siti Hajir Samiek mengatakan kegiatan diikuti PWA dan utusan PD kab/kota selama sehari penuh.

Selain itu, kata Siti Hajir Samiek, peningkatan aktivitas berbasis digital menyebabkan munculnya bentuk-bentuk pekerjaan teleworking, contohnya pekerja lepas, yang memungkinkan perempuan dapat menyelesaikan pekerjaan dari rumah sambil mengurus anak.

Perubahan perilaku transaksi masyarakat berbasis digital juga memungkinkan bentuk usaha yang tidak memerlukan tempat khusus, seperti misalnya penjualan secara daring yang tidak harus memiliki toko secara fisik, tapi bisa dialihkan di rumah. Seiring dengan itu, banyak bermunculan perusahaan rintisan di bidang pelatihan maupun e-learning yang bisa meningkatkan kompetensi kaum perempuan.

“Dengan kemajuan teknologi komunikasi saat ini, perempuan bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari mengerjakan tugas kantor, berjualan secara daring, menggerakkan masyarakat maupun komunitas melalui media sosial, hingga mencari informasi soal gizi maupun pendidikan anak,” tuturnya.

Narasumber Sjahratul Emmal Khairati mengatakan Informasi tanpa batas dan terkoneksi sepenuhnya menjadi kunci bagi pemberdayaaan perempuan di era digital.

“Teknologi telah membantu memunculkan perempuan-perempuan inspirasional di dunia internasional maupun di dalam negeri,” katanya.

Digital Marketing merupakan Penggunaan teknologi digital untuk menciptakan komunikasi terpadu, terarah dan terukur yang membantu untuk memperoleh dan mempertahankan pelanggan sambil membangun hubungan yang lebih mendalam dengan mereka. Sedangkan marketing adalah proses perencanaan dan konsepsi mengenai harga, promosi, distribusi barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan dari individu dan organisasi. Dengan memanfaatkan internet maka bertransformasi menjadi internet marketing, internet marketing merupakan proses membangun dan memelihara hubungan dengan konsumen melalui kegiatan online untuk memfasilitasi pertukaran ide, produk, dan jasa yang memenuhi tujuan dari kedua pihak

Sebuah proses yang harus dimiliki seseorang menguasi sesuatu perlu latihan sabar, terus mencoba hingga sesuatu itu ada dalam dirinya tanpa keluar lagi.

“Ini kesempatan untuk menguasai apa saja, sangat mudah semua bisa. Jika kamu memimpikannya, kamu bisa melakukannya. Jika kamu mau, kamu bisa, perkaya mimpimu dan jadi perempuan yang bekemajuan,” ujarnya.konsumen melalui kegiatan online untuk memfasilitasi pertukaran ide, produk, dan jasa yang memenuhi tujuan dari kedua pihak

Sebuah proses yang harus dimiliki seseorang menguasi sesuatu perlu latihan sabar, terus mencoba hingga sesuatu itu ada dalam dirinya tanpa keluar lagi.

“Ini kesempatan untuk menguasai apa saja, sangat mudah semua bisa. Jika kamu memimpikannya, kamu bisa melakukannya. Jika kamu mau, kamu bisa, perkaya mimpimu dan jadi perempuan yang bekemajuan,” ujarnya. (RI)

Exit mobile version