Tingkatkan Kerjasama Internasional, Umri dan CotSU Filipina Jalin Kerjasama

Tingkatkan Kerjasama Internasional, Umri dan CotSU Filipina Jalin Kerjasama

COTABATO, Suara Muhammadiyah – Semangat Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) untuk “go international” terus digalakkan. Setelah sebelumnya UMRI kerjasama dengan universitas di Malaysia, Brunei, Singapura dan Thailand, kali ini  Rektor UMRI beserta tim berangkat ke Filipina tepatnya ke Cotabato State University (CotSU).

Pertemuan dua universitas ini menyepakati kerjasama akademik yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) oleh Rektor UMRI dan Presiden CotSU di Datu Blah Sinsuat, Audio Visual Room Cotabato State University, Senin (19/06/2023).

Kegiatan diawali dengan pemutaran video profil ke dua institusi untuk lebih saling mengenal suasana akademik kampus. Selanjutnya membuka acara oleh Dr Nordin D Salam, Direktur Kerjasama Internasional CotSU. Dalam sambutannya Dr Nordin menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan meliputi beberapa hal seperti pertukaran dosen dan mahasiswa. Menariknya di CotSU mahasiswa tingkat akhir wajib mengambil mata kuliah Bahasa Asing, salah satunya Bahasa Indonesia. Sehingga ini menjadi peluang bagi dosen atau mahasiswa UMRI untuk mengajar Bahasa Indonesia di CotSU.

Selanjutnya dalam sambutannya, Presiden CotSU Prof Dr Sema G Dilna mengatakan,
“CotSU sangat senang dengan kedatangan pihak UMRI. Pada dasarnya, CotSU sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pihak luar karena melalui kolaborasilah kita bisa berbagi ilmu dan membuka jaringan antar bangsa”.

Dijelaskan secara lebih lanjut oleh Prof Sema bahwa kolaborasi merupakan kebutuhan sebagai bentuk internasionalisasi perguruan tinggi. Beliau menegaskan bahwa ilmu tidak bisa didapatkan hanya di kampus sendiri, tapi diluar kampus termasuk di kampus luar negeri.

“Kita tidak bisa berkompetisi dengan kampus lain, tapi kita bisa berkolaborasi. Maka anggap ke dua kampus ini secara resmi menjadi saudara untuk tujuan yang sama yaitu maju bersama”, jelas Prof Sema.

Menanggapi pernyataan Prof Dr Sema, Rektor UMRI, Dr H Saidul Amin MA, dalam sambutannya juga merasa bahagia bisa berkunjung dan membuka jalan untuk kerjasama dalam bidang akademik antar dua institusi ini.

“Kami dari UMRI sangat berbahagia disambut dengan luar biasa oleh CotSU. Hendaknya ini jangan menjadi sleeping MoU. Perlu implementasi nyata setelah penandatangan ini. Dan sesungguhnya UMRI dan CotSU memiliki moral responsibility yang sama untuk menyatukan ilmu dan agama. Kami yakin kerjasama ini akan memberikan sumbangan luar biasa bagi ilmu pengetahuan,” dikatakan Rektor UMRI.

Lebih lanjut Saidul Amin menyampaikan bahwa kebersamaan merupakan salah satu motto dalam ulang tahun ke 15 UMRI, yaitu “Towards SMART university”. Dimana huruf T dalam kata SMART merupakan singkatan dari “Togetherness”. Maka kebersamaan melalui kerjasama UMRI dan CotSU ini menjadi langkah tepat untuk kemajuan bersama.

Menutup sambutannya, Saidul Amin menyampaikan sebuah kutipan, “Without you, we are nothing. With you, we are everything. Together with you, we are amazing.”

Secara rinci, kedua institusi ini menyepakati beberapa bidang kerjasama, diantaranya pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, publikasi bersama, kuliah umum dan pelaksanaan konferensi bersama.

Bahkan sebagai implementasi nyata dari MoU yang baru saja di tandatangani, Saidul Amin akan memberikan kuliah umum, yang berlangsung hari Senin tanggal 19 Juni 2023 pada pukul 13.00 waktu Filipina bertempat di Surya Hall 1, Al-Nor Hotel and Convention Center, dengan judul “Islamization, Integration, and Internationalization of Knowledge”.

Exit mobile version